5 Tips Investasi Millenial untuk Meraih Kebebasan Finansial

5 Tips Investasi Millenial untuk Meraih Kebebasan Finansial

5 Tips Investasi Millenial untuk Meraih Kebebasan Finansial

Pentingnya Investasi Millenial untuk Kebebasan Finansial

Ada beberapa cara untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan bagi kaum millenial. Salah satunya yaitu dengan investasi millenial. Artinya, untuk mewujudkannya bisa kamu tempuh sejak dini dengan menginvestasikan sebagian penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan.

Manfaat Memiliki Kebebasan Finansial

Sebelum kami jelaskan lebih jauh terkait tips investasi millenial untuk kebebasan finansial, alangkah baiknya kita bahas manfaatnya terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu lebih semangat lagi untuk mewujudkannya. Berikut apa saja manfaat-manfaatnya.

  • Orang yang memiliki kebebasan finansial biasanya akan terbebas dari jeratan utang.
  • Memiliki aset yang tumbuh dengan baik. Bahkan berpotensi tidak hanya sekadar memiliki satu aset saja.
  • Memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk masa depan.
  • Tidak menghamburkan uang secara sembarangan.

Tips Sukses Meraih Kebebasan Finansial dengan Investasi Millenial

5 Tips Investasi Millenial untuk Meraih Kebebasan Finansial

Investasi adalah salah satu ‘tangga’ untuk mencapai kebebasan finansial. Agar berhasil mewujudkannya, berikut sudah kami rangkum beberapa tips investasi yang cocok untuk kamu.

1.  Belajar Mengelola Keuangan Sejak Dini

Untuk yang memiliki penghasilan di atas Rp10.000.000, mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk berinvestasi. Ada banyak pilihan investasi jika memiliki modal yang besar. Namun, untuk penghasilan pada range Rp3.000.000–Rp5.000.000, maka kamu harus mengalokasikannya dengan baik.

Kamu bisa mencoba strategi keuangan 50%-30%-20%. 50% penghasilan untuk kebutuhan primer, 30% untuk hobi, dan 20% kamu sisihkan untuk berinvestasi.

Untuk kamu yang bisa meredam pengeluaran untuk hobi, kamu bisa mengurangi pengeluaran tersebut. Lalu kamu masukkan pemangkasan dana untuk hobi menjadi dana untuk investasi.

2.  Memilih Jenis Investasi Millenial yang Tepat

Gaya hidup investasi saat ini sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari kaum millenial. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali produk investasi yang cocok untuk semua kalangan. Bahkan ada yang bisa kamu mulai dengan modal ratusan ribu saja.

Baca Juga :  Trik Investasi Saham Agar Cepat Sukses

Silahkan kamu pilih jenis investasi yang tepat. Salah satunya yaitu investasi dengan imbal hasil tinggi dan tingkat risiko yang rendah, salah satunya investasi P2P lending di Amartha.

P2P (peer to peerlending cocok sebagai investasi untuk millenial sekaligus pendanaan. Di Amartha kamu bisa berinvestasi dengan ‘mengucurkan’ modal untuk para pelaku UMKM yang tersebar di berbagai daerah.

3.  Pahami Apa Itu Kebutuhan dan Keinginan

Selanjutnya, pada poin ini masih berkaitan dengan poin pertama. Untuk mewujudkan strategi keuangan 50%-30%-20%, maka kamu harus memahami apa itu kebutuhan dan keinginan.

Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan sangat tipis sekali sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Contoh, makan adalah kebutuhan, tapi makan di restoran mewah adalah keinginan.

4.  Jangan Terburu-buru Saat Berinvestasi

Investasi bisa dikategorikan wajib jika kamu ingin mencapai kebebasan finansial. Akan tetapi bukan berarti kamu harus terburu-buru. Bekali dirimu dengan pengetahuan tentang investasi, khususnya investasi yang akan kamu pilih.

Ketahui bagaimana cara kerjanya dan penghitungan imbal hasilnya. Alangkah baiknya lakukan juga simulasi terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

5.  Memahami Risiko Investasi

Saat ini banyak iklan-iklan investasi yang ada di internet. Bahkan tidak tanggung-tanggung, banyak influencer yang juga mempromosikan berbagai jenis investasi kepada masyarakat dengan iming-iming untung besar.

Iklan-iklan investasi dibuat ‘semanis’ mungkin agar audiens tertarik tanpa menjelaskan penghitungan imbal hasilnya. Maka dari itu, bijaklah dalam menentukan investasi dengan cara memahami risikonya terlebih dahulu.