Asuransi Kendaraan Bermotor dan Manfaatnya

Untuk kamu yang mempunyai mobilitas tinggi, penting untuk mempunyai perlindungan untung mobil atau motor dengan asuransi kendaraan bermotor. Asuransi ini akan memberikan perlindungan kepada kerusakan atau kehilangan yang bisa saja terjadi pada kendaraan kamu. Dengan proteksi seperti ini kamu tidak perlu lagi merasa khawatir dengan masalah biaya jika kendaraan kamu mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah terjadinya kerugian karena kerusakan atau kehilangan pada kendaraan kesayangan, polis standar asuransi kendaraan bermotor yang terdapat di Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi kendaraan kamu. Kamu dapat memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar polis.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor adalah produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan, pertanggungan sampai ganti rugi atas risiko terjadinya kecelakaan, kerusakan sampai kehilangan kendaraan bermotor karena kejahatan seseorang.

Jaminan risiko kerugian yang terjadi pada kendaraan bermotor nantinya akan tanggung jawab oleh perusahaan insurance. Ini bisa memberikan rasa tenang kepada pemilik kendaraan atas segala terjadinya risiko yang mungkin saja terjadi pada kendaraan yang diasuransikan.

Terdapat banyak jenis pertanggungan yang ditawarkan asuransi kendaraan bermotor yang pastinya sudah terdaftar di OJK, diantaranya asuransi kendaraan comprehensive dan asuransi kendaraan total loss only (TLO). Selain itu, juga masih ada jenis perluasan insurance kendaraan bermotor seperti kerugian karena kerusakan, kecelakaan diri dan pengemudi sampai tanggung jawab hukum kerugian pihak ketiga.

Jenis Pertanggungan Asuransi Kendaraan Bermotor

Terdapat 2 jenis asuransi kendaraan bermotor yang ada di Indonesia. Tetapi beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi tambahan untuk memberikan perlindungan lebih maksimal kepada nasabah.

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan ketahui dulu apa saja jenis perlindungan untuk kendaraan karena nantinya akan berpengaruh premi insurance kendaraan bermotor yang kamu pilih.

Berikut beberapa jenis asuransi untuk kendaraan bermotor yang bisa dipilih.

1. Gabungan (Comprehensive)

Asuransi kendaraan gabungan adalah asuransi gabungan antara asuransi comprehensive (all risk) dan TLO. Asuransi jenis ini memberikan jaminan pertanggungan atas kerugian atau kerusakan pada kendaraan baik ringan atau berat.

Asuransi ini biasanya juga bisa diperoleh ketika membeli mobil baru secara kredit. Cara kerja dari asuransi kendaraan bermotor, pada tahun pertama kendaraan akan dilindungi asuransi All Risk dan pada tahun selajutnya akan ditanggung dengan asuransi TLO.

Terdapat banyak risiko yang bisa ditanggung asuransi gabungan ini, seperti:

  • Kerusakan akibat kecelakaan
  • Pencurian kendaraan
  • Kebakaran
  • Risiko selama penyeberangan menggunakan kapal ferry
  • Kerusakan roda kendaraan akibat kecelakaan
  • Biaya pengangkutan ke bengkel

2. Kerugian Total Loss (TLO)

Jenis pertanggungan dari asuransi kendaraan bermotor ini, memberikan jaminan pertanggungan kepada kendaraan bermotor yang mengalami kerusakan mencapai atau lebih dari 75%. Yang artinya pemegang polis asuransi ini hanya bisa mengajukan klaim asuransi jika terjadi kerusakan pada kendaraan yang sangat parah dan kemungkinan kendaraan tidak bisa untuk diperbaiki lagi. Artinya jika kendaraan hanya mengalami kerusakan kecil seperti lecet atau kerusakan ringan lainnya penuntutan pertanggungjawaban atas kerusakan kepada perusahaan asuransi tidak bisa dilakukan.

