Cara Mengatasi WhatsApp Lemot Supaya Lancar Kembali

Cara Mengatasi WhatsApp Lemot Supaya Lancar Kembali

Cara mengatasi WhatsApp lemot supaya lancar kembali – Aplikasi WhatsApp bisa kita katakan sebagai salah satu aplikasi yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Terlebih lagi bagi mereka yang bekerja di kantoran. Atau bagi mereka yang berstatus sebagai mahasiswa atau pelajar.

Karena pada umumnya banyak sekali Informasi yang disampaikan lewat grup-grup WhatsApp. Sangat wajar kalau kemudian banyak para pengguna Whatsapp yang khawatir ketika WhatsAppnya lemot. Sehingga mengganggu aktivitas mereka ketika Berselancar Di aplikasi tersebut.

Tapi nggak usah khawatir karena sebenarnya ada beberapa cara mengatasi WhatsApp lemot supaya lancar kembali yang mungkin bisa Anda coba nantinya. Bagi yang penasaran bisa langsung saja simak cara mengatasi WhatsApp lemot supaya lancar kembali berikut ini.

Cara mengatasi WhatsApp lemot supaya lancar kembali

Ketika WhatsApp lemot tentu akan berpengaruh terhadap aktivitas kita saat berkomunikasi. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang notabene nya adalah aplikasi berkirim pesan instan yang cukup mudah dan sederhana untuk digunakan.

Dan untuk saat ini WhatsApp merupakan media sosial atau aplikasi berkirim pesan instan yang paling banyak digunakan di tanah air. Sebelum mengatasi WhatsApp yang lemot tentu anda harus mencari tahu terlebih dahulu kira-kira Apa saja sih yang menyebabkan WhatsApp Anda bisa lemot.

Dan secara umum permasalahannya hanya seputar sampah aplikasi yang sudah terlalu banyak, aplikasi yang digunakan versi lama, dan lain sebagainya. Untuk itu silakan analisis terlebih dahulu kira-kira Apa penyebabnya dan ikuti cara mengatasinya berikut ini.

Mengupdate aplikasi WhatsApp

Salah satu penyebab paling umum dan paling sering dialami oleh para pengguna Whatsapp ialah aplikasi yang digunakan oleh mereka merupakan versi lawas. Dan ini mungkin juga akan anda alami. Ketika anda menggunakan WhatsApp versi lawas tentu akan membuat aplikasinya tidak bekerja sebagaimana biasanya.

Selain lambat, aplikasi ini juga mungkin akan membuat beberapa perintah tidak direspon. Maka dari itu kalau anda merasa bahwa sudah lama aplikasi tersebut tidak di-update mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengupdate aplikasi whatsapp-nya.

Anda dapat langsung mengupdate aplikasi WhatsApp lewat Google Play Store. Atau kalau misalnya anda merupakan pengguna iOS bisa langsung mengupdate-nya di Appstore. Nah untuk pengguna Google Play Store bisa langsung buka saja aplikasi Google Play store-nya di HP.

Kemudian klik pada bagian menu pencarian, dan ketik tulisan WhatsApp. Kemudian enter. Ketika sudah ada hasil pencarian bisa langsung klik pada aplikasi WhatsApp yang paling atas dan tinggal klik tulisan pembaruan atau update di sebelah kanannya.

Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai. Kalau sudah seperti itu maka sekarang anda sudah menggunakan versi yang terbaru dan dapat menggunakannya dengan lancar dan tanpa kendala apapun.

Membersihkan RAM Ponsel

Adapun cara mengatasi WhatsApp lemot supaya lancar kembali yang berikutnya ialah dengan membersihkan ruang penyimpanan ponsel Anda. Karena ternyata ruang penyimpanan yang penuh juga menjadi salah satu penyebab aplikasi WhatsApp menjadi lemot.

Dalam membersihkan penyimpanan anda dapat memanfaatkan fitur yang disediakan oleh ponsel atau bisa juga dengan mendownload aplikasi pihak ketiga. Karena untuk saat ini sudah banyak banget kok aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membersihkan ruang penyimpanan Anda supaya lega kembali.

Hapus pesan di WhatsApp

Sejauh ini tampaknya masih banyak sekali para pengguna Whatsapp yang belum menyadari bahwasanya pesan-pesan lama juga akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi WhatsApp yang digunakan. Jadi buat Anda yang sampai saat ini masih sering menumpuk pesan-pesan lama mungkin sudah saatnya untuk membersihkan pesan-pesan tersebut.

