Aplikasi Baca Novel Gratis dan Terlengkap Tanpa Beli Koin

Aplikasi Baca Novel Gratis dan Terlengkap Tanpa Beli Koin

Inilah deretan aplikasi baca novel gratis dan terlengkap yang bisa kamu coba jika ingin membaca novel romance, fiksi, maupun misteri.

Perkembangan teknologi membawa dampak yang cukup signifikan pada aktivitas membaca. Kalau dulu kita hanya bisa menikmati novel dalam bentuk buku, kini ada banyak pilihan aplikasi baca novel gratis yang praktis dan mudah digunakan.

Meskipun minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, namun untuk novel digital peminatnya bisa dibilang sangat banyak, terutama generasi milenial yang suka baca novel kategori romance atau misteri.

Selain menawarkan kemudahan, rata-rata aplikasi baca novel yang tersedia di platform distribusi digital bisa dinikmati secara gratis tanpa perlu beli koin atau berlangganan.

Daftar Aplikasi Baca Novel Gratis

Nah, kalau kamu tertarik membaca cerita romantis, fiksi, ataupun misteri, berikut beberapa rekomendasi aplikasi baca novel gratis yang bisa dicoba.

1. Innovel

Di daftar pertama kamu merekomendasikan Innovel karena fitur dan koleksinya sangat lengkap. Selain itu, kita juga bisa baca novel gratis tanpa koin dengan tampilan yang simpel dan menarik. Bahkan, beberapa judul novel bisa dibaca secara offline.

Namun, fokus Innovel saat ini adalah novel bergenre romantis. Sehingga tak heran ada banyak judul yang alur ceritanya seputar hubungan percintaan. Jadi, kalau kamu seorang wanita dan ingin “baper” saat baca novel, aplikasi ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Setiap harinya, kamu akan disajikan dengan update terbaru maupun tambahan novel yang sudah lolos uji kelayakan. Beberapa judul novel yang trending di Innovel adalah Teen Wolf dan Twilight.

2. NovelMe

Kemudian ada NovelMe yang juga masuk jajaran aplikasi baca novel gratis dengan koleksi terlengkap. Sampai saat ini, NovelMe sudah diunduh lebih dari 3 juta kali dengan review yang cukup baik di Google Play dan App Store.

Adapun judul novel yang populer di NovelMe adalah My Introvert Presdir, Married with Mr. Dev, Love and Contract, hingga Suami Pengganti.

Selain membaca, NovelMe juga termasuk aplikasi penghasil uang karena kamu bisa dibayar jika menjadi penulis dan mengikuti event bagi-bagi hadiah.

3. NovelToon

Bosan dengan aplikasi baca novel gratis yang mainstream? Mungkin kamu bisa mengunduh NovelToon di Play Store atau App Store. Di sini tersedia banyak pilihan novel dan komik terbaru dengan kategori yang beragam.

Selain itu, tampilan aplikasinya juga sangat ringan dengan navigasi yang simpel. Terlebih, kamu bisa membuat perpustakaan sendiri atau menandai halaman terakhir dari novel yang sedang dibaca.

Menariknya, NovelToon juga punya opsi download yang memungkinkan pengguna membaca novel secara offline. Kalau lagi malas membaca, ada fitur AudioBooks untuk mendengarkan cerita dari novel favoritmu.

4. NovelPlus

NovelPlus tak boleh ketinggalan dalam daftar aplikasi baca novel gratis ini. Sebab, aplikasi buatan Malaysia ini punya segudang fitur menarik dan koleksi novel terlengkap. Hebatnya, selain membaca kamu juga bisa berkontribusi menjadi penulis.

Tak jauh berbeda seperti Wattpad, jika novel yang dibuat menarik dan banyak dibaca orang, kamu akan mendapatkan exposure dari NovelPlus dan bisa jadi portofolio untuk melamar kerja ataupun menjadi ghostwriter.

5. BestNovel – Baca Novel Gratis

Sesuai namanya, BestNovel termasuk aplikasi novel gratis tanpa beli koin yang menghadirkan koleksi berkualitas dan terlengkap, mulai dari genre romance hingga komedi. Selain itu, novel di aplikasi ini juga selalu update setiap harinya.

Untuk fitur, BestNovel dibekali tampilan yang user friendly, hemat kuota, fitur audio musik, hingga koleksi 500 novel dan buku populer. Disamping itu, ada juga mode offline yang bisa dimanfaatkan jika kuota internet kamu sudah habis.

6. HiRead – Novels and Comics

aplikasi baca novel gratis terbaru

Kalau ingin menikmati koleksi novel dan komik populer, HiRead bisa jadi pilihan. Selain gratis, aplikasi baca novel berbahasa Indonesia ini juga memiliki ragam fitur menarik serta tipografi tulisan yang mudah dibaca.

Meskipun ada episode atau judul novel yang terkunci, tapi kamu tidak perlu membeli koin di HiRead. Sebab, aplikasi ini akan memberikan hadiah jika kamu berhasil menyelesaikan tugas harian dan membantu teman mengisi saldo.

