Asuransi Mobil Tugu

Ketika berkendara pasti terdapat risiko yang cukup tinggi. Tak bisa dipungkiri, asuransi mobil adalah salah satu solusi untuk meminimalisir pengeluaran ketika terjadi kemungkinan yang tidak diharapkan. Beragam asuransi mobil yang ada dipasaran bisa kamu pilih salah satunya asuransi mobil Tugu.

Asuransi tugu adalah salah satu asuransi kendaraan yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya bengkel rekanan yang siap melayani, asuransi Tugu Pratama semakin disukai para nasabah untuk melindungi kendaraan kesayangan.

Asuransi Mobil Tugu

Asuransi Tugu Pratama Indonesia adalah anak perusahaan dari PT Pertamina yang berdiri pada tahun 1981. Awalnya, Tugu Insurance didirikan untuk memberikan perlindungan atas risiko yang terjadi khusus untuk karyawan PT Pertamina dan aset-aset yang dimiliki Pertamina.

Dengan berjalannya waktu, perusahaan ini terus mengalami perkembangan sampai mempunyai banyak produk asuransi, mulai dari asuransi kesehatan, mobil, properti, perjalanan, sampai asuransi syariah.

Tugu Insurance memiliki beberapa produk unggulan, salah satunya asuransi mobil tugu dengan manfaat yang bisa didapatkan mulai premi Rp 35 ribuan per bulan untuk polis total loss only dan Rp175 ribu per bulan untuk pilihan polis All Risk.

Jenis Asuransi Mobil Tugu

Salah satu cara untuk melindungi mobil pastinya dengan memakai asuransi. Perlu kamu ketahui terdapat 2 tipe perlindungan asuransi mobil tugu, yaitu comprehensive atau all risk dan TLO (Total Loss Only).

Asuransi All Risk merupakan asuransi yang memberikan jaminan atas segala jenis kerusakan pada mobil, baik kerusakan ringan atau berat, hingga kehilangan kendaraan. Dan pada tipe TLO, asuransi hanya akan memberikan jaminan jika terjadi kerusakan atau kehilangan mobil dengan nilai kerugian mencapai atau melebihi dari 75% dari harga mobil.

All Risk

Pada jenis asuransi ini kamu bisa mendapatkan perlindungan penuh pada mobil dengan membayar premi asuransi secara rutin. Tipe asuransi otomotif ini cocok dipakai pada mobil yang mempunyai nilai yang tinggi. Kerusakan ringan berupa lecet bisa diajukan klaim asuransi. Jenis asuransi ini biasanya juga mengcover klaim asuransi pihak ketiga.

Dengan berbagai perlindungan dari tipe All Risk, tentunya premi yang dibayarkan tipa bulanan juga tentunya lebih besar.

TLO (Total Loss Only)

Berbeda dengan All Risk yang bisa mengcover kerusakan ringan, jenis TLO hanya mengcover jika terjadi kehilangan atau kerusakan pada mobil yang kerugiannya mencapai atau lebih dari 75% yang bisa dipastikan mobil tidak bisa dipakai lagi. Tetapi, premi yang dibayarkan pada asuransi jenis ini lebih murah dibandingkan jenis all risk.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan kedua jenis asuransi tersebut, kamu bisa memilih asuransi mana berdasarkan kebutuhan dan kemampuan kamu dalam membayar premi tiap bulannya. Yang terpenting, kamu akan merasa lebih tenang disaat sudah mempunyai asuransi mobil dan tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan atau ketika mobil kamu menghilang.

Daftar Produk dan Polis Asuransi Mobil Tugu

Asuransi Tugu Pratama Indonesia menawarkan berbagai pilihan produk dan polis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon nasabah. Di bawah terdapat daftar produk dan polis dari asuransi mobil tugu yang bisa kamu ketahui.

T Drive

T Drive adalah polis asuransi Tugu Pratama Indonesia yang memberikan perlindungan financial berupa ganti rugi ketika terjadi risiko kerusakan dan kehilangan mobil. Salah satu keunggulan polis ini adalah premi yang ditawarkan murah yaitu mulai Rp 35 ribu per bulan.

T-ride

T-ride adalah polis asuransi yang memberikan perlindungan financial berupa ganti rugi ketika terjadi risiko kerusakan atau kehilangan pada kendaraan bermotor. Pilihan premi yang dibayarkan untuk polis T-ride juga cukup murah yaitu mulai Rp 10 ribu. Keunggulan lainnya dari asuransi Tugu Pratama yaitu cara klaim yang sangat mudah sehingga kamu dapat mengajukan klaim kapan saja.

