6 Tips Atur Uang Anak Kost, Aman Sampai Akhir Bulan!

6 Tips Atur Uang Anak Kost, Aman Sampai Akhir Bulan!

6 Tips Atur Uang Anak Kost, Aman Sampai Akhir Bulan!

Sulitkah Atur Keuangan Anak Kost ?

Menjadi anak kost seperti memulai diri menjadi semakin mandiri. Hal ini disebabkan karena kita harus mengatur segala hal sendiri, termasuk mengatur uang. Atur uang anak kost tentu bukan menjadi hal yang mudah.

Bahkan, tidak jarang bila label anak kost terlihat menyedihkan karena bermasalah dengan keuangan. Lebih-lebih jika anak kost yang semua kebutuhannya masih bergantung pada orang tua.

Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari anak kost yang sudah memiliki penghasilan sendiri, ditambah gajinya tidak sebesar seperti yang diharapkan. Ketika menjelang akhir bulan, terasa begitu berat karena menunggu turunnya gaji.

Tips Atur Uang untuk Kebutuhan Anak Kost

Seluruh masalah anak kos tidak terlepas dari kesalahan mengelola keuangan. Sejumlah kebiasaan tanpa disadari menjadi kebiasaan boros dan membuat keuangan menjadi berantakan.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengatur keuangan dengan tepat dan baik,  antara lain:

1. Buat Tabel Pengeluaran Anak Kost

Ketika mengelola keuangan, jangan muluk-muluk seperti kamu dapat mengelola dengan fleksibel tanpa catatan. Sebisa mungkin, buat tabel pengeluaran, kamu bisa mencatat seluruh kebutuhan belanja pokok dan menyusunnya dengan bijak.

Lakukan hal ini ketika dalam kondisi santai sehingga kamu bisa hati-hati dan teliti untuk mengingat serta mencatat seluruh kebutuhan yang kamu perlukan selama beberapa bulan kedepan.

2. Makan dengan Hemat

Salah satu biaya pengeluaran yang besar selain biaya kos adalah makan. Tips hemat makan ala anak kos adalah mengatur menu dalam waktu seminggu dan berbelanja sekaligus.

Kamu dapat mengatur apa saja makanan yang akan kamu makan dalam waktu seminggu. Contohnya seperti hari Senin, menu yang ingin kamu makan ialah nasi sayur sop, kemudian berikutnya oseng-oseng dan lainnya.

Baca Juga :  Mengapa Dana Pensiun Harus Disiapkan dari Sekarang?

3. Belanja Bulanan Sekaligus

Meskipun terlihat sedikit, namun kebutuhan anak kost juga cukup besar. belanja bulanan yang dilakukan dengan cara mencicil memang terlihat ringan, namun hal ini justru dapat membuat anggaran belanja rutin menjadi membengkak tanpa sadar.

Oleh sebab itu, hindari berbelanja kebutuhan bulanan sedikit demi sedikit. Kamu dapat membeli seluruh kebutuhan selama sebulan penuh, contohnya seperti makanan tahan lama, camilan, peralatan mandi dan lainnya.

Jangan lupa mencatat apa saja yang akan kamu beli sebelum berbelanja sehingga kamu akan lebih cepat berbelanja.

4. Anak Kost Harus Bisa Menabung Rutin

Sisihkan jumlah uang bulanan setelah memperoleh kiriman dari orang tua atau setelah gaji turun. Alokasikan dana tersebut sebagai tabungan sehingga kamu mempunyai sejumlah simpanan yang bisa digunakan ketika kondisi keuangan sedang darurat.

Jumlah tabungan tersebut dapat ditentukan sendiri sekian persen dari jumlah uang yang diterima, contohnya seperti 5 hingga 10 persen. Kemudian pisahkan uang tabungan dalam rekening sendiri.

5. Hindari Menunda Membayar Tagihan

Cara atur uang anak kost yang lainnya adalah hindari menunda membayar tagihan. Pastikan membayar semua tagihan tepat waktu, ketika kamu menerima gaji, segera bayarkan uang sewa kosan.

6. Jangan Lupa untuk Investasi

Kata siapa anak kost tidak bisa ikut berinvestasi? Kapanpun kamu memiliki uang lebih jangan ragu untuk menyimpan uang dalam bentuk investasi.

Biasanya nih, anak kost sangat kreatif untuk mencari uang tambahan. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa kamu gunakan untuk keperluan darurat dan juga investasi. Kebiasaan berinvestasi sejak dini sangat baik untuk membiasakan diri dalam mengatur finansial di masa depan.