Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video – Banyak pengguna Telegram mengeluhkan masalah pada saat memutar maupun download video. Dimana jika sudah menemukan atau mendapatkan video di Telegram, saat akan memutar dan download tidak bisa dilakukan.

Hal tersebut menjadikan pengguna Telegram bingung kenapa video Telegram tidak bisa di download. Sebenarnya apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi video Telegram tidak bisa diputar dan di download?

Video di Telegram tidak bisa di download bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Misalnya terjadi masalah di aplikasi Telegram seperti Server Down, Penyimpanan Penuh maupun Cache menumpuk. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh perangkat digunakan untuk menjalankan Telegram.

Nah pada artikel kali ini, admin akan sajikan informasi mengenai cara mengatasi video di Telegram tidak bisa diputar dan di download. Namun sebelum masuk ke cara mengatasi tidak bisa download video, silahkan simak penyebab video tidak bisa memutar dan di unduh berikut ini.

Penyebab Telegram Tidak Bisa Mendownload Video

Kenapa video di Telegram tidak bisa di download? Seperti yang sudah disinggung di awal, ada 2 faktor yang mengakibatkan video Telegram tidak bisa disimpan ke memori HP. Yaitu masalah disebabkan dari aplikasi dan masalah disebabkan oleh perangkat digunakan.

Penyebab Telegram tidak bisa mendownload video diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jaringan Internet

Masalah pertama yang bisa menyebabkan video di Telegram tidak bisa di download yaitu jaringan internet. Dimana jika jaringan internet baik data selular maupun wifi yang digunakan lambat, maka akan menyebabkan video di Telegram tidak bisa di download.

Jika anda menggunakan jaringan internet yang lambat juga bisa membuat HP menjadi lemot saat menjalankan Telegram. Selain internet lambat, video Telegram yang tidak bisa di download juga bisa diakibatkan kuota di HP habis.

2. Belum Update Aplikasi

Masalah kedua yang bisa menyebabkan video di Telegram tidak bisa di download yaitu aplikasi digunakan versi lama. Dimana pada beberapa aplikasi yang belum di update besar kemungkinan akan menemukan Bug atau masalah. Begitu juga pada Telegram, jika masih menggunakan versi lama bisa terjadi Bug video tidak bisa di download.

3. Masalah Server Telegram

Penyebab ketiga yang bisa mengakibatkan video di Telegram tidak bisa di download yaitu adanya masalah pada server Telegram. Pasalnya Telegram menggunakan server untuk menyimpan dan mentransmisikan file maupun data secara online atau Cloud. Sehingga jika server Telegram sedang dilakukan pemeliharaan atau sedang mengalami masalah bisa menyebabkan video di Telegram tidak bisa diputar atau di download.

4. Terlalu Banyak Bergabung Grup Atau Channel

Penyebab keempat yang bisa mengakibatkan video tidak bisa di download yaitu dikarenakan anda terlalu banyak bergabung Grup atau terlalu banyak mengikuti Channel. Pasalnya grup atau Channel juga membutuhkan ruang penyimpanan Cloud cukup besar untuk menyimpan video maupun file lainnya.

5. Ruang Penyimpanan Telegram Penuh

Hampir mirip dengan banyak bergabung Grup atau Channel, penyimpanan data di Telegram terlalu banyak juga bisa menyebabkan video di Telegram tidak bisa di download. Pasalnya di Telegram anda hanya bisa menggunakan penyimpanan dalam aplikasi sebesar 1,5 GB tiap file. Jadi jika penyimpanan data lokal penuh bisa menyebabkan masalah video tidak bisa di download.

6. Cache Telegram Menumpuk

Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan video di Telegram tidak bisa memutar dan di download bisa diakibatkan file Cache Telegram menumpuk. Pasalnya setiap anda menggunakan Telegram untuk mengirim maupun menerima file akan menghasilkan sampah atau Cache. Sehingga jika terlalu banyak Cache menumpuk akan mempengaruhi kinerja Telegram.

7. Smartphone Mengalami Masalah

Kenapa Video di Telegram tidak bisa di download ke Galeri? Video di Telegram tidak bisa di download ke Galeri bisa disebabkan oleh masalah pada perangkat HP digunakan. Misalnya masalah pada Cache Smartphone sudah banyak atau bisa juga karena penyimpanan internal penuh. Dimana jika hal tersebut terjadi juga akan mempengaruhi kinerja Telegram saat digunakan untuk download video.

Nah setelah mengetahui beberapa masalah yang mengakibatkan video di Telegram tidak bisa memutar dan di download, berikut ini akan admin Im3buzz sajikan cara-cara bisa dicoba untuk mengatasi video Telegram tidak bisa memutar dan di download. Simak ulasan mengenai cara-cara mengatasi video Telegram tidak dapat di unduh berikut ini.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Download Video

Cara mengatasi video Telegram tidak dapat di unduh bisa dicoba dengan melihat penyebabnya. Sehingga nantinya dengan menggunakan cara mengatasi yang tepat, akan membuat video Telegram bisa diputar dan di unduh kembali.

