3 Cara Mudah Instal Google Play Store yang Terhapus & Hilang di Android

3 Cara Mudah Instal Google Play Store yang Terhapus & Hilang di Android

Mengetahui cara instal Google Play Store ke perangkat akan membantu kamu mendapatkan aplikasi canggih buatan Google LLC yang satu ini. Soalnya, dalam beberapa kasus, nggak semua smartphone dilengkapi dengan aplikasi itu.

Buat yang nggak punya, kamu jadi nggak bisa menunduh berbagai aplikasi tools maupun games yang tersedia di sana, seperti aplikasi untuk WFH juga APK buat investasi yang lagi di kalangan anak muda.

Tenang saja dan jangan bingung dulu, ya. Jaka bakalan kasih tahu cara instal aplikasi Google Play Store di HP yang terhapus 2022 khusus untuk kamu. Jadi, misalnya APK Play Store tiba-tiba hilang atau nggak sengaja dihapus, kamu bisa intip cara mendapatkannya lagi di bawah ini. Tanpa berlama-lama, yuk, simak cara instal Google Play Store. Let’s go!

Cara Download Play Store Gratis di Android

Cara Google Play Store yang tiba-tiba hilang kurang lebih sama seperti deretan aplikasi keren dan canggih di HP Android. Penasaran? Marik kita simak untuk download Google Play Store.

Download dan Install Play Store via APK Pure

Selain cara di atas, Jaka juga bakalan sharing cara lainnya untuk unduh Play Store di HP, yaitu melalui situs APKPure.

Meski dari pihak ketiga, tetapi aplikasi ini juga aman. Bahkan, Jaka sudah tes keamanannya, kok. Bagaimana cara instalnya? Yuk, simak di bawah.

  1. Buka aplikasi APK Pure atau klik di sini.
  2. Ketik “Play Store” di kolom pencarian dan Enter.
  3. Klik Download untuk memulai proses mengunduh Play Store.
  4. Kalau sudah selesai, instal melalui aplikasi ini atau secara manual lewat file explorer.

Sebagai info tambahan, APK Pure juga bisa kamu manfaatkan buat mencari berbagai aplikasi menarik, entah yang tersedia di Play Store atau MOD secara gratis.

Situsnya mirip JalanTikus yang bisa kamu gunakan buat mencari berbagai aplikasi resmi dan modifikasi yang aman. Kalau tertarik, eksplorasi lebih lanjut, yuk.

CaradownloadPlay Store melalui PC atau Laptop

Kalau cara barusan untuk HP, sekarang Jaka mau bagikan cara download Play Store yang hilang di laptop atau PC, geng. Jika ingin mengetahui caranya, yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka browser di laptop/PC kamu.
  2. kunjungi situs APK Miror.
  3. Ketik Google Play Store di kolom pencarian.
  4. Pilin menu Download.
  5. Tunggu beberapa saat file masuk ke folder di laptop.
  6. Setelah itu instal seperti biasa.
  7. Selesai.

Cara Install Play Store

Setelah selesai download Play Store, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika ingin menginstal aplikasi ini secara manual.

Soalnya, Play Store yang kamu dapatkan berasal dari sumber lain. Jadi, kamu harus memberikan izin tambahan dulu supaya bisa menginstal file itu ke HP. Berikut caranya.

  1. Buka Settings.
  2. Scroll ke bawah pilih bagian Additional Settings.
  3. Pilih Privacy untuk memunculkan jendela pilihan baru.
  4. Setelah jendela baru terbuka, aktifkan pilihan Unknown sources.

Dengan begitu, kamu pun bebas untuk instal Play Store dan aplikasi atau game lainnya yang kamu dapatkan dari pihak ketiga, deh.

Baca Juga :  Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Play Store

Namun ingat, pastikan kamu hanya menginstal aplikasi yang sudah terjamin keamanannya, ya, supaya HP terlindung dari virus ataupun malware berbahaya.

Cara Update Play Store (Berkala)

Setelah berhasil download aplikasi Play Store dan menginstalnya di HP, kamu tentunya ingin selalu membuat aplikasi ini up to date, bukan?

Tenang, proses update bisa dilakukan dengan mudah, kok. Adapun cara meng-update Play Store dengan cara tersebut ialah sebagai berikut. Yuk, disimak.

  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Tap foto profilmu yang ada di kanan atas.
  3. Pilih menu Settings.
  4. Klik menu About, cari pilihan Play Store version.
  5. Klik untuk mulai download versi terbaru dari Play Store.
  6. Jika versi yang kamu gunakan sudah yang paling baru, Play Store akan menampilkan notifikasi.

Ketika kamu menekan pilihan ini, aplikasi Play Store akan memberikan informasi apakah dia sudah mengadaptasi versi terbaru atau belum. Untuk info selengkapnya, silakan baca artikel Jaka yang berjudul Cara Update Google Play Store Versi Terbaru di bawah.

Jika sudah mendapatkan versi terbaru, kamu tidak perlu melakukan update apapun. APK Play Store kamu akan diperbaruhi dengan sendirinya. Cara Menambahkan dan Menggunakan Akun di Play Store

Untuk menggunakan layanan Google Play Store memang nggak bisa sembarangan. Kamu harus mendaftarkan diri lebih dahulu dengan cara membuat akun. Nah, gimana, si, caranya? Buat yang mau tahu informasi selengkapnya soal cara membuat dan mengelola akun Play Store, kamu bisa simak di bawah ini.

Menambahkan satu atau beberapa akun Google

  1. Buka menu Settting atau Setelan di HP.
  2. Ketuk menu Akun >> klik Tambahkan Akun Google.
  3. Ikuti intruksi untuk menambahkan akun.
  4. Selesai.

Menggunakan dan mengelola akun kamu Punya dua atau lebih akun yang ingin kamu daftarkan di Google Play Store? Kalau begitu, kamu bisa ikuti panduan Jaka di bawah untuk menambahkannya.

  1. Buka Google Play Store di HP.
  2. Klik gambar profil.
  3. Ketuk panah bawah.
  4. Pilih dan masukkan akun yang ingin kamu tambah.
  5. Selesai.

Beralih akun di situs Google Play Store dari HP

  1. Buka browser.
  2. klik menu.
  3. Klik edit yang ada di samping gambar profil dan nama
  4. Pilih akun dan alihkan. (Jika tidak melihat akun yang terdaftar, ketuk menu Kelola).
  5. Selesai.

Beralih akun di situs Play Store dari PC

  1. Buka play.google.com.
  2. Ketuk gambar profil kamu.
  3. Pilih akun lain. (Jika tidak melihat salah satu akun Anda dalam daftar, klik Tambahkan akun).

Demikian pembahasan Jaka soal cara download Play Store gratis di Android yang tidak bisa terpasang, hilang, atau tak sengaja dihapus. Jaka sudah bagikan tiga cara mudah yang bisa kamu praktikkan usai membaca artikel ini.

Berkat aplikasi tersebut, sekarang kamu sudah bisa mencari dan download berbagai macam aplikasi tanpa ribet mencarinya di internet. Dijamin lebih ringkas dan aman, deh. Selamat mencoba!