Asuransi Mobil All Risk: Pengertian, dan Cara Klaim

Asuransi Mobil All Risk: Pengertian, dan Cara Klaim

Asuransi Mobil All Risk: Pengertian, dan Cara Klaim

Dengan semakin murahnya harga mobil dan pentingnya aktivitas masyarakat membuat kendaraan tidak lagi termasuk sebagai kategori barang tersier. Hampir semua orang membutuhkan transportasi pribadi sebagai mobilitas utamanya. Bukan orang kaya saja yang mempunyai mobil, masyarakat kalangan menengah pun sekarang sudah menjadikan mobil sebagai kebutuhan yang penting. Karena itu sudah menjadi hal yang penting untuk melindungi sesuatu hal yang penting dihidup kita seperti kesehatan, tempat tinggal, dan juga termasuk kendarran. Tapi perlindungan apa yang tepat untuk mobil kita? Terdapat dua pilihan yang bisa kamu pilih untuk asuransi kendaraan yaitu asuransi mobil all risk, dan TLO (total loss only).

Pada artikel ini kami akan memberikan alasan mengapa asuransi mobil all risk adalah pilihan yang terbaik, dan meliouti apa saja yang ditanggung oleh asuransi ini. Apakah benar asuransi mobil all risk lebih baik dari TLO? Yuk simak!

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Sesuai dengan namanya, asuransi mobil all risk memiliki arti sebuah produk asuransi yang akan melindungi mobil dari semua risiko yang mungkin bisa terjadi, mulai dari kecelakaan, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bencana alam, bahkan mobil hilang karena dicuri orang!

Asuransi mobil all risk juga mempunyai sebutan lain. Asuransi mobil comprehensive dalam Bahasa Inggris, dan komprehensif dalam Bahasa Indonesia.

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Manfaat asuransi mobil all risk yaitu memberikan perlindungan untuk mobil dari semua risiko dan menjamin perlindungan terhadap kemungkinan segala jenis kecelakaan, dari yang kecil sampai parah dan kehilangan selama penyebab kejadiannya bukan karena disengaja.

Apa Saja yang Di-cover atau Ditanggung oleh Asuransi Mobil All Risk?

Asuransi mobil all risk mempunyai premi yang cukup besar, tapi perlindungan yang diberikan asuransi ini juga sangat banyak. Lalu, apa saja yang ditanggung atau di-cover oleh asuransi mobil all risk ini?

  • Kecelakaan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok
  • Semua perbuatan jahat orang lain
  • Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan
  • Kebakaran dan tersambaran petir
  • Semua sebab dan risiko selama melakukan penyeberangan laut dengan feri
  • Kerusakan roda karena kecelakaan
  • Biaya derek dan pengangkutan ke bengkel terdekat
  • Pengecualian yang ada di polis asuransi all risk

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Asuransi TLO atau total loss only akan menjamin mobil kamu dari kerusakan lebih dari 75% atau hilang karena dicuri orang. Artinya jika mobil kaca spion patah saat masuk gang atau mobil kamu mengalami lecet karena terserempet kendaraan lain, kedua kerusakan ini tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi karena persentase kerusakannya di bawah 75%.

Premi yang memiliki Asuransi mobil all risk lebih besar daripada TLO, tapi mobilmu akan terjamin dari segala kemungkinan risiko kerusakan, baik kecil atau besar dengan alasan apa pun, jadi walau kerusakan mobil kamu di bawah 75% kamu masih bisa mengajukan klaim ke pihak asuransi.

Keuntungan Asuransi Mobil All Risk

Dengan memakai asuransi mobil all risk, kamu akan mendapatkan 3 keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan dari jenis asuransi mobil lain, seperti:

1. Mobil terlindungi secara total

Dengan asuransi mobil comprehensive, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kemungkinan terjadinya risiko kerusakan yang bisa menimpa mobil kamu karena besar atau kecilnya kerusakan pada mobil kamu bukan menjadi faktor utama klaim yang kamu ajukan akan diterima atau tidak, berbeda dengan jenis asuransi TLO yang mengharuskan kerusakan mobil di atas 75%.

