Asuransi Mobil, Jenis, Manfaat, dan Cara Klaim

Musibah merupakan sesuatu yang tidak bisa kita ketahui kapan akan terjadinya. Hal tersebut membuat kita harus waspada dengan datangnya musibah yang mungkin saja terjadi pada kita atau barang yang kita punyai. Sebagai langkah untuk melindungi diri dari musibah, banyak orang yang akhirnya membeli produk asuransi.

Asuransi yang sering dibeli masyarakat adalah asuransi mobil. Karena mobil adalah barang yang cukup rawan mengalami kerusakan, sehingga asuransi adalah pilihan yang tepat untuk bisa melindungi diri sendiri mobil dari kejadian yang tidak terduga.

Biaya asuransi mobil yang cukup terjangkau juga menjadi alasan orang orang lebih memilih untuk asuransi sebagai perlindungan ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Tetapi, masih banyak orang yang belum tahu jenis jenis asuransi mobil itu apa saja dan hal hal apa saja yang mempengaruhi biaya asuransi mobil.

Jenis Asuransi Mobil

Terdapat 2 jenis asuransi mobil yang banyak ditawarkan perusahaan asuransi di Indonesia. 2 jenis asuransi mobil tersebut yaitu total loss only (TLO) dan All Risk.

Kedua asuransi ini mempunyai manfaat yang berbeda-beda dan mempunyai biaya yang berbeda-beda.

Di sini kami hanya menjelaskan tentang jenis asuransi mobil agar kamu bisa menentukan mana produk asuransi yang kamu butuhkan. Berikut penjelasan tentang kedua jenis asuransi mobil tersebut.

TLO (Total Loss Only)

Asuransi mobil total loss only (TLO) adalah asuransi yang memberikan pelindungan kepada pihak tertanggung dari resiko kehilangan total. Kehilangan yang dimaksud bukan hanya ketika mobil hilang karena aksi kriminal saja tetapi juga karena kerusakan. Tetapi, kerusakan harus memenuhi persyaratan yang dimana kerusakan harus mencapai atau melebihi 75% dari keseluruhan mobil. 75% adalah batasan yang dipakai untuk memastikan bahwa mobil sudah tidak bisa dipakai lagi karena mengalami kerusak parah. Seperti terbakar dan juga hilang karena dicuri.

Jadi, asuransi total loss only tidak memberikan jaminan jika kendaraan hanya mengalami kerusakan kecil, seperti spion patah, baret pada bodi, atau kerusakan ringan lainnya. Hal ini berbeda jika mobil mengalami ringsek sampai sudah tidak berbentuk karena mengalami kecelakaan.

All Risk

Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang memberikan jaminan untuk kerugian atau kerusakan yang terjadi pada kendaraan bermotor karena hal-hal yang sudah tertera di polis. Asuransi ini menanggung kerusakan dari skala ringan, menengah, hingga berat.

Asuransi ini memberikan tanggungan ke semua jenis kerusakan bahkan hanya lecet pada mobil. Terdapat hal-hal lain yang bisa ditanggung asuransi ini, seperti kerusakan roda, kebakaran, kerusakan ketika melakukan penyebrangan, perbuatan jahat, biaya penjagaan atau pengangkutan ke bengkel.

Hal-hal yang dikecualikan pada polis asuransi ini adalah, benturan, tergelincir, tabrakan, terbalik, terperosok, dan pencurian.

Jumlah pengecualian yang ditanggung asuransi mobil All Risk biasanya sudah ada di polis standar asuransi kendaraan bermotor ini. Kerugian karena kursus menyetir biasanya tidak dapat ditanggung pihak asuransi. Mobil yang dicuri anggota keluarga sendiri juga tidak bisa ditanggung pihak asuransi.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Mobil

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi biaya asuransi mobil.

1. Jenis Asuransi

Seperti yang disebutkan di atas, terdapat 2 jenis asuransi yang ditawarkan di pasaran. Yaitu total loss only yang akan memberikan biaya ganti rugi jika mengalami kehilangan mobil. All Risk yang akan memberikan biaya ganti rugi ketika terjadi kerusakan pada mobil. Di sini, kita sudah tahu bahwa biaya untuk asuransi jenis All Risk lebih mahal daripada total loss only.

Selain itu harga premi akan menjadi lebih mahal jika kendaraan yang diasuransikan mempunyai biaya yang mahal. Tetapi, jangan khawatir karena nantinya biaya pertanggungan yang diberikan pihak perusahaan pasti lebih besar daripada biaya premi yang kamu bayarkan setiap bulan. Itulah mengapa, kamu harus membayar premi secara teratur.