Asuransi Kecelakaan Diri

Polis asuransi yang memberikan manfaat risiko ketika terjadi kematian, cacat permanen, cacat sementaram, biaya perawatan atau pengobatan yang secara langsung diakiatkan karena suatu kecelakaan.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Polis asuransi mobil Tugu yang memberikan manfaat atas setiap kerugian yang terjadi pada kendaraan bermotor jika biaya perbaikan mencapai atau lebih dari 75% dari nilai pasar atau hilang karena pencurian.

Manfaat Asuransi Mobil Tugu

Produk unggulan dari asuransi mobil Tugu adalah T-drive. Pada produk t-drive diberikan jaminan ganti rugi untuk kerusakan mobil baik ringan atau berat sampai hilang karena pencurian. Berikut manfaat yang akan kamu terima jika memilih Asuransi Mobil Tugu.

  • Premi asuransi mobil Tugu terjangkau, mulai dari Rp33 ribu per bulan.
  • Jaminan ganti rugi Total Loss Only jika terjadi kerusakan mobil yang mencapai atau lebih dari 75% atau bahkan hilang karena dicuri.
  • Jaminan ganti rugi Comprehensive jika mobil rusak, baik ringan atau rusak total.
  • Cara pengajuan klaim yang mudah, bisa dilakukan dengan berbagai channel dan tidak repot. Bahkan bisa dilakukan secara online, sehingga praktis.
  • Bengkel rekanan tersebar di seluruh Indonesia dengan garansi sampai 6 bulan.
  • Jaminan penggantian barang pribadi yang hilang jika mobil dicuri.
  • Call center bisa diakses 24 jam penuh, sehingga memudah kamu jika mengalami masalah dengan mobil kamu.
  • Layanan 24 jam penuh dari trex untuk mengatasi beberapa masalah seperti kecelakaan, ban bocor, kehabisan bensin, mogok, mobil terkunci, sampai aki soak.
  • Kendaraan yang bisa dicover adalah mobil pribadi, mobil dinas, dan juga truk.
  • Bisa dipakai di seluruh bengkel rekanan yang tersebar di wilayah Indonesia.
Baca Juga :  Memahami Prinsip-prinsip Asuransi

Syarat Mengajukan Asuransi Mobil Tugu

Sebelum melakukan klaim asuransi mobil tugu, lebih baik kamu siapkan terlebih dahulu dokumen dokumen yang dibutuhkan seperti:

  • Polis asuransi
  • SIM dan STNK (fotocopy atau bentuk digital, tergantung cara klaim yang akan dipakai gunakan)
  • Bukti laporan kepolisian tentang kerusakan atau kehilangan mobil
  • Kronologi kejadian
  • Foto foto kerusakan

Setelah menyiapkan dokumen dokumen yang dibutuhkan kamu bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi. Khusus untuk klaim asuransi mobil di Tugu Insurance, banyak cara yang bisa digunakan dan sudah dipermudah dalam pengajuan klaim, diantaranya:

Apps

Dengan mengakses aplikasi t-Drive. Aplikasi ini bisa diunduh secara langsung pada di smartphone baik App Store atau Play Store.

Call TIA

Dengan layanan call center yang aktif 24 jam, kamu bisa telepon ke nomer 1500458 atau WhatsApp ke 0811 97 900 100.

Klaim online

Kamu bisa mengajukan klaim asuransi dengan mengisi formulir secara online di http://apps3.tugudrive.com/business/login.

Kantor cabang

Kamu juga bisa mendatangi langsung kantor cabang atau t-shop di kota kamu.

Cara Beli Asuransi Mobil Tugu

Salah satu cara untuk membeli asuransi Tugu Pratama adalah dengan cara mendatangi langsung kantor cabang atau agen Asuransi Mobil terdekat di kota kamu. Pastikan ketika mendatangi kantor cabang, kamu juga membawa persyaratan yang diperlukan supaya pengajuan asuransi bisa segera diproses.

Selain dengan mendatangi langsung, sekarang membeli asuransi Tugu juga bisa dilakukan dengan cara online melalui http:///www.tugu.com. Melalui laman tersebut kamu dapat mengajukan pembelian polis asuransi secara online yang lebih praktis. Tidak hanya untuk membeli, pada website ini juga bisa untuk membayar premi sampai menerima polis secara digital.