2. Cakupan manfaat yang lebih luas

Berbeda dengan TLO yang cakupan manfaatnya hanya pada kerusakan dan kehilangan secara total, asuransi mobil comprehensive mempunyai pilihan perluasan jaminan. Dengan perluasan jaminan ini kamu dapat melindungi mobilmu dari kemungkinan khusus seperti kerusuhan, bencana alam, sampai tanggung jawab dari pihak ketiga jika kecelakaan menyebabkan pengendara lain terluka.

3. Membuat pikiran lebih tenang

Karena asuransi mobil all risk melindungi mobil kamu dari segala risiko, kamu tidak perlu lagi takut atau khawatir saat hal buruk terjadi kepada mobilmu, karena beban biaya perbaikan tidak akan menghantui. Dan hidup jadi lebih nyaman dan tenang.

Jenis-jenis Perluasan Manfaat Asuransi Mobil

Jika kamu membeli asuransi mobil all risk, terdapat layanan perluasan manfaat asuransi mobil. Lalu, meliputi apa saja perluasan manfaat asuransi all risk mobil ini?

1. Angin Topan, Banjir, Badai, Hujan Es & Tanah Longsor

Angin topan, banjir, badai, hujan es, dan tanah longsor adalah kejadian alam yang tidak bisa diduga dan bisa merusak mobil kamu kapan saja. Kerusakan mobil yang dikarenakan hal-hal ini bisa sangat besar, dan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan tidak sedikit. Atau bisa saja sama dengan harga mobil itu sendiri. Untuk mengantisipasi kerugian yang besar, kamu dapat melakukan menambahkan perluasan manfaat asuransi pada perlindungan mobilmu. Manfaat perluasan asuransi ini sangat cocok untuk kamu yang bertempat tinggal di daerah trawan banjir.

2. Gempa Bumi, Tsunami & Letusan Gunung Berapi

Selain karena kejadian alam yang disebutkan diatas, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi juga bisa menyebabkan kerusakan parah pada mobil. Terbayang bukan berapa besaran biaya servis yang harus kamu siapkan untuk bisa mengembalikan mobil ke kondisi semula? Untungnya, terdapat perluasan manfaat asuransi yang dapat kamu ambil untuk mengantisipasi hal-hal tersebut.

Baca Juga :  Akibat Lupa Punya Polis Asuransi

3. Huru-Hara dan Kerusuhan

Pelaku huru hara dan kerusuhan yang terjadi di jalan tidak memilih mobil yang mana mereka akan rusak. Jika seperti ini mobil kamu bisa menjadi korbannya. Dan disinilah pentingnya perluasan manfaat asuransi mobil yang bisa meng-cover huru hara dan kerusuhan.

4. Terorisme dan Sabotase

Sama seperti kerusuhan, Kamu bisa memakai perluasan manfaat asuransi untuk melindungi mobil secara penuh dan utuh dari aksi terorisme dan sabotase untuk.

5. Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga

Jika kamu sering melakukan tindakan yang ceroboh di jalan maka perluasan asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga harua kamu miliki. Jika kamu melakukan tindakan yang ceroboh ketika sedang menyetir dan menyebabkan kerugian pada pihak ketiga, asuransi akan mengganti biaya ganti rugi kepada pihak ketiga tersebut. Kamu juga bisa lebih tenang berkendara di jalan.

6. Kecelakaan Diri

Dengan memakai perluasan manfaat asuransi kecelakaan diri bisa melindungi penumpang dari kecelakaan mobil yang kemungkinan bisa terjadi. Mulai dari kehilangan anggota tubuh, kecacat pada tubuh, hingga biaya pengobatan akan di-cover seluruhnya oleh pihak asuransi.

Cara dan Syarat Klaim Asuransi Mobil All Risk

Bagaimana cara untuk bisa melakukan klaim asuransi mobil all risk? Banyak orang yang ragu untuk mempunyai asuransi untuk mobilnya karena takut sulit ketika melakukan klaim. Berikut cara melakukan klaim asuransi mobil comprehensive yang perlu kamu tahui.

a. Syarat atau Dokumen Klaim Asuransi

Dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratkan dalam melakukan klaim asuransi mobil comprehensive antara lain:

