Asuransi yang Diperlukan Orang Muda

Asuransi yang Diperlukan Orang Muda

Asuransi yang Diperlukan Orang Muda

Semakin bertambah umur, semakin kita menyadari betapa pentingnya menyusun rencana untuk hidup kita. Mulai dari keperluan budgeting, penjadwalan sehari-hari, penetapan tujuan hidup, dan masih banyak lagi. Tetapi masih aja ada beberapa hal dalam hidup yang tidak dapat kita prediksi. Ironisnya, peristiwa tak terduga ini menjadi salah satu alasan besar mengapa kita perlu siap dengan berbagai rencana.

Salah satu metode untuk mengatasi semua hal tak terduga dalam hidup adalah asuransi. Konsep asuransi tentu sudah tidak asing, tetapi bagi banyak fresh graduate dan first-jobbers asuransi masih dianggap sebagai ranah orang tua dan bukan sesuatu yang harus dipikirkan saat ini juga. Di langkah-langkah pertamamu menuju kedewasaan, sekarang adalah waktu paling tepat untuk mulai memikirkannya. Mulai dengan pertanyaan sederhana, “Jenis asuransi apa yang harus saya miliki sebagai orang muda?”

1. Asuransi Kesehatan

Kesehatan dan kesejahteraan adalah aset paling berharga yang kita miliki dan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita. Sakit atau kecelakaan bukanlah sesuatu yang kita inginkan, tetapi itu adalah bagian dari kehidupan yang seringkali tak terhindarkan. Oleh karena itu, asuransi kesehatan harus menjadi salah satu bentuk asuransi paling dasar yang kamu miliki. Asuransi ini dapat membantumu dalam pembayaran obat-obatan, kunjungan untuk melakukan perawatan, rawat inap di rumah sakit, dan lainnya.

Banyak perusahaan menawarkan asuransi kesehatan sebagai salah satu tunjangan kerja, dan juga ada perlindungan yang dijamin oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan, namun, tergantung pada cakupannya serta kebutuhan pribadimu, kamu bebas untuk mencari opsi lain yang mungkin lebih cocok denganmu.

2. Asuransi Jiwa

Tahukah bahwa dalam penelitian yang dilakukan Manulife pada tahun 2017, hanya 1% masyarakat Indonesia menganggap memiliki asuransi jiwa sebagai prioritas? Sebagai anak muda, sangat dimengerti bahwa gagasan tentang asuransi jiwa mungkin tampak tidak perlu. Namun penting diingat bahwa asuransi jiwa bukan untuk keuntunganmu sendiri tetapi untuk orang-orang di sekitarmu, keluarga dan tanggunganmu. Ini terutama diperlukan jika kamu adalah tulang punggung keluarga dan pencari nafkah utama.

Baca Juga :  18 Asuransi Mobil Murah Terbaik 2022 dan Tips Memilihnya

2.5 Asuransi Jiwa Kredit

Jika kamu mengambil kredit kendaraan bermotor (KKB) atau kredit pemilikan rumah (KPR), maka kamu otomatis memiliki Asuransi Jiwa Kredit. Asuransi ini berupa produk kerjasama antara bank dengan perusahaan asuransi, yang memberikan bantuan dalam pelunasan kredit apabila nasabah meninggal dunia sebelum kredit lunas.

3. Asuransi Umum

Jika Anda memiliki aset berharga, selalu bijak untuk memastikan bahwa aset tersebut dilindungi, dan asuransi umum dapat menjadi perlindungan itu. Asuransi umum termasuk asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, asuransi pengiriman, asuransi perjalanan, dan banyak lagi. Kamu bahkan mungkin sudah memiliki beberapa bentuk asuransi ini dari pembelian smartphone atau gadget terbarumu.

Ada banyak bentuk asuransi lain yang dapat kamu gunakan tergantung kebutuhanmu, dan ini hanya dasar-dasarnya. Asuransi adalah bentuk perlindungan atau semacam jaminan untuk masa depanmu. Idealnya, kamu mungkin tidak akan pernah membutuhkannya tetapi, di dunia nyata, jauh lebih baik jika kamu sudah mempersiapkan jaring pengaman untuk kehidupanmu mulai dari sekarang.