Baca Juga :  10 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Gratis dan Terbaik

7. Wattpad – Read & Write Stories

Selanjutnya ada Wattpad yang bisa kamu coba jika ingin baca novel gratis tanpa aplikasi. Meskipun ada versi aplikasinya, namun Wattpad juga dapat diakses melalui browser. Apalagi koleksi novel sangat lengkap dari berbagai genre.

Untuk kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Sebab, platform ini sudah sangat populer dan banyak novel di Wattpad yang diadaptasi jadi film. Misalnya Dear Nathan, Assalamualaikum Calon Imam, dan The Perfect Husband.

Salah satu alasan kenapa Wattpad dianggap sebagai aplikasi baca novel terbaik adalah pengguna bisa membaca dan mendapatkan penghasilan dari karya yang diterbitkan.

8. GoodNovel

Sudah diunduh lebih dari 2 juta pengguna, GoodNovel menghadirkan novel gratis dengan berbagai genre, mulai dari sci-fi, romance, hingga misteri. Selain itu, GoodNovel juga memberikan wadah bagi penulis untuk mempublikasikan karyanya.

Sebagai aplikasi baca novel gratis di Android, tentunya GoodNovel bisa kamu nikmati tanpa perlu membeli koin. Menariknya, aplikasi ini selalu memberikan update terbaru dari judul novel populer dari seluruh dunia.

9. Joylada

aplikasi baca novel gratis terbaik

Berbeda dari daftar sebelumnya, Joylada merupakan aplikasi baca novel gratis yang punya fitur chatting. Dimana pengguna bisa saling menyapa dan berbagi info novel yang seru. Disamping itu, Joylada juga bisa jadi wadah untuk berbagi karya.

Jadi, selain sebagai aplikasi baca novel gratis bahasa Indonesia, Joylada sangat membantu bagi pengguna yang punya keahlian menulis atau hobi membuat novel. Nantinya, kamu akan dapat penghasilan untuk setiap karya yang dipublikasi.

10. Hinovel

aplikasi baca novel gratis terlengkap

Sebagai penutup, Hinovel bisa jadi pilihan kalau kamu mencari aplikasi novel gratis tanpa beli koin dan offline. Di sini kamu akan disajikan koleksi novel dan komik dari kreator seluruh dunia yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Untuk genre, Hinovel memiliki koleksi novel romance, fantasi, misteri, hingga warewolf. Hebatnya, setiap hari selalu ada update terbaru yang tentunya lebih seru dan menarik.

Selain itu, Hinovel juga punya fitur hadiah dimana kamu akan dapat koin gratis jika melakukan check-in rutin dan menyelesaikan misi. Tertarik dengan aplikasi ini? Kamu bisa unduh gratis di Google Play atau App Store.

11. WebNovel

Rekomendasi aplikasi baca novel terbaik lainnya adalah WebNovel. Dalam aplikasi ini tersedia berbagai jenis novel dengan beragam genre yang cukup lengkap. Aplikasi ini sering mendapatkan update sehingga Anda tidak mungkin merasa bosan, sehingga sangat cocok bagi Anda yang gemar sekali membaca novel.
Selain itu, terdapat komunitas pembaca yang begitu aktif dalam aplikasi ini. Anda bisa mengikuti komunitas tersebut dan saling berbagi pendapat. WebNovel juga merupakan aplikasi yang membuka kesempatan bagi para pembaca yang bermimpi menjadi penulis dan bisa mendapatkan banyak pengikut.

12. Storial.co

Storial.co merupakan aplikasi untuk membaca novel yang berasal dari Indonesia dan menyediakan banyak genre novel yang bisa dibaca secara gratis. Terdapat beberapa genre yang begitu populer sehingga banyak pembacanya, seperti fantasi, romansa, horror, komedi, hingga kumpulan puisi yang bisa Anda temukan di dalamnya.
Aplikasi Storial ini juga bisa Anda gunakan untuk menghubungi penulis novel yang sedang Anda baca. Fitur yang dimiliki aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil kata-kata atau kalimat untuk dijadikan sebagai quotes pada novel yang disukai. Anda bisa mengutipnya dan bisa langsung dibagikan di akun media sosial.

13. Amazon Kindle

Aplikasi terakhir yang direkomendasikan adalah Amazon Kindle. Aplikasi ini menyuguhkan ribuan novel yang bisa dibaca saat sedang bersantai. Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan secara gratis.
Kerennya, Amazon Kindle bisa Anda jadikan sebagai aplikasi peminjaman novel digital yang ada di perpustakaan terdekat. Hal tersebut menandakan bahwa aplikasi ini terhubung dengan perpustakaan yang ada di daerah Anda berada agar lebih mudah mengakses perpustakaan.
Amazon Kindle juga menyediakan berbagai novel klasik, contohnya Pride and Prejudice. Kalau Anda pecinta novel klasik, Anda wajib mencoba aplikasi ini.
Jadi itulah beberapa rekomendasi aplikasi baca novel gratis yang punya koleksi terlengkap dari berbagai genre. Kamu bisa mencobanya satu per satu hingga menemukan bacaan yang menarik dan sesuai keinginan. Semoga bermanfaat!