Apa Itu Financial Freedom, Contoh dan Cara Mencapainya

Apa Itu Financial Freedom, Contoh dan Cara Mencapainya

Apa Itu Financial Freedom, Contoh dan Cara Mencapainya

Semua orang tentu mengharapkan financial freedom atau merdeka finansial dalam hidup. Apakah kamu sudah termasuk di dalamnya? Atau masih bingung dalam mencapai financial freedom? Yuk, kenalan!

Apa Itu Financial Freedom

Financial freedom adalah sebuah kondisi dimana kita tidak perlu dipusingkan lagi dengan kondisi keuangan. Diantaranya, apabila sudah berhasil memenuhi keuangan hidup, baik pribadi maupun keluarga dan bebas menjalani hidup tanpa perlu lagi berpikir darimana bagaimana membayar pengeluaran sehari-hari.

Bagi seseorang yang sudah mencapai financial freedom, aset yang dimiliki dapat menghasilkan uang yang nilainya lebih besar daripada biaya hidupnya. Dengan pengertian financial freedom pula, seseorang bisa melakukan apapun yang ia inginkan dan butuhkan dari segi keuangan.

Contoh Seseorang Sudah Mencapai Financial Freedom

Apakah kamu sudah mencapai financial freedom? Berikut contoh kondisi dikatakan seseorang mencapai financial freedom:

  • Sudah memiliki asuransi jiwa dan kesehatan
  • Nilai aset lebih besar dari hutang
  • Siap dana pensiun untuk hari tua
  • Memiliki dana darurat
  • Masa depan dana pendidikan anak sudah terjamin

Jika kamu belum sepenuhnya mencapainya, jangan khawatir karena financial freedom dapat dicapai bila kamu melakukan beberapa langkah.

Langkah-langkah mencapai financial freedom ini sebenarnya cukup mudah dilakukan namun terkadang sulit untuk berkomitmen. Nah, jika kamu menginginkan financial freedom di usia muda. Cek caranya di bawah ini.

Cara Mencapai Financial Freedom

1. Tentukan Tujuan Hidup

Setiap orang punya tujuan hidup yang berbeda-beda ada yang ingin memiliki aset berlimpah, ada yang ingin berpendidikan tinggi ada pula yang ingin sejahtera bersama keluarga besar. Tujuan hidup sesorang bisa sangat berbeda yang tentunya berpengaruh pada gaya hidup yang dimiliki.

Baca Juga :  Ingin Jadi Financial Planner? Pahami Dulu Beberapa Hal Ini

Adanya tujuan hidup secara finansial ini akan menghindari kita pada hal-hal yang tidak diperlukan. Semakin spesifik tujuan hidup yang ingin diraih, semakin tinggi juga kemungkinan tercapainya. Asalkan berkomitmen untuk menjalankannya.

2. Buat Anggaran Keuangan

Setelah menentukan tujuan hidup, jangan lupa untuk membuat anggaran keuangan agar memperkuat tujuan untuk mencapai financial freedom. Anggaran keuangan juga akan mempermudah kamu dalammelacak, dan membuat perkiraan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai financial freedom. Bukan cuma itu saja, anggaran ini juga sekaligus bisa memperkuat tekad dari godaan untuk pembelanjaan yang berlebihan.

3. Financial Freedom: Bebas Dari Hutang

Jika masih memiliki hutang maka kamu belum dikatakan sebagai financial freedom. Cara termudah untuk melunasi utang adalah dengan fokus pada rencana pelunasan satu per satu utang yang kamu miliki.

Pilihlah hutang dengan nominal paling kecil, atau dimulai dari yang paling penting untuk didahulukan pelunasannya. Hal ini dilakukan agar hutang lebih cepat selesai dan memotivasi diri untuk melunasi hutang lainnya.

4. Siapkan Tabungan dan Dana darurat

Tips untuk mencapai financial freedom lainnya adalah meningkatkan tabungan dan dana darurat. Tabungan dan dana darurat disiapkan agar bisa mencegah untuk berhutang ketika situasi yang buruk terjadi. Untuk itu, sangat disarankan untuk memiliki setidaknya memiliki dana darurat tiga hingga enam bulan dari pengeluaran bulanan.

5. Mulai Berinvestasi

Setelah mengamankan dana darurat, kamu juga bisa mulai melakukan investasi untuk keuangan yang lebih baik. Pilihlah instrumen yang paling cocok untuk tujuan financial freedom kamu. Misalnya dengan berinvestasi di peer to peer lending yang memiliki banyak kemudahan dan keuntungan.