Cara Beli Obligasi Secara Online untuk Investasi, Ini Tipsnya!

Cara Beli Obligasi Secara Online untuk Investasi, Ini Tipsnya!

Cara beli obligasi memang sangat penting untuk Anda ketahui supaya bisa tahu bagaimana caranya melakukan investasi ini. Obligasi sendiri merupakan istilah di dalam pasar modal atau surat pernyataan hutang yang telah diterbitkan oleh sang penerbit.

Baik itu oleh korporasi maupun pemerintah dengan melalui Surat Berharga Negara. Banyak orang yang kini justru ingin membeli surat utang atau obligasi namun tidak mengetahui prosesnya.

Ini Cara Beli Obligasi dengan Melakukan Beberapa Tahap Paling Praktis

Kemajuan di dalam dunia digital kini banyak memberikan kemudahan serta mengubah gaya hidup seseorang. Pasalnya kemudahan ini juga berkaitan dengan perkembangan digital yang membuat kegiatan manusia lebih mudah.

Salah satunya adalah dengan melalui transaksi dalam pasar modal. Dalam hal ini pemerintahan juga akan memberi kemudakan untuk melakukan sebuah transaksi seperti surat obligasi.

Sementara itu ETP merupakan platform digital yang bisa dengan mudah untuk dipantau dengan cara online. Dalam peluncuran ETP seperti ini adalah hasil dari kerja keras bersama dengan PT KPEI dan Bank Indonesia.

Metode untuk pembelian obligasi bisa dilakukan melalui offline maupun online dengan cara membuka rekening dahulu. Untuk cara lebih lanjutnya lagi, mari simak penjelasannya berikut ini.

Unduh Aplikasi

Cara beli obligasi yang pertama untuk Anda lakukan secara online adalah dengan menginstal sebuah aplikasi di internet. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan seperti Tanamduit, Investree, Bareksa dan lain sebagainya untuk melakukan investasi.

Anda bisa menemukan aplikasi semacam itu di Google PlayStore di Android. Unduh dan instal aplikasi tersebut.

Buat Akun

Jika belum mempunyai akun di aplikasi yang sudah Anda pilih, maka langkah pertama adalah Anda wajib mengisi formulir terlebih dahulu. Misalnya saja memilih Aplikasi Tanamduit maka ikuti langkah yang ada.

Baca Juga :  Berikut Beberapa Keuntungan Investasi Properti yang Bisa Anda Peroleh!

Bahkan prosesnya lebih cepat dan dapat diselesaikan hanya dengan hitungan menit saja. Meski demikian, jangan lupa bahwa Anda sebelumnya sudah menyiapkan dokumen seperti NPWP, KTP, maupun file yang lain.

Buka Rekening

Cara beli obligasi selanjutnya jika Anda sudah mempunyai akun Tanamduit, maka kini tinggal mengikuti proses berikutnya. Meski demikian hal ini Anda tidak dapat langsung untuk membeli obligasi secara online dengan menggunakan aplikasi yang serupa.

Pasalnya nasabah lama atau nasabah baru di Tanamduit juga harus membuka rekening berupa surat berharga supaya dapat membeli obligasi online. Caranya adalah, setelah Anda berhasil login maka klik pilihan investasi SDB pada bagian beranda aplikasi tersebut.

Anda langsung akan dipandu untuk segera mengisi formulir dengan menyertakan dokumen dan persyaratan yang lain. Selanjutnya, tunggu beberapa saat sampai pihak Tanamduit benar-benar membukakan rekening tersebut.

Langsung Membeli

Setelah cara beli obligasi melalui rekening berupa surat berharga berhasil dibuat, kemudian Anda dapat menyaksikan daftar obligasi ritel. Caranya dengan menyentuh opsi SBR atau SBN yang sudah tersedia di aplikasi.

Kemudian Anda bisa langsung melihat mengenai rincian dari profil obligasi tersebut seperti minimal pemberian maupun besarnya bunga. Lalu klik Pesan dan masukkan jumlah nominal yang Anda inginkan. Setorkan dana tersebut ke rekening bank yang sudah tercantum di sana.

Besarnya jumlah keuntungan yang bisa diperoleh akan membuat banyak orang untuk pindah melakukan investasi di obligasi ini. Namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi, dipastikan bahwa sudah memilih seri mana yang cocok untuk Anda.

Bahkan cara beli obligasi saat ini bisa Anda beli dengan melalui dua tahap yang berbeda. Bisa melalui pasar sekunder maupun melalui pasar obligasi primer.