4 Tipe Trader Saham, Anda Termasuk yang Mana?

4 Tipe Trader Saham, Anda Termasuk yang Mana?

Di dunia persahaman, kalian tidak asing lagi dengan istilah trading dan investasi. Investor merupakan sebutan bagi orang yang melakukan investasi, sedangkan trader saham adalah sebutan bagi orang yang melakukan trading. Ada beberapa tipe trader saham berdasarkan praktik aktivitas investasinya.

youtube.com

4 Tipe Trader Saham dan Karakteristiknya

Trader merupakan seseorang yang melakukan aktivitas investasi saham dengan periode waktu yang relatif singkat atau disebut trading. Kegiatan perdagangan saham dilaksanakan dalam hitungan menit, jam, hari maupun minggu.

Day Trader

Merupakan tipe trader yang melaksanakan transaksi perdagangan saham ketika mendekati jam bursa tutup. Secara praktiknya day trader ini disebut sebagai trader harian. Dalam waktu satu hari perdagangan yang sama, orang-orang melangsungkan transaksi jual beli saham.

Syarat utama yang harus dimiliki trader tipe ini adalah ahli dalam membaca grafik dan analisis secara teknikal. Target utama day trader yaitu untuk memperoleh keuntungan secara cepat melalui fluktuasi harga banyak saham dalam jangka waktu yang sebentar.

Keuntungan dari day trader ini adalah perwujudan keuntungan lebih cepat didapatkan. Sementara kelemahannya adalah biaya trading yang cukup tinggi dan keuntungan yang tidak optimal.

Ketika mendekati jam tutup bursa, day trader wajib untuk menjual sahamnya walaupun mendapati kerugian. Pada umumnya day trader menggunakan grafik minute chart, hourly chart, dan daily chart.

Swing Trader

Adalah tipe trader yang melaksanakan transaksi dalam jangka waktu singkat hingga medium. Golongan trader ini dapat membuka maupun menutup transaksinya dalam waktu mingguan sampai bulanan.

Munculnya fluktuasi harga saham menimbulkan tantangan tersendiri bagi swing trader. Jarak keuntungan yang diterima tidak terlalu besar, lingkup level stop loss yang relatif sempit serta tekanan psikologis merupakan tantangan yang harus mereka hadapi.

Baca Juga :  3 Sumber Ilmu Belajar Trading Forex Paling Sistematis

Akan tetapi dengan analisa saham yang dilakukan lebih mendetail dan jangka waktu yang lebih besar penghasilan keuntungannya akan jauh lebih besar.

Swing trader memakai campuran analisa fundamental dan analisa teknikal sebagai acuan dan memakai grafik hourly chart, daily chart, weekly chart, serta ada kalanya monthly.

Scalper

Tipe trader jenis ini melakukan transaksi perdagangan saham dengan periode waktu yang sangat cepat. Mereka membuka dan menutup transaksi hanya dengan hitungan jam, menit malah dengan hitungan beberapa detik saja. Biasanya yang menguasai teknik ini merupakan seseorang yang sudah profesional dan ahli serta mempunyai modal besar.

Scalper menggunakan analisa teknikal dengan pertolongan minute chart dan hourly chart. Mereka bisa memperoleh keuntungan yang besar apabila analisis dan taktiknya tepat.

Position Trader

Tipe trader ini membuka dan menutup transaksi dalam kurun waktu menengah sampai jangka panjang. Bekal yang dimiliki trader ini adalah analisis fundamental serta teknikal dengan menggunakan grafik daily chart, weekly chart, dan monthly chart.

Karakteristik trader pengguna tipe ini mereka mengikuti tren sebuah saham. Mereka akan melakukan penjualan saham ketika telah mencapai support paling tinggi.

Dari keempat tipe trader saham tersebut masing-masing memiliki periode waktu investasi yang relatif sama akan tetapi mempunyai taktik analisis saham yang berlainan.