Cara Bayar Premi Asuransi Mobil Tugu

Untuk memudahkan nasabahnya, asuransi Tugu Pratama menawarkan berbagai pilihan untuk melakkukan pembayaran premi, seperti:

Collector

Caranya kamu menghubungi agen asuransi Tugu terdekat yang kemudian petugas akan mendatangi rumah kamu untuk menerima pembayaran premi asuransi.

Setor ke Kantor Asuransi

Cara yang kedua adalah dengan mendatangi langsung kantor asuransi Tugu terdekat. Kamu hanya perlu menunjukkan nomor polis dan membawa uang yang telah ditentukan untuk melakukan pembayaran.

Setor Tunai di Bank

Selain dengan mendatangi kantor asuransi secara langsung, kamu bisa membayar premi asuransi melalui setor tunai di bank. Kamu hanya perlu menunjukkan nomor rekening perusahaan asuransi Tugu yang terdapat di tagihan polis asuransi.

Transfer ATM

Jika mau antri lama di bank, kamu bisa juga melakukan pembayaran premi asuransi Tugu melalui transfer di mesin ATM. Caranya mudah cukup transferkan tagihan ke nomor rekening bank perusahaan yang terdapat di polis asuransi.

Internet Banking atau Mobile Banking

Untuk kamu yang mempunyai layanan internet atau mobile banking, kamu bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk memlakukan pembayaran premi asuransi Tugu.

Auto Debet atau Kredit

Cara lain untuk melakukan pembayar premi asuransi Tugu adalah dengan memakai Auto Debet/Kredit. Cara ini adalah cara membayar premi paling praktis karena tidak perlu melakukan transaksi setiap bulannya.

Cara Cek Polis Asuransi Mobil Tugu

Sebagai perusahaan asuransi yang terpercaya di Indonesia, Tugu Pratama sangat terbuka pada setiap transaksi yang dilakukan nasabahnya. Bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan polis Tugu Insurance broker, bisa menghubungi call center perusahaan di nomor (021) 27886600. Cara cek polis lainnya dengan mendatangi langsung kantor cabang asuransi Tugu terdekat dikota kamu.

Cara Klaim Asuransi Mobil Tugu

Cara untuk mengajukan klaim asuransi Tugu Pratama Indonesia bisa dilakukan dengan menghubungi layanan konsumen 24 jam Asuransi Tugu Pratama Indonesia, yaitu Call TIA di nomor 1500458 atau WhatsApp di 081197900100 atau email ke calltia@tugu.com.

Tetapi, secara umum pada produk Asuransi Retail, seperti T-ride, T-drive, dan T-fracture, kamu bisa melakukan pengajukan secara online dari aplikasi T-drive.

Harus diperhatikan, jika nasabah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk melakukan pengobatan alternatif atau tradisional, pastikan klinik pengobatan tersebut sudah terdaftar di dinas kesehatan setempat. Jika tidak terdaftar, proses pengajuan klaim pada Tugu Insurance tidak bisa dilakukan.

Sementara untuk mendapatkan formulir klaim bisa dengan mendatangi datang kantor cabang PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) atau dengan mengakses aplikasi T-drive atau dengan mengunjungi situs resmi Tugu di http://apps3.tugudrive.com/Business/login.

Dokumen penunjang klaim T-Fracture yang perlu disiapkan, seperti:

  • Formulir klaim T-fracture.
  • Kronologi kecelakaan yang menyebabkan retaknya tulang atau patah tulang.
  • Salinan identitas diri.
  • Surat keterangan dari rumah sakit, dokter, atau pengobatan alternatif yang dituju.
  • Nomor kartu asuransi T-fracture.
  • Hasil rontgen yang menunjukkan masalah pada tulang.
  • Dokumen pendukung lainnya yang relevan dan wajar.

Cara Berhenti Asuransi Mobil Tugu

Untuk nasabah yang ingin berhenti menjadi nasabah asuransi mobil Tugu, bisa pengajuan kepada perusahaan. Caranya sebagai berikut :

  • Hubungi kantor pemasaran asuransi Tugu terdekat dan jelaskan alasan ingin menutup polis
  • Isi dokumen yang diperlukan dengan sejelas-jelasnya
  • Lengkap persyaratan seperti fotokopi KTP, buku polis asuransi dll
  • Membayar kewajiban yang belum selesai dibayarkan seperti pajak dan administrasi

Call Center Asuransi Mobil Tugu

  • Alamat: Wisma Tugu I, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C8-9, Jakarta 12920 Indonesia
  • Nomor telepon: (021) 529 61777
  • Faximile: (021) 529 61555, 529 62555
  • Cal TIA: 1500458
  • WhatsApp: 0811 97 900 100
  • Email: calltia@tugu.com