ara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video Di Telegram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video Di Telegram

Cara Mengatasi Tidak Bisa Memutar Video di Telegram – Telegram mempunyai keunggulan di banding dengan aplikasi Chatting online lainnya. Dimana keunggulan tersebut yakni dapat mengirim file besar berupa video, musik maupun berkas lainnya.

Tidak jarang pengguna Telegram mengalami kendala saat mencoba mendownload dan memutar video atau film. Namun bagaimana cara mengatasi jika terjadi masalah saat memutar video di Telegram?

Ada beberapa masalah bisa menyebabkan tidak bisa memutar video. Seperti koneksi internet, file bermasalah serta bisa juga dikarenakan sedang ada masalah pada server Telegram.

Nah pada ulasan kali ini, Admin akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi Telegram gagal memutar film. Namun sebelum masuk ke cara mengatasi tidak bisa memutar video, silahkan simak beberapa penyebab video tidak bisa di putar berikut ini.

Penyebab Telegram Gagal Memutar Film Di Telegram

Seperti sudah disinggung di awal, penyebab Telegram tidak bisa memutar video bisa terjadi dikarenakan adanya gangguan koneksi, masalah server Telegram serta bisa juga dikarenakan perangkat yang digunakan bermasalah.

Penyebab Telegram tidak bisa memutar video diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Koneksi Data Tidak Stabil

Masalah pertama bisa menyebabkan Telegram tidak bisa memutar video yaitu dikarenakan jaringan internet tidak bagus. Dimana saat mendownload video di Telegram memerlukan data stabil dan kuota yang mencukupi. Sehingga jika masalah koneksi terganggu, maka besar kemungkinan pengguna tidak bisa memutar video secara lancar atau bahkan tidak bisa memutar video sama sekali.

2. Aplikasi Telegram Memerlukan Update

Masalah kedua bisa menyebabkan Telegram tidak bisa memutar video yakni karena Telegram masih menggunakan versi lama. Pasalnya pada beberapa versi Telegram terdahulu mempunyai beberapa Bug atau error.

3. Terdapat Cache Telegram

Masalah ketiga bisa menyebabkan Telegram tidak bisa memutar video yaitu karena Telegram mempunyai file sampah atau cache menumpuk. Dimana jika file cache Telegram menumpuk bisa mempengaruhi kinerja Telegram menjadi terganggu.

4. File Berkas Bermasalah

Masalah keempat bisa disebabkan oleh file video bermasalah. Biasanya berkas video yang mempunyai ukuran besar sangat mungkin terjadinya file corrupt atau tidak lengkap saat dikirimkan.

5. Terjadi Masalah Server Telegram

Masalah selanjutnya bisa disebabkan terjadinya server Telegram mengalami down atau sedang dilakukan perbaikan. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan pengguna tidak bisa memutar video di Telegram padahal mempunyai koneksi internet bagus.

6. Perangkat Mengalami Masalah

Masalah selanjutnya bisa diakibatkan oleh perangkat digunakan bermasalah. Misalnya terjadi memori internal atau RAM penuh. Sehingga hal tersebut juga bisa mengganggu kinerja Telegram saat memutar video.

7. Bug Aplikasi Telegram

Masalah terakhir bisa dikarenakan terjadinya Bug atau error pada aplikasi Telegram. Dimana Bug Telegram bisa saja terjadi tidak pada pengguna Telegram, namun hanya beberapa pengguna Telegram yang mengalami Bug saat memutar video.

Nah setelah mengetahui beberapa masalah yang menyebabkan tidak bisa memutar video di Telegram, sekarang bagaimana cara mengatasi Telegram yang tidak bisa memutar video? silahkan simak cara mengatasi masalah tidak bisa memutar video berikut ini.

Cara Mengatasi Gagal Memutar Video Atau Film Di Telegram

Cara mengatasi tidak bisa memutar video bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Sehingga nanti cara-cara yang dilakukan dapat sesuai agar bisa kembali memutar video di Telegram.