Baca Juga :  Cara Mengubah Video Menjadi Audio Di Telegram

Cara mengatasi video Telegram tidak bisa download adalah sebagai berikut :

1. Gunakan Jaringan Internet Yang Stabil

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video menggunakan wifi yaitu dengan menggunakan jaringan internet stabil serta bagus. Sehingga nantinya dengan pakai jaringan wifi maupun internet di HP yang bagus dan cepat akan mengatasi video Telegram tidak bisa memutar dan tidak bisa disimpan ke penyimpanan perangkat. Cara mengatasi dengan mengganti jaringan internet sangat cocok dicoba buat anda yang menggunakan internet lambat dan tidak bagus.

2. Memperbarui Versi Telegram

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video kedua yaitu dengan memperbarui versi aplikasi Telegram. Cara mengatasi dengan update Telegram ke versi terbaru sangat cocok dilakukan oleh anda yang masih menggunakan Telegram versi lama. Sehingga nantinya video Telegram bisa kembali diputar dan di download.

3. Keluar Grup Atau Channel

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video ketiga yaitu dengan keluar dari Grup atau Channel Telegram. Silahkan sisakan Grup atau Channel yang penting saja. Sehingga akan mengurangi pemakaian penyimpanan data di Telegram. Cara mengatasi ini sangat cocok dicoba bagi anda yang memiliki banyak Grup dan Channel di Telegram.

4. Hapus Pangkalan Data Lokal Di Telegram

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video keempat yaitu dengan menghapus data lokal di Telegram. Anda bisa menemukan fitur menghapus data penyimpanan melalui menu Pengaturan Telegram.

Cara hapus penyimpanan data di Telegram adalah sebagai berikut :

  • Buka Menu Pengaturan
    Langkah pertama silahkan jalankan Telegram, lalu ketuk ikon Garis Tiga Vertikal di pojok kiri atas, lalu silahkan ketuk menu Pengaturan.
  • Pilih Data dan Penyimpanan
    Langkah kedua yaitu pilih opsi Data dan Penyimpanan di Telegram.
  • Ketuk Pemakaian Penyimpanan
    Langkah ketiga silahkan ketuk Pemakaian Penyimpanan untuk menemukan opsi hapus data.
  • Ketuk Hapus Pangkalan Data Lokal
    Selanjutnya silahkan ketuk Hapus Pangkalan Data Lokal untuk membersihkan data di penyimpanan Telegram.
  • Konfirmasi Hapus data basis lokal
    Kemudian silahkan konfirmasi menghapus data dengan cara ketuk Hapus.

Nah dengan menghapus data lokal di Telegram akan membantu mengatasi masalah video Telegram tidak bisa di download.

5. Hapus Cache Telegram

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video keempat yaitu dengan menghapus Cache Telegram. Anda bisa menemukan fitur menghapus Cache Telegram melalui menu Pengaturan Telegram.

Cara hapus Cache Telegram adalah sebagai berikut :

  • Buka Menu Pengaturan
    Langkah pertama silahkan jalankan Telegram, lalu ketuk ikon Garis Tiga Vertikal di pojok kiri atas, lalu silahkan ketuk menu Pengaturan.
  • Pilih Data dan Penyimpanan
    Langkah kedua yaitu pilih opsi Data dan Penyimpanan di Telegram.
  • Ketuk Pemakaian Penyimpanan
    Langkah ketiga silahkan ketuk Pemakaian Penyimpanan untuk menemukan opsi hapus Cache.
  • Ketuk Bersihkan Cache Telegram
    Selanjutnya silahkan ketuk Bersihkan Cache untuk membersihkan semua Cache di Telegram.
  • Konfirmasi Hapus Cache Telegram
    Kemudian silahkan konfirmasi menghapus Cache dengan cara ketuk Bersihkan Cache.
  • Selesai Menghapus Cache Telegram
    Nah dengan menghapus data lokal di Telegram akan membantu mengatasi masalah video Telegram tidak bisa di download.

6. Restart HP

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video selanjutnya bisa dicoba dengan melakukan Restart Smartphone. Cara mengatasi ini sangat cocok dilakukan buat anda yang mengalami masalah tidak bisa download video di Telegram dikarenakan HP digunakan mempunyai banyak sampah atau Cache penggunaan aplikasi. Sehingga nantinya HP anda akan membantu mengatasi video Telegram tidak bisa di download.

7. Menunggu Server Telegram Kembali Normal

Cara mengatasi Telegram tidak bisa download video terakhir yaitu dengan menunggu server Telegram kembali normal. Pasalnya jika sedang dilakukan pemeliharaan atau perbaikan akan sedikit membutuhkan waktu. Untuk itu silahkan tunggu sampai Server Telegram kembali seperti semula agar anda bisa mengatasi video Telegram yang tidak bisa di download.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa video Telegram tidak bisa didownload bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Seperti jaringan internet atau wifi, versi Telegram membutuhkan update, banyak Cache di Telegram serta bisa juga disebabkan adanya masalah pada HP digunakan.

Cara mengatasi tidak bisa memutar dan mengunduh video di Telegram dapat dilakukan dengan sesuai penyebabnya. Sehingga cara digunakan akan sesuai dengan masalah sedang di alami saat tidak bisa download video di Telegram.