21/90 Days Rule, Bantu Ubah Gaya Hidup Bad Habits

21/90 Days Rule, Bantu Ubah Gaya Hidup Bad Habits

21/90 Days Rule, Bantu Ubah Gaya Hidup Bad Habits

Kiat Ubah Gaya Hidup dengan Teknik 21/90 Days Rule

Gunakan teknik  21/90 days rule, untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang baik. Meski terasa cukup sulit untuk direalisasikan dan selalu ada kendala yang akan dihadapi. Kamu harus tetap konsisten dengan kebiasaan baru tersebut untuk menghilangkan bad habits yang kamu miliki.

Apa Itu Teknik 21/90

21/90 rule book ini pada dasarnya sebuah komitmen untuk melakukan perubahan yang menjadi tujuan selama 21 hari berturut-turut tanpa ada jeda. Komitmen tersebut terus dilakukan walaupun telah melewati masa 21 hari hingga akhirnya sampai hari ke 90.

Intinya, dengan melakukan suatu kebiasaan secara konsisten selama 21 hari diharapkan akan membentuk suatu kebiasaan baru. Dan apabila dilanjutkan terus hingga 90 hari, maka hal tersebut akan menjadi suatu gaya hidup.

Tips Terapkan Teknik 21/90

Sulitnya untuk mengubah suatu kebiasaan bisa diatasi dengan cara menerapkan teknik 21/90 rules ini. Setidaknya ada lima cara yang bisa kamu lakukan agar memiliki sebuah kebiasaan baru yang positif dan menghilangkan bad habits. Kelima cara tersebut diantaranya adalah.

1. Tetapkan Tujuan

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menuliskan apa saja hal-hal yang ingin diubah dan kebiasaan baru apa yang ingin diwujudkan.

Tulis semuanya pada selembar kertas dengan tulisan yang tebal dan letakkan di tempat yang sering kamu lewati. Pastikan untuk berhenti sejenak setiap hari dan membacanya secara berulang-ulang agar tetap fokus dan tidak melupakannya.

2. Buat Rencana

Tips kedua dalam menjalankan 21/90 days rule adalah dengan membuat sebuah rencana yang berkaitan dengan tujuan yang telah kamu tuliskan sebelumnya. Misalnya, kamu ingin memiliki tabungan masa depan yang aman dan tidak boros.

Baca Juga :  Tips Finansial Sehat Bagi Snowflake Generation

Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu memutuskan untuk mulai menyisihkan sebagian pendapatan untuk di tabung. Agar tidak lupa, pasanglah alarm satu hari setelah tanggal gajian.

Dengan cara ini, kamu akan selalu ingat untuk langsung menyisihkan sebagian gaji di awal sebelum menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

3. Tetap Fokus

Tips yang ketiga adalah tetap fokus saat menjalankan teknik 21/90. Untuk 7 hari pertama mungkin hal tersebut mudah untuk dilakukan. Namun saat menginjak minggu kedua, ada kemungkinan sulit untuk melanjutkannya.

Untuk tetap fokus, kamu bisa mencari video atau kutipan motivasi agar tetap semangat dalam menjalankan 21 days habit. Jika telah melewati masa 21 hari dengan aman, hal tersebut akan lebih mudah untuk dilanjutkan.

4. Berkomitmen

Tips yang berikutnya adalah memiliki komitmen yang kuat pada tujuan kamu yaitu untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan memiliki kebiasaan baru dengan terus menerapkannya secara konsisten setiap hari secara berurutan tanpa jeda.

5. Lakukan Secara Terus Menerus

Tips yang terakhir dalam menghilangkan bad habits dan menumbuhkan kebiasaan baru yang baik adalah dengan mengulangi teknik 21/90 sebanyak yang kamu mau. Agar tidak terlalu berat, kamu bisa memulainya dari hal yang paling sederhana terlebih dahulu namun dilakukan secara konsisten.

Fakta yang terjadi adalah, sulit untuk melepaskan bad habits yang telah lama dilakukan begitu pula untuk memulai sebuah kebiasaan baru yang baik. Namun dengan teknik 21/90 diharapkan hal tersebut bisa terwujud asalkan tidak mudah putus asa dan tetap semangat dalam menjalankannya.