Analisis Fundamental Online Stock Trading saham bagi Investor Pemula

Analisis Fundamental Online Stock Trading saham bagi Investor Pemula

Analisis Fundamental Online Stock Trading saham bagi Investor Pemula

Sebelum melakukan investasi, analisis fundamental Online Stock Trading saham adalah langkah awal yang wajib dilakukan oleh calon investor. Tanpa analisis artinya Anda seperti membeli kucing di dalam karung.

Tanpa mengetahui background dan potensi dari sebuah instrumen maka investor bisa diprediksi rugi. Oleh karena itu untuk menghindari kerugian Anda wajib melakukan analisis terlebih dahulu.

Mendengar kata analisis tidak perlu takut, karena aspek fundamental tidak terlalu sulit dipelajari. Anda hanya perlu melihat bagaimana prospek dari perusahaan tersebut bergerak selama perdagangan.

Keuntungan ketika menggunakan analisis fundamental adalah bisa memprediksi prospek jangka panjang. Memang metode ini banyak digunakan bagi para investor dengan target jangka panjang.

Oleh karena itu dengan meluangkan waktu sebelum membeli, Anda sudah bisa mengira berapa banyak keuntungan nantinya. Jadi tidak perlu harus setiap hari memantau pergerakan saham di pasar.

Pelajari analisis fundamental saham sebelum terjun langsung dalam dunia investasi. Ini adalah modal penting agar bisa untung dalam jangka panjang.

Rule of thumb dalam mengaplikasikan analisis fundamental adalah, lakukan riset, tanam dana, dan lupakan. Baru ketika aset jatuh tempo investor akan diberikan pemberitahuan dan memanen profitnya.

Apa Saja Faktor dalam Analisis Fundamental Saham

Ada tiga hal utama dalam analisis fundamental yaitu background, prospect, dan progres. Jadi dengan mengetahui ketiga faktor tersebut dalam sebuah perusahaan Anda bisa memprediksi keuntungannya, berikut ini detailnya.

  1. Background

Mengetahui latar belakang dari sebuah perusahaan adalah modal penting untuk menentukan layak atau tidaknya perusahaan dijadikan tempat berinvestasi. Tidak perlu waktu lama untuk melakukan riset.

Perusahaan besar baik itu BUMN maupun non BUMN sudah memiliki situs resmi yang bisa Anda kunjungi. Lihat sendiri bagaimana latar belakangnya dan jumlah modal pada perusahaan.

  1. Prospect
Baca Juga :  Mengenal Aplikasi Investasi Saham untuk Pemula dan Pengguna Lawas

Prospek dari sebuah perusahaan juga tidak kalah penting untuk diketahui calon investor. Bagaimana kesehatan keuangan mereka selama berjalan dari tahun pertama melantai hingga sekarang.

Jangan sampai Anda memilih perusahaan dengan DER (debt equity ratio) karena tidak menguntungkan. Jadi memang harus meneliti secara detail kesehatan keuangannya.

  1. Progres

Lihat bagaimana pergerakan saham dari perusahaan terkait. Lihat kurva pergerakan keuntungan dan harganya setiap tahun. Apakah keuntungannya cukup signifikan atau tidak untuk digunakan berinvestasi.

Jangan sampai kurva pergerakan keuntungan dan harga saham terlalu landai. Setidaknya kurva tahunan harus memiliki kemiringan 40 derajat lebih ketika melakukan pembelian.

Setelah memahami ketiga aspek tersebut tentunya Anda sudah lebih bijak dalam melakukan investasi. Memang analisis fundamental Online Stock Trading saham sangat penting dilakukan sebelum melakukan pembelian.