Cara mengatasi Telegram tidak bisa putar video adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Cara pertama silahkan pastikan koneksi internet yang digunakan bagus dan stabil. Kemudian jika mengunakan data di Smartphone selain Wifi, anda masih memiliki kuota data yang cukup. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi tidak bisa memutar video dikarenakan terjadi masalah koneksi internet.

Baca Juga :  Cara Mematikan Proxy Di Telegram

2. Pastikan Telegram Sudah Di Update

Cara kedua cek apakah Telegram sudah diperbarui ke versi terbaru. Anda bisa mengecek melalui Google PlayStore buat HP Android, serta untuk HP iPhone bisa dicek melalui App Store. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi tidak bisa memutar video dikarenakan versi Telegram belum di update ke versi terbaru.

3. Hapus Cache Telegram

Cara ketiga bisa dicoba dengan menghapus cache atau sampah di aplikasi Telegram. Anda bisa mencoba melalui menu Pengaturan di HP atau bisa juga menggunakan aplikasi Telegram secara langsung. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi tidak bisa memutar video dikarenakan banyak file sampah yang menumpuk.

Cara menghapus cache di Telegram adalah sebagai berikut :

  • Buka Pengaturan Data dan Penyimpanan Telegram
    Langkah pertama silahkan jalankan Telegram > tekan ikon Garis Tiga Vertikal > pilih Pengaturan > ketuk opsi Data dan Penyimpanan > tap Pemakaian Penyimpanan.
  • Ketuk Bersihkan Cache Telegram
    Selanjutnya silahkan penghapusan cache Telegram dengan cara ketuk Bersihkan Cache.

4. Kirim Ulang File Video

Setelah beberapa cara diatas sudah dilakukan namun masih tidak bisa memutar video, silahkan coba dengan cara mengirim ulang video tersebut. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi tidak bisa memutar video dikarenakan file video yang bermasalah atau corrupt.

5. Paksa Berhenti Aplikasi Telegram

Cara selanjutnya dapat dicoba dengan melakukan paksa berhenti pada aplikasi Telegram. Anda bisa mencobanya dengan masuk ke menu info aplikasi Telegram. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi tidak bisa memutar video dikarenakan terjadi masalah pada perangkat yang digunakan.

Cara paksa berhenti Telegram adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke Menu Info Aplikasi Telegram
    Langkah pertama silahkan ketuk dan tahan ikon aplikasi Telegram di layar utama, lalu pilih Info Apl.
  • Ketuk Paksa Berhenti
    Selanjutnya silahkan tap Paksa Berhenti untuk menghentikan Telegram yang berjalan. Dan untuk memulai ulang menggunakan Telegram saat aplikasi Telegram dibuka kembali.

6. Mencoba Memutar Video Melalui Galeri

Cara selanjutnya bisa dicoba dengan memutar video dari Telegram menggunakan galeri. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi tidak bisa memutar video dikarenakan Telegram mengalami Bug saat memutar video. Dengan begitu nantinya diharapkan anda bisa memutar video dari Telegram yang sudah disimpan ke galeri.

7. Menunggu Bug Atau Server Telegram Kembali Normal

Cara terakhir bisa dicoba dengan menunggu Bug atau server Telegram yang error sudah kembali pulih. Sehingga anda tidak perlu melakukan upaya apapun agar bisa kembali memutar video di Telegram.

Itulah informasi dan cara-cara yang dapat dicoba untuk mengatasi Telegram tidak bisa memutar video. Bagaimana, apakah masih ada yang mengalami gagal memutar video di Telegram menggunakan cara-cara di atas?

FAQ

Kenapa masih tidak bisa memutar video di Telegram padahal sinyal bagus?

Pastikan berkas video lengkap dan tidak ada masalah lain di Telegram.

Bagaimana cara mengatasi jika terjadi Bug di Telegram?

Anda bisa melaporkan Bug ke pihak Telegram agar bisa segera diperbaiki.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan pada artikel ini, bahwa cara mengatasi Telegram tidak bisa memutar video bisa dilihat dari penyebabnya. Seperti koneksi internet, cache Telegram menumpuk, berkas video yang corrupt dan terjadi server Telegram down.