2. Nilai dan Tahun Mobil

Jenis mobil yang kita punya pastinya mempunyai nilai dan setiap mobil nilainya akan berbeda-beda. Nilai mobil juga akan mempengaruhi biaya premi yang nantinya harus kita bayarkan setiap bulan. Semakin tingginya nilai mobil semakin tinggi juga premi yang dibayar. Hal ini akan berlaku sebaliknya jika nilai mobil rendah, maka biaya premi juga lebih rendah.

3. Wilayah Tertanggung

Bagi yang belum tahu, lokasi tempat tinggal juga mempengaruhi besarnya premi. Premi akan semakin besar jika tempat tinggal calon nasabah semakin padat.

Ini dikarenakan tempat tinggal yang padat akan meningkatkan terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada mobil daripada orang-orang yang tinggal di daerah yang kepadatannya lebih rendah. Biasanya premi dibagi menjadi beberapa zona area, seperti wilayah 1, 2, dan 3. Orang yang tinggal di wilayah Jakarta biasanya masuk ke wilayah nomor 2.

Pembagian wilayah ini untuk mempermudah perusahaan asuransi menilai risiko yang bisa menimpa kepada kendaraan yang diasuransikan asuransi. Ini membuat perusahaan bisa memperkirakan besaran biaya yang harus berikan untuk mengganti kerusakan pada mobil, baik itu besar atau kecil.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Biaya premi yang dibayarkan setiap bulan memang berbeda-beda, disesuai dengan jenis mobil yang kamu punya. Tetapi, biasanya untuk asuransi mobil total loss only dan all risk akan mempunyai perhitungan yang disesuaikan rate asuransi dan dikalikan dengan harga mobil.

Rate ini berbeda-beda sesuai dimana kamu membeli asuransi. Di sini, kami akan memberikan cara untuk menghitung premi asuransi mobil agar kamu bisa memperkirakan biaya yang akan kamu keluarkan.

Cara menghitung jenis asuransi total loss only

Harga untuk Toyota Avanza yaitu Rp206 juta dan termasuk ke dalam kategori 3. Mobil ini masuk daerah DKI Jakarta artinya masuk wilayah 2. Asuransi yang dipilih yaitu total loss only. Rate asuransi untuk kategori 3 di wilayah 2 yaitu 0,38% hingga 0,42%. Biaya premi untuk asuransi ini yaitu 0,38% dikali Rp206 juta sama dengan Rp782.800.

Baca Juga :  Asuransi Kesehatan Keluarga Yang Tepat Untuk Pasangan Baru

Cara menghitung jenis asuransi all risk

Rate asuransi untuk kategori 3 di wilayah 2 yaitu 2,08% hingga 2,29%. Harga premi yang harus dibayarkan pada setiap bulan adalah 2,08% dikali dengan Rp206 juta sama dengan Rp4.284.800.

Biaya ini bukan biaya final karena biasanya biaya premi yang kamu bayar nanti akan ditambahkan biaya administrasi, materai, biaya polis, dan beberapa biaya lainnya. Ada juga asuransi yang mempertimbangkan usia pengemudi, jenis jaminan, lokasi, rekam jejak kredit, dan hal lainnya. Itulah kenapa, kamu harus menyesuaikan biaya premi yang kamu bayarkan pada tiap bulan dengan budget yang kamu punya miliki.

Syarat Mendaftar Asuransi Mobil

Mendaftar asuransi mobil harus memenuhi syarat. Berikut syarat yang harus dipenuhi.

  • Melengkapi dokumen pendaftaran formulir pendaftaran seperti, fotokopi STNK, fotokopi KTP, SIM, dan NPWP.
  • Survei kendaraan dari pihak asuransi
  • Mengisi polis yang disediakan perusahaan asuransi
  • Membayar premi yang sudah tertera pada polis

Manfaat Umum Asuransi Mobil

Asuransi mobil mempunyai manfaat umum. Berikut manfaat umum asuransi mobil.

  • Bisa menutupi biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan
  • Memberikan perlindungan dari kecelakaan seperti tabrakan, terbalik, tergelincir, benturan, sampai mobil terperosok.
  • Memberikan perlindungan saat ada pencurian
  • Sebagai perencanaan keuangan dan mengurangi pengeluaran
  • Memberikan rasa tenang dan aman
  • Manfaat yang diberikan lebih dari sekedar produk Asuransi saja kamu juga bisa mendapatkan bonus tambahan seperti bonus e-toll, voucher bahan bakar, hingga hadiah lainnya yang disesuai dengan perusahaan asuransi mana yang kamu membeli produk asuransi.
  • Fitur layanan tambahan seperti, derek mobil ketika Anda kehabisan bahan bakar atau mobil mogok, garansi kerja bengkel, dan hot line yang bisa kamu hubungi setiap saat agar kamu bisa mendapatkan bantuan ketika kamu membutuhkannya.
  • Pertanggung jawaban hukum pihak ketiga
  • Jaminan atas kerusakan karena bencana alam seperti gempa bumi, longsor, banjir, sampai vandalisme.
  • Sarana investasi yang baik karena asuransi akan melindungi dan menjamin aset

Manfaat Khusus Asuransi Mobil

Asuransi mobil mempunyai manfaat khusus. Berikut manfaat khusus tentang asuransi mobil.

