5 Tips Memilih Asuransi Liabilitas Publik untuk Perusahaan Anda

Dalam berbisnis, sulit sekali untuk memprediksi hal-hal yang akan terjadi pada bisnis Anda di kemudian hari. Satu-satunya hal yang mungkin bisa Anda lakukan adalah melindungi bisnis Anda dengan cara apapun. Seperti menggunakan asuransi liabilitas publik.

Pada kegiatan sehari-hari, anggap saja ada kejadian Anda menabrak mobil ketika di jalan sehingga mereka menuntut Anda, dalam kasus ini asuransi berperan untuk membayarkan ganti rugi. Sementara untuk di ranah bisnis, asuransi liabilitas publik akan menawarkan Anda proteksi jika ada klien, pemasok, atau bahkan siapapun yang menuntut perusahaan Anda.

Katakanlah ada yang meminta Anda untuk menjaga properti klien agar tidak rusak selama kontrak berjalan. Ternyata, meskipun Anda sudah berhati-hati sekali, ada saja kecerobohan yang mengakibatkan properti mereka rusak. Lalu mereka meminta klaim kepada Anda.

Jika Anda tidak memiliki asuransi liabilitas publik, Anda akan berhadapan dengan kemungkinan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk biaya legal dan kompensasi yang berpotensi menjatuhkan bisnis Anda.

Mengingat pentingnya asuransi liabilitas publik, Anda harus pastikan Anda memilih penyedia asuransi yang tepat untuk perusahaan Anda. Tidak semua polis penyedia asuransi memiliki penawaran yang sama. Berikut adalah tips memilih asuransi liabilitas publik untuk bisnis Anda:

Analisis Resiko Bisnis Anda

Public Liability Insurance

Penyedia jasa asuransi akan menentukan seberapa tinggi resiko yang akan mereka tanggung setelah meninjau aplikasi Anda dan melihat apakah mereka bisa menutup klaim secara penuh atau sebagian. Dengan demikian, pastikan Anda memahami betul semua resiko bisnis Anda.

Untuk mendapatkan asuransi, pastikan Anda masuk ke dalam kategori wajar mengenai masalah asuransi yang ada. Perusahaan asuransi yang tidak sesuai dengan bobot aktivitas perusahaan Anda akan menolak untuk mengasuransikan bisnis Anda jika masalahnya parah dan sering terjadi, karena ini mencerminkan negatif pada penilaian perusahaan asuransi terhadap perusahaan Anda.

Setelah menganalisis profil risiko bisnis Anda, Anda dapat menentukan apakah asuransi yang ingin Anda beli lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pastikan Polis Menjamin Seluruh Aktivitas Bisnis Anda

Setelah menentukan resiko, pastikan Anda memilih penyedia asuransi yang menyediakan polis yang mendukung seluruh aktivitas bisnis Anda. Pastikan Anda membaca secara detil polis penyedia asuransi Anda. Perhatikan hal-hal apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung.

Memastikan hal-hal yang asuransi tanggung merupakan hal penting. Jangan sampai pihak asuransi menolak klaim asuransi bisnis Anda karena polis tidak tercakup dalam klausul. Pilih asuransi perlu analisa dan pendalaman yang baik agar setiap masalah yang timbul sudah masuk perhitungan pengeluaran keuangan bisnis. Untuk memudahkan pencatatan keuangan perusahaan, gunakan Software Akuntansi terintegrasi dari HashMicro.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

Anda bisa menanyakan pertanyaan seperti ini:

Apakah polis ini menanggung semua aktivitas yang berkaitan dengan bisnis Anda? Apakah polis ini menanggung liabilitas publik saja atau juga menanggung liabilitas produk juga? Apa yang disertakan dan tidak dalam polis liabilitas public? Dan terakhir, siapa yang ditanggung oleh polis?

Periksa Persyaratan Asosiasi Industri, Keanggotaan Profesional, dan Perjanjian Kontrak Anda

Asuransi Tanggung Gugat

Hati-hati dengan hukum di tempat perusahaan Anda berada terkait dengan asuransi liabilitas publik. Selain itu, Anda juga harus perhatikan berapa tanggungan minimum berdasarkan asosiasi dan keanggotaan profesional bisnis Anda.

Beberapa perjanjian kontrak dengan perusahaan lain biasanya juga mewajibkan mitra kerjanya memiliki asuransi lliabilitas publik. Jadi, persiapkan dengan baik apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum Penerbitan polis Anda.

Minta Berbagai Penawaran

Sudah sewajarnya jika perusahaan berusaha menekan pengeluaran untuk apapun serendah mungkin. Tapi, yang jelas, asuransi liabilitas publik yang paling murah belum tentu menjadi pilihan yang tepat. Pertimbangkan dengan baik resiko dan polis yang hendak diterbitkan.

Cara yang efektif untuk mendapatkan polis yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan harga yang paling terjangkau adalah dengan meminta penawaran yang beragam. Anda kemudian bisa membandingkan harga dan penawaran yang tersedia.

Kurangi Resiko Bisnis Anda

Setelah Anda memilih polis yang sesuai dengan bisnis Anda, resiko kesalahan yang mengancam bisnis Anda tetap akan ada. Namun demikian, melakukan evaluasi berkala dan mengurangi resiko bisnis Anda merupakan praktik yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengurangi biaya asuransi Anda dari waktu ke waktu.

Kerahkan apa yang Anda bisa lakukan untuk melindungi bisnis Anda dengan memastikan semua aktivitas bisnis Anda berjalan sesuai rencana dan minim kesalahan. Misalnya, dengan melatih pegawai Anda dengan benar. Untuk memudahkan pelatihan sumber daya manusia, gunakan Software HRM berbasis web dari HashMicro.

Anda juga bisa menggunakan Sistem ERP unggulan yang bisa membantu perusahaan Anda menjalankan operasi harian secara efektif dan akurat. Segala fungsi bisnis Anda, kelancaran dan dapat mengidentifikasi hambatanya dengan cepat dengan sistem yang berbasis cloud dan real-time. Dengan demikian, Anda dapat dengan cepat mengambil tindakan jika ada masalah terdeteksi.

Kesimpulan

Asuransi liabilitas publik adalah sesuatu yang harus Anda miliki mengingat setiap aktivitas dalam bisnis Anda memiliki resiko tertentu. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum polis asuransi liabilitas publik untuk bisnis Anda diterbitkan. Pilihlah secara bijak.