Cara Mengatur Jam di Laptop Windows 10

Cara Mengatur Jam di Laptop Windows 10

Cara mengatur jam di laptop Windows 10 – Untuk saat ini tampaknya banyak banget masyarakat kita yang berusaha untuk mengupdate Windows mereka ke Windows 10 yang terbaru. Hal ini mungkin dikarenakan ada banyak sekali hal-hal menarik dari Windows 10.

Nah untuk mengatur jam di Windows 10 tergolong cukup mudah. Karena pengaturan jamnya sendiri dipusatkan di satu menu saja. Yakni di menu date And Time. Dan untuk mengakses menu tersebut pengguna dapat memanfaatkan kontrol panel.

Menu date And Time yang tersedia di Windows 10 tergolong cukup lengkap. Cara mengaturnya juga tergolong sangat sederhana dan mudah. Dan menariknya lagi setiap pengguna dapat mengatur jam se detail mungkin. Mulai dari menit sampai dengan detiknya.

Untuk cara mengatur jam di laptop Windows 10 juga nggak perlu bantuan dari aplikasi-aplikasi yang lain. Hal ini dikarenakan windowsnya memang sudah memfasilitasi hal tersebut.

Sayangnya, mungkin masih ada para pengguna Windows 10 yang bingung Gimana sih cara mengatur jam di laptop Windows 10 yang dimilikinya. Nah kalau anda termasuk salah satunya bisa langsung ikuti saja beberapa cara mengatur jam di laptop Windows 10 berikut ini.

Cara mengatur jam di laptop

Pada umumnya terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan. Namun cara yang paling umum ialah dengan memanfaatkan kontrol panel dan juga Windows setting. Buat Yang penasaran bisa simak saja caranya berikut ini.

Lewat control panel

Untuk cara mengatur jam di laptop yang pertama ialah dengan memanfaatkan control panel. Kontrol panel sendiri merupakan sebuah menu yang tersedia di Windows 10. Dan di dalamnya ada banyak sekali pengaturan-pengaturan yang dapat kita lakukan. Termasuk untuk mengubah Date and Time.

Adapun caranya ialah dengan mengklik tombol Windows + R,. Maka akan terlihat jendela run. Ketikan kontrol panel dan enter. Dengan demikian akan terlihat jendela control panel dan Klik di bagian clock and region. Pada menu tersebut ada dua menu yaitu Date and time dan menu region.

Baca Juga :  Aplikasi To Do List yang Bikin Produktif

Di menu region Anda bisa memilih format waktu yang diinginkan. Sementara untuk mengatur jamnya dapat memanfaatkan fitur yang satu lagi. Klik saja pada menu date And Time. Kemudian Tinggal atur saja jam dan juga zona waktu yang akan digunakan.

Klik change date And Time agar bisa mengatur jam serta tanggal. Kemudian klik lagi change Timezone agar bisa mengganti zona waktunya. Di bagian additional Clocks silahkan tambahkan jumlah jam. Kemudian centang di bagian show this clock agar bisa menambahkan jamnya.

Sekarang silakan atur waktu, nama jam, sampai dengan jamnya. Pada bagian internet Time silakan diatur dan disinkronisasi jamnya dengan waktu internet. Kalau semuanya sudah selesai Anda atur maka tinggal klik apply dan oke.

Lewat Windows setting

Selain dapat mengatur jam di laptop lewat menu control panel Anda juga dapat mengatur jam lewat Menu Windows setting. Hal ini dikarenakan Windows 10 telah dilengkapi dengan Menu Windows setting yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan pengaturan banyak hal secara mudah dan cepat.

Termasuk untuk Anda yang ingin mengatur waktu secara khusus lewat menu ini. Adapun caranya ialah dengan mengklik menu start pada Windows dan pilih setting. Ketika jendela Windows sudah muncul klik time and language. Dari sana anda dapat melihat menu current date And Time.

Kemudian aktifkan Set time and zone automatically agar bisa mengatur waktu secara otomatis. Kalau ingin mengaturnya secara manual maka tinggal matikan saja kedua opsi tadi. Sementara pada bagian set the date And Time manually Anda bisa mengklik tulisan change.

Dengan demikian maka akan terlihat jendela change date And Time. Silakan atur tanggal serta jam pada laptop anda. Cara mengatur jam di laptop yang terakhir ialah dengan mengklik tulisan change.

Nah itulah dia dua cara mengatur yang di laptop Windows 10 yang mesti diperhatikan. Dan sekarang anda sudah bisa mengatur jam sendiri dengan sangat mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga berhasil.