  • Fotocopy polis asuransi dan yang asli
  • Fotocopy SIM dan STNK
  • Bukti laporan kepolisian (jika terjadi kecelakaan)
  • Formulir klaim lengkap dengan tanda tangan
  • Kronologi tertulis (jika terjadi kecelakaan)
  • Foto-foto kendaraan
  • Fotocopy KTP, SIM dan STNK pihak ketiga
  • Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang ditandatangani dan bermaterai
  • Surat pernyataan bahwa pihak ketiga tidak mempunyai asuransi kendaraan bermotor
  • Surat keterangan polisi tentang kronologi kecelakaan

b. Tata Cara Klaim Asuransi

Setelah semua dokumen persyaratan terpenuhi, lakukan tata cara klaim asuransi mobil comprehensive berikut ini:

  • Setelah dokumen lengkap, datangi bengkel mobil rekanan
  • Jika perlu, hubungi agen asuransi
  • Isi formulir klaim secara lengkap
  • Kemudian pihak bengkel akan mengkonfirmasi kepada pihak asuransi
  • Mobil akan segera diperbaiki jika konfirmasi diterima

Lama Klaim Asuransi Mobil

Biasanya proses klaim asuransi ditambah pengerjaan mobil di bengkel membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 5 hari, Tetapi semua tergantung pada banyaknya jumlah klaim yang masuk ke bengkel setiap harinya. Semakin sedikit jumlah klaim, membuat proses klaim asuransi akan semakin cepat.

Tips Memilih dan Membeli Asuransi Mobil All Risk

Supaya mendapatkan perlindungan secara maksimal kepada mobil kamu perlu lakukan tips berikut dalam memilih dan membeli asuransi mobil all risk.

1. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Terpercaya

Perusahaan asuransi yang kredibel dan terpercaya akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabah. Dan juga membeli asuransi kepada perusahaan yang terpercaya akan memperckecil resiko yang muncul dikemudian hari.

2. Ketahui Kejelasan Polis dengan Baik

Sebelum melakukan pembelian sebuah polis dengan premi tertentu pastikan bahwa kamu sudah benar benar memahami dengan jelas isi dari polis. Karena banyak orang yang merasa tertipu dengan produk asuransi hanya karena tidak memahami isi dan ketentuan polis.

3. Perhatikan Budget dan Kesesuaiannya dengan Manfaat yang Ditawarkan

Memperhatikan anggaran dan kesesuaian dengan manfaat supaya kamu tidak menyesal dikemudian hari. Jangan sampai kamu merasa biaya asuransi tidak sebanding dengan manfaat yang diperoleh.

4. Hindari Memilih Produk yang Tidak Meng-cover Semua Jenis Risiko

Produk asurnsi yang aman pastinya akan menutupi semua jenis resiko. Jadi pastikan asuransi yang kamu beli benar-benar menutupi semua resiko dengan anggaran yang wajar.

5. Ketahui Apa Itu Biaya Own Risk (OR)

Biaya Own Risk adalah biaya yang harus ditanggung pemilik polis secara pribadi atas resiko tertentu. Kamu harus mengetahui besaran biaya ini sebelum benar benar menandatangani polis.

6. Perhatikan Pengecualian pada Polis yang Akan Disepakati Bersama

Pada polis biasanya tercantum pengecualian yang berisi resiko resiko apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Bacalah dengan teliti dan pastikan bahwa isinya benar benar sesuai dengan ekspektasi.

7. Pilih Produk dengan Manfaat yang Paling Sesuai dengan Kebutuhanmu

Asuransi yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Hindari pembelian produk asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan karena hanya sia-sia. Biaya yang kamu keluarkan untuk kendaraan kamu bisa menjadi mubazir.

8. Pilih Perusahaan dan Produk yang Bekerja Sama dengan Jaringan/Rekanan Bengkel yang Luas

Kesulitan melakukan klaim bisa terjadi jika asuransi tidak menyediakan bengkel yang jaringan yang luas. Karena keberadaan rekanan bengkel yang tersebar luas sangatlah penting.

9. Pilih Produk dengan Proses Klaim yang Mudah

Pilih produk asuransi yang proses klaim mudah. Mudahnya proses klaim bisa menghemat waktu dan tenaga yang kamu punya.

Itulah ulasan lengkap tentang asuransi mobil all risk yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu kamu dalam memilih asuransi mobil yang tepat. Sekian dan terimakasih.