Baca Juga :  Aplikasi Torrent Terbaik untuk Smartphone Android

Toh kadang-kadang pesan yang tertumpuk tidak lagi digunakan. Daripada menimbun pesan yang tidak digunakan dan akan berakibat buruk terhadap aplikasi, mending langsung dihapus aja. Caranya cukup mudah kok. Tinggal buka saja aplikasi WhatsApp yang ada, pilih menu pesan ataupun obrolan yang akan anda hapus.

Klik sampai ada icon sampah di bagian atasnya. Dan terakhir klik icon sampah tersebut dan klik tulisan Hapus. Anda dapat melakukan cara ya sama untuk menghapus pesan-pesan yang lainnya. Dengan demikian maka aplikasi WhatsApp anda bisa berjalan dengan lancar kembali.

Menghapus sampah dan data aplikasi

Cara mengatasi WhatsApp lemot yang lainnya ialah dengan menghapus sampah aplikasi dan data WhatsApp. Berhubung aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling sering anda gunakan tentu sampah aplikasinya juga termasuk sampah yang paling besar.

Apalagi kalau anda belum tahu bagaimana cara menghapus atau membersihkan sampah aplikasi. Untuk caranya sendiri tergolong mudah kok. Dan siapa yang menyangka bahwasanya dengan menghapus sampah aplikasi akan memberikan dampak yang buruk terhadap kinerja aplikasi yang Anda gunakan.

Termasuk pada aplikasi WhatsApp. Adapun cara yang bisa anda lakukan ialah dengan membuka menu pengaturan pada ponsel, dan tinggal masuk saja ke menu daftar aplikasi. Anda bisa memilih kelola aplikasi, dan tinggal cari aplikasi WhatsApp. Pilih hapus data yang terletak di bagian paling bawah.

Restart ponsel

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan ialah dengan merestart ponsel. Ketika sebuah ponsel di restart maka ada beberapa sistem bermasalah yang akan diatasi. Maka dari itu jangan ragu untuk merestart ponsel Anda ketika mendapati aplikasi WhatsAppnya lemot.

Menghapus media terkirim di bagian folder WhatsApp

Media yang sudah kita kirimkan ke orang lain lewat aplikasi WhatsApp pada umumnya juga membebani aplikasi tersebut. Apalagi kalau belum pernah anda hapus sama sekali. Untuk itu silakan dihapus supaya aplikasinya bisa normal kembali.

Adapun cara menghapus media terkirim di bagian folder WhatsApp bisa anda lakukan dengan memanfaatkan menu file manager. Kemudian bisa pilih penyimpanan telepon, dan tinggal cari folder WhatsApp di bagian penyimpanan telepon tadi.

Berikutnya Anda dapat menghapus media pada folder tersebut sesuai keinginan. Tandai file-file yang akan dihapus dan klik tulisan hapus file. Ketika akan menghapus file yang sudah pernah terkirim Anda harus memastikan bahwasanya file tersebut memang benar-benar sudah tidak dibutuhkan lagi.

Karena nantinya kalian telah dihapus enggak bakalan bisa dikembalikan. Atau Cara lainnya agar tidak terlalu banyak media yang masuk Anda bisa menonaktifkan fitur download otomatis pada aplikasi WhatsApp. Supaya nantinya media yang terkirim hanya akan terdownload Ketika anda mendownloadnya.

Karena kalau membiarkan aplikasi mendownload secara otomatis tentu bukan hanya sekedar akan memenuhi ruang penyimpanan saja. Tapi juga bakalan menyedot atau memakan paket internet anda.

Menginstal ulang aplikasi

Cara berikutnya ialah dengan menginstal ulang aplikasi WhatsApp yang ada pada ponsel. Cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah WhatsApp yang lemot.

Anda tinggal menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi WhatsAppnya saja. Kemudian bisa mendownloadnya kembali. Namun pastikan bahwa anda sudah menyimpan data-data untuk mengakses aplikasinya kembali. Karena nantinya Anda pasti diminta untuk login kembali.

Itulah dia beberapa cara mengatasi WhatsApp lemot supaya lancar kembali yang meski anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.