Bukan hanya itu, asuransi ini juga memberikan pertanggungan ketika terjadi risiko kehilangan kendaraan karena pencurian. Jika kendaraan kamu hilang karena pencurian kemu bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.

Dari pengertian asurnasi kendaraan bermotor jenis TLO ini, kamu bisa menarik kesimpulan bahwa asuransi TLO hanya bisa melakukan pengajuan klaim ketika kendaraan mengalami kerusakan 75% atau sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Tetapi premi yang dibayarkan pada asuransi ini lebih ringan jika dibandingkan dengan asuransi comprehensive atau all risk.

3. Perluasan Jaminan

Selain 2 jenis pertanggungan di atas, kamu juga bisa menambah jaminan perluasan asuransi kendaraan bermotor. Maksudnya dari perluasan jaminan adalah tambahan manfaat lain selain pertanggungan yang dikarenakan kecelakaan dan kehilangan. Untuk mendapatkan jaminan perluasan ini, pastinya kamu perlu premi tambahan.

Beberapa pertanggungan jaminan yang bisa diperluas seperti:

  • Jaminan perluasan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga
  • Jaminan perluasan akibat banjir, angin topan, gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan akibat huru hara atau kerusuhan, terorisme, dan sabotase
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan tanggung jawab terhadap penumpang

4. Asuransi Personal

Asuransi personal adalah polis standar asuransi kendaraan bermotor yang memberikan jaminan perlindungan kepada nasabah yang mengalami kecelakaan ketika sedang berkendara. Jaminan perlindungan dan pertanggungan dari asuransi ini hanya berlaku untuk diri sendiri karena bersifat personal. Walau begitu, asuransi ini bisa memberikan biaya tambahan ganti rugi ketika mengalami kecelakaan yang dialami pengendara dan penumpangnya.

Dari setiap jenis pertanggungan dari asuransi kendaraan bermotor di atas menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Jika kamu menginginkan perlindungan yang maksimal kepada kendaraan, asuransi mobil all risk merupakan pilihan yang terbaik, dengan perlindungan yang maksimal premi yang harus dibayarkan pada asuransi All Risk memang lebih mahal daripada TLO.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

Berikut beberapa manfaat asuransi kendaraan yang perlu kamu ketahui.

1. Memberikan Perlindungan

Keuntungan dan manfaat mempunyai asuransi adalah membuat kamu mempunyai perlindungan dari segala risiko yang mungkin terjadi ketika berkendara kendaraan. Manfaat perlindungan seperti musibah kecelakaan, biaya perbaikan, sampai risiko pencurian atau kehilangan.

Dan juga kamu bisa memperluas jaminan perlindungan pada asuransi kendaraan yang kamu pilih, seperti perlindungan bantuan hukum pihak ketiga, asuransi jiwa dan banyak lagi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi sehingga manfaat yang didapat lebih maksimal.

2. Mengurangi Risiko Pengeluaran

Biaya perbaikan kendaraan memang membutuhkan uang yang tidak sedikit apa lagi jika kerusakan yang terjadi cukup parah. Jika kamu mempunyai asuransi, tidak perlu khawatir tentang biaya perbaikan karena nantinya biaya perbaikan akan ditanggung perusahaan asuransi sesuai ketentuan yang sudah disepakati.

3. Memberikan Rasa Aman Saat Berkendara

Dengan perlindungan yang diberikan asuransi kendaraan bermotor, pastinya akan membuat pemilik kendaraan merasa lebih aman dan tenang ketika berkendara. Ini karena kamu tidak perlu khawatir dengan semua risiko kerugian karena semuanya nantinya akan ditanggung perusahaan asuransi.

Walau begitu, kamu juga harus tetap berkendaraan dengan baik dan benar serta selalu waspada dan berhati hati. Perusahaan asuransi tidak akan memberikan pertanggungan dan jaminan begitu saja jika kerusakan diakibatkan karena kelalaian pengemudi. Jadi walau sudah memiliki asuransi, kamu harus tetap waspada ketika berkendara.

