Cara Mengatur Gaji Bulanan Biar Bisa Nabung Makin Banyak

Cara Mengatur Gaji Bulanan Biar Bisa Nabung Makin Banyak

Cara mengatur gaji bulanan sangat penting untuk dilakukan dengan benar. Ada kalanya seseorang kesulitan mengatur gaji yang diterimanya tiap bulan. Biasanya, seiring usia seseorang bertambah, kebutuhan juga semakin kompleks. Selain itu, bisa mengatur gaji nggak dipengaruhi oleh nominal gajinya. Soalnya, semakin besar gaji tersebut sering kali makin banyak juga pengeluaran kamu. Yuk, kita simak ulasan selengkapnya tentang cara mengatur gaji.

Mengapa Seseorang Sulit Mengelola Gaji Bulanan?

sulit-mengatur-gaji

Jadi begini, mengatur gaji kamu nggak selalu berkaitan dengan besaran gaji yang kamu peroleh. Seperti yang dibilang tadi, saat gaji naik maka keperluan seakan selalu ikut bertambah. Sebenarnya, pengeluaran ini terjadi karena gaya hidup yang ikut berubah, tanggung jawab juga meningkat, sampai akhirnya seseorang menganggap sepele anggaran pengeluaran dan nggak membuat catatan keuangan.

Seperti dilansir dari Forbes, menurut studi Reserve Board, “53 persen orang mampu memenuhi kebutuhan ‘darurat’ tanpa menjual barang atau berutang”. Nah, itu artinya di sejumlah kasus, masalah finansial bukan disebabkan oleh kekurangan gaji, tapi penggunaannya yang nggak terkendali.

mengelola-gaji-bulanan

Makanya, terlepas dari nominal penghasilan kamu, penting banget untuk mengetahui cara yang benar dalam mengelola gaji. Jadi, kamu bisa memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menyisihkan uangmu untuk ditabung dan berinvestasi. Cara mengatur gaji bulanan sebenarnya simpel, asalkan kamu berkomitmen terhadap dirimu sendiri. Berikut cara bijak untuk mengatur gaji bulanan.

1. Mengetahui Pendapatan Per Bulan

Pertama-tama, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui pemasukan tiap bulan. Ketahui jumlah pendapatan bersih kamu per bulan. Jangan lupa untuk memotongnya dengan biaya tetap seperti iuran, asuransi, pajak atau keperluan bisnis. Semestinya langkah awal ini bakal membuat catatan finansialmu nggak meleset.

2. Membuat Rencana Pengeluaran

membuat-rencana-keuangan

Cara mengatur gaji bulanan selanjutnya adalah membuat rencana pengeluaran. Pengeluaran ini adalah biaya tetap yang harus kamu bayar. Seperti biaya listrik, air, pulsa, transportasi, iuran, asuransi dan sebagainya. Kemudian, gajimu dikurangi oleh semua biaya tetap ini, itulah jumlah bersihnya.

3. Membuat Daftar Kebutuhan

Selanjutnya, kamu bisa bikin daftar kebutuhan apa saja yang kamu harus beli. Kamu perlu ingat kalau kebutuhan bukan keinginan. Jadi, bedakan mana yang memang wajib kamu bayar dan yang sekadar merupakan keinginan kamu sendiri. Bikin daftar yang detail biar nggak ada yang terlewat.

4. Menabung di Awal Bulan

Menabung termasuk cara mengatur gaji bulanan yang sangat penting. Untuk jumlah nominalnya disesuaikan saja dengan kemampuan. Idealnya, menabung adalah 20 persen dari gaji. Pastikan juga kamu langsung menabung setelah gajian biar uangmu nggak keburu habis terpakai.

Baca Juga :  6 Tips Atur Uang Anak Kost, Aman Sampai Akhir Bulan!

5. Membuka Dua Rekening

dua-rekening

Nah, memiliki dua rekening bakal sangat memudahkanmu dalam menabung. Jadi, kamu bisa pisahkan antara bujet untuk keperluan dan tabunganmu. Buatlah rekening tabungan dengan biaya administrasi rendah dan nggak perlu pakai kartu ATM. Ini adalah cara mengatur gaji bulanan yang baik dan bijak serta bemanfaat untuk jangka panjang.

6. Membawa Uang Tunai Secukupnya

uang-tunai-secukupnya

Kadang kita terjebak oleh uang tunai atau cash. Kalau bawa banyak uang tunai, maka kamu bakal merasa perlu menghabiskannya. Makanya, saat sedang keluar bawalah uang tunai secukupnya saja di dalam dompetmu. Kamu jadi berpikir ulang kalau mau beli ini itu, karena tahu uang tunaimu terbatas.

7. Mencatat dan Membatasi Pengeluaran Harian

membatasi-pengeluaran-bulanan

Tanpa terasa, pengeluaran harian berpengaruh besar terhadap seluruh kondisi finansialmu. Nah, cara cerdas untuk mengelolanya yaitu dengan mencatat pengeluaran harian. Boleh kamu catat di smartphone atau di buku catatan. Dari sini kamu jadi tahu kamu gunakan bujetmu untuk beli apa saja sehari-hari, dan berapa rincian biaya yang kamu keluarkan. Nanti, batasilah pengeluaranmu dengan nggak membeli barang yang nggak kamu butuhkan.

8. Menjadwalkan Belanja Kebutuhan Pakaian

menjadwalkan-waktu-belanja-bulanan

Bagi sebagian orang, belanja barang-barang kebutuhan fashion seperti pakaian, baju, tas, sepatu menjadi pengeluaran yang paling besar tiap bulan. Jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu tinggal menyiasatinya. Jadwalkan belanja baju dua bulan sekali saja. Anggarkan juga biaya maksimal untuk beli baju. Sementara, untuk tas dan sepatu bisa kamu beli saat sudah nggak layak pakai atau rusak saja. Waktu beli yang baru, pilih barang berkualitas bagus biar awet buat kamu.

9. Berteman dengan Mereka yang Bergaya Hidup Sederhana

gaya-hidup-sederhana

Teman dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap gaya hidupmu. Biasanya, kamu akan menjadi orang seperti teman-teman terdekatmu. Kalau temanmu suka belanja barang mewah atau makan di restoran mahal, maka kamu akan terbawa dengan gaya hidup tersebut. Padahal, sebenarnya ini nggak perlu-perlu amat dan malah bikin pengeluaranmu membengkak. Bertemanlah dengan mereka yang sederhana maka kamu nggak bakal hedon.

Demikian cara mengatur gaji bulanan dengan tepat. Nah, ada satu lagi yang terakhir yaitu soal pola pikir. Nggak jarang, seseorang sulit mengatur gaji karena ada mindset “aku kaya” setelah gajian. Makanya, terasa segampang itu menghamburkan uang untuk membeli semua yang diinginkan.

Padahal, sebenarnya nggak terlalu butuh. Bahkan, barang yang dibeli nggak pernah dipakai kemudian. Jadi, ingat bahwa gajimu penting untuk kondisi finansial kamu dalam jangka panjang. Selalu ingat untuk menabung, berhemat dan kalau bisa mulailah berinvestasi sejak kini.