Melindungi mesin

Kerusakan mesin mobil pasti bisa tejadi, seperti mesin yang kemasukan air atau kebocoran oli. Asuransi mobil All Risk akan melindungi kamu dari kerusakan tersebut dengan melakukan perbaikan kepada komponen komponen yang rusak.

Pertanggungan untuk pengemudi

Bukan hanya melindungi dan menjaga mobil dari kerusakan, tetapi asuransi juga menanggung kerugian yang terjadi kepada pengemudi ketika terjadi kecelakaan.

Bebas biaya derek mobil

Banyak pengendara mobil yang mempunyai risiko terjadinya kerusakan mobil ketika berada di daerah yang jauh dari bengkel. Ini membuat pengemudi membutuhkan derek agar mobil bisa dibawa ke bengkel.

Membantu mengurus kerusakan setiap saat

Kamu mungkin khawatir jika kamu tidak mendapatkan bantuan ketika mobil kamu mengalami kerusakan pada tengah malam. Kamu tidak perlu khawatir karena asuransi mobil memberikan jaminan perlindungan selama 24 jam sehingga kamu bisa mendapat bantuan kapan saja. bantuan yang kamu dapat dalam bantuan pengurusan derek, pemanggilan taksi, dan masalah lain yang berhubungan dengan pihak berwajib.

Diskon untuk tanggungan pihak ketiga

Perusahaan asuransi biasanya akan memberikan ganti rugi kepada pengendara lain yang berada dalam satu kecelakaan yang sama dengan pihak tertanggung. Ini akan terjadi jika kamu mempunyai memiliki asuransi mobil All Risk. Tetapi, jika kamu yakin tabungan yang kamu punya, kamu bisa melakukan ganti rugi dengan uang kamu sendiri.

Tetapi biaya tersebut tidak full karena kamu bisa meminta bantuan pihak asuransi untuk menurunkan biaya pertanggungan pihak ketiga. Ini didapat dalam bentuk diskon dari besarnya polis perluasan pihak ketiga jika pihak perusahaan asuransi mau menurunkan biaya yang harus ditanggung pihak tertanggung kepada pihak ketiga.

Asuransi aksesori tambahan pada mobil

Kebanyakan asuransi pada umumnya hanya akan melindungi kerusakan yang terjadi pada mobil saja, tapi tidak pada aksesori yang ada dimobil meski kerusakan terjadi karena kecelakaan. Kamu bisa melakukan perluasan untuk semua hal, termasuk kerusakan yang terjadi pada aksesoris mobil. Tetapi, ketika kamu menambahkan aksesori, kamu harus memberitahukan pihak asuransi supaya tercatat.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Berikut langkah langkah mengajukan klaim.

  1. Segera lapor jika terjadi kerusakan

Segera laporkan jika kendaraan mengalami kerusakan, dengan langsung menghubungi pihak asuransi lewat telepon atau pesan. Sesuai nomor perusahaan asuransi yang kamu beli.

Kamu juga harus mendokumentasikan bagian mobil mana yang rusak untuk dilampirkan ketika ingin melakkukan pengajuan klaim. Agar pihak asuransi cepat meyiapkan laporan.

  1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan ketika ingin mengajukan klaim yaitu fotocopy STNK, fotocopy SIM, fotokopi polis asuransi mobil, surat keterangan polisi, dan juga formulir klaim asuransi.

  1. Ajukan Klaim Secara Digital

Pengajuan klaim lebih bisa mudah lewat internet. Tentunya ini bisa dilakukan karena perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju. Terdapat banyak polis asuransi yang memberikan kesempatan nasabahnya untuk melakukan klaim lewat aplikasi agar proses pengajuan klaim bisa lebih mudah dan cepat.

  1. Pantau Progress Pengajuan Klaim Menggunakan Aplikasi

Setelah pengajuan yang kamu ajukan berhasil, kamu harus selalu memantau kemajuan dari pengajuan klaim yang kamu lakukan. Ini bisa kamu lakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh perusahaan asuransi.

  1. Datangi Langsung Kantor Asuransi

Tidak semua orang yang melakukan pengajuan klaim secara digital akan diterima, sehingga kamu bisa langsung mendatangi kantor asuransi. Kamu juga harus membawa dokumen dokumen yang dibutuhkan, dan dokumentasi kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Pengajuan klaim yang kamu lakukan di kantor akan diproses pada hari itu juga, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama lama. Jika klaim kamu diterima, kamu bisa langsung melakukan proses penjemputan mobil untuk dilakukan perbaikan dibengkel yang sudah berkerja sama dengan asuransi yang kamu beli.