4. Mendapatkan Fasilitas Tambahan

Satu lagi manfaat mempunyai asuransi kendaraan bermotor yaitu fasilitas tambahan yang akan memudahkan dan menguntungkan ketika terjadi kecelakaan. Fasilitas tambahan tersebut diantaranya mobil derek yang sangat berguna ketika kondisi darurat.

Selain derek beberapa perusahaan asuransi kendaraan biasanya juga menyediakan kendaraan pengganti ketika kendaraan nasabah sedang perbaikan supaya aktivitasnya tidak terganggu. Jadi sebelum memilih produk asuransi, pastikan terlebih dulu fasilitas tambahan apa saja yang ditawarkan pihak asuransi.

Cara Beli Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor bisa dibeli dengan cara online atau offline. Untuk pembelian secara offline, kamu bisa mendatangi kantor perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang kamu inginkan atau dengan menghubungi call center yang disediakan. Sebelum membeli asuransi mobil baik All Risk atau jenis lain, jangan lupa untuk menanyakan terlebih dahulu apa saja manfaat dan fasilitas yang diberikan.

Sedangkan jika menginginkan yang lebih praktis, sekarang membeli produk asuransi kendaraan bisa dilakukan secara online. Kamu bisa membelinya melalui situs resmi perusahaan asuransi yang kamu pilih atau juga bisa melalui e-commerce atau marketplace yang bekerjasama dengan perusahaan asurnasi yang kamu pilih.

Syarat Mengajukan Asuransi Kendaraan Bermotor

Biasanya setiap perusahaan asuransi mempunyai persyaratan yang berbeda beda dalam pengajuan polis. Akan tetapi umumnya persyaratan meliputi:

  • Mengisi formulir pendaftaran polis yang disediakan perusahaan asuransi kendaraan bermotor
  • Fotocopy identitas diri atau KTP
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi NPWP
  • KITAS atau KITAP untuk WNA

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Kendaraan Bermotor

Untuk mendapatkan produk asuransi kendaraan bermotor yang terbaik, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum benar benar membelinya. Diantara:

1. Penggunaan Kendaraan (Occupation)

Sebelum membeli asuransi, pastikan dulu penggunaan dari mobil yang akan diasuransikan. Umumnya, penggunaan kendaraan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Pribadi / Dinas

Maksudnya kendaraan yang dipakai untuk kepentingan pribadi atau dinas dan kepentingan operasional yang dimana pemilik kendaraan tidak menerima upah jasa yang berupa uang atau lainnya dari pemakaian kendaraan tersebut.

Komersial

Kendaraan komersial dipakai untuk keperluan komersial seperti untuk disewakan sehingga pemilik kendaraan menerima imbalan berupa uang atau apapun dari hasil penyewaan kendaraan tersebut.

2. Penambahan / Perubahan Aksesoris

Sebelum membeli asuransi kendaraan, pemilik kendaraan juga harus melaporkan kepada perusahaan asuransi jika kendaraan mempunyai penambahan atau perubahan berupa aksesoris kendaraan. Hal ini harus dilaporkan dengan waktu paling lama 7 hari.

3. Lokasi Kendaraan (Location)

Memperhatikan lokasi kendaraan beroprasi dengan melihat nomor polisi kendaraan yang dipakai untuk menentukan rate kendaraan sesuai dengan yang sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Syarat dan Ketentuan (Subjectivity)

Ketika membeli produk asuransi kendaraan yang terbaik, kamu wajib untuk memenuhi persyaratan sebagai tertanggung supaya pertanggungan bisa berlaku efektif.

5. Bengkel Rekanan

Pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai banyak bengkel rekanan dan mudah untuk diakses. Hal ini bertujuan supaya menghemat biaya sekaligus waktu ketika ingin melakukan perbaikan khususnya dalam kondisi darurat.

Dengan memiliki kendaraan memang bisa membuat mobilitas menjadi lebih lancar. Walau begitu, kamu juga harus memperhatikan biaya perawatan, sampai risiko kerusakan atau bahkan kehilangan yang mungkin saja bisa terjadi.