Asuransi TLO, Mengenal Salah Satu Jenis Asuransi Mobil

Asuransi TLO, Mengenal Salah Satu Jenis Asuransi Mobil

Asuransi TLO, Mengenal Salah Satu Jenis Asuransi Mobil

Salah satu asuransi mobil adalah Asuransi TLO. Mempunyai asuransi mobil tentunya sebuah kewajiban yang harus dimiliki pemilik mobil. Asuransi secara tidak langsung melindungi kendaraan dari kemungkinan kemungkinan resiko tertentu yang mungkin bisa terjadi pada mobil kamu.

Dilansir dari Lifepal, asuransi mobil merupakan asuransi yang mengantisipasi kerugian jika kendaraan mengalami kerusakan baik ringan atau berat hingga hilang karena pencurian, akibat banjir, huru-hara, dan bencana alam. Dengan perlindungan ini perusahaan asuransi akan menutupi kerugian kendaraan jika mengalami kerusakan atau kehilangan dalam waktu 1 tahun.

Terus bagaimana dengan asuransi TLO? Berikut ulasannya.

Penjelasan Mengenai Asuransi TLO

Asuransi TLO merupakan kependekan dari Total Loss Only. Asuransi TLO memberikan perlindungan pada mobil dari kemungkinan terjadinya kehilangan. Asuransi ini menjamin resiko kerugian jarena pencurian atau kerusakan yang jika diperkirakan biaya yang dibutuhkan sama atau melebihi 75% dari harga kendaraan sebelum mengalami kerugian.

Kehilangan mobil karena tindakan orang jahat dinilai sebagai sebagai kerusakan total. Sehingga kerugian atas kehilangan tersebut akan ditanggung oleh asuransi TLO. Seperti yang sudah dibicarakan diatas asuransi TLO tidak menganggung kerusakan kendaraan kurang dari 75%. Kerusakan seperti bemper penyok atau spion hilang karena pencurian tidak bisa mendapatkan ganti rugi dari asuransi TLO. Biaya perbaikan tersebut sepenuhnya ditanggung pemilik kendaraan.

Berbeda dengan asuransi All Risk, asuransi All Risk akan melindungi mobil secara menyeluruh dari semua kerusakan. Mulai dari rusak ringan atau berat, kehilangan karena pencurian, rusak karena banjir, angina topan, badai, hujan es, sambaran petir hingga kebakaran. Semua bisa ditangguh asal sesuai dengan yang tertulis pada polis.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

Dilansir dari Lifepal, premi asuransi TLO berada pada kisaran harga 0,2% sampai 0,69% dari harga kendaraan dan hanya dibayarkan sekali untuk mendapatkan perlindungan dalam jangka waktu 1 tahun penuh. Ini sesuai dengan Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang mengatur tentang premi asuransi kendaraan. Dan juga premi pada asuransi mobil TLO lebih rendah daripada asuransi mobil All Risk.

Asuransi TLO juga menerima perlindungan untuk mobil bekas, tetapi terdapat batasan maksimal usia mobil yang diasuransikan. Usia maksimal yang bisa diasuransikan pada asuransi TLO yaitu 15 tahun. Tetapi ketentua usia maksimal mobil berbeda beda pada setiap perusahaan asuransi.

Asuransi TLO bisa di kombinasikan dengan asuransi All Risk. Kombinasi ini bisa memberikan keuntungan lebih banyak pada pemilik mobil. Misal kamu mengasuransikan mobil dengan asuransi All Risk ditahun pertama atau kedua. Dan pada tahun ketiga kamu mengasuransikan lagi mobil kamu dengan asuransi Total Loss Only. Dengan kombinasi ini kendaraan kamu bisa terlindungi dengan lebih baik seiring bertambahnya usia mobil.