Cara Pesan Suara Di Telegram : Voice & Video Note

Cara Pesan Suara Di Telegram : Voice & Video Note

Cara Pesan Suara di Telegram – Pada beberapa aplikasi pengirim pesan instan online sudah memiliki fitur pesan suara atau voice note (VN). Voice note merupakan suatu pesan yang bukan berupa teks atau tulisan, tetapi berupa rekaman suara secara langsung di ruang obrolan. Pengguna bisa mengirim pesan suara di obrolan pribadi, grup, Channel dan Anonymous Chat.

Selain pesan suara, Telegram juga bisa untuk mengirim pesan video di ruang obrolan. Dimana pesan video sampai saat ini belum ada di aplikasi Chatting lainnya. Namun bagaimana cara melakukan voice note di Telegram?

Cara pesan suara di Telegram bisa dilakukan dengan membuka obrolan terlebih dahulu. Pasalnya voice dab video note Telegram hanya dapat dilakukan setelah masuk di ruang obrolan. Yaitu dengan menekan tombol Mic pada kolom kirim pesan.

Nah pada artikel kali ini, admin akan menyajikan cara mengirim pesan suara dan video di Telegram. Namun sebelum masuk ke cara-cara kirim voice dan video note, silahkan simak terlebih dahulu cara mengaktifkan suara di Telegram berikut ini.

Cara Mengaktifkan Suara Di Telegram

Banyak pengguna Telegram yang bertanya-tanya, kenapa tidak bisa voice note di Telegram? Hal tersebut terjadi dikarenakan perizinan penggunaan suara di Telegram belum di aktifkan. Nah untuk itu silahkan aktifkan terlebih dahulu suara di Telegram, agar dapat mengirim voice note.

Cara mengaktifkan suara di Telegram adalah sebagai berikut :

1. Buka Menu Pengaturan Aplikasi

Langkah pertama silahkan jalankan menu pengaturan aplikasi di HP.

2. Cari Aplikasi Telegram

Langkah kedua yaitu cari aplikasi Telegram untuk mengaktifkan suara.

3. Aktifkan Suara Di Telegram

Selanjutnya silahkan aktifkan suara di Telegram dengan cara ketuk Perizinan Apl > Pilih Mikrofon > Tap Izinkan.

4. Selesai Mengaktifkan Suara Di Telegram

Nah sekarang anda sudah berhasil mencoba cara mengaktifkan suara di Telegram.

Setelah mengaktifkan suara di Telegram, sekarang anda sudah bisa mengirim obrolan suara dan video di Telegram. Simak ulasan cara kirim pesan suara dan pesan video berikut ini.

Cara Mengirim Pesan Suara Di Telegram

Seperti yang sudah disinggung di awal, cara mengirim pesan suara yaitu dengan membuka obrolan terlebih dahulu. Kemudian setelah masuk di ruang obrolan silahkan kirim pesan suara dengan cara menekan tombol Mic.

Cara mengirim pesan suara di Telegram adalah sebagai berikut :

1. Buat Obrolan Di Telegram

Langkah pertama, silakan jalankan Telegram, lalu buat ruang obrolan dengan kontak Telegram untuk memulai mengirim VN.

2. Proses Membuat Pesan Suara

Langkah kedua, silahkan lakukan mengirim pesan suara setelah berada di ruang obrolan. Yaitu dengan cara ketuk dan tahan tombol Mic, serta bisa juga dengan ketuk dan tarik keatas tombol Mic sampai tombol terkunci. Setelah itu silahkan masukkan suara untuk di kirim di ruang Chat tersebut.

3. Selesai Mengirim Pesan Suara

Nah sekarang anda sudah berhasil mencoba cara mengirim voice note di Telegram.

Selain dapat mengirim pesan suara, pada obrolan Telegram juga bisa dilakukan untuk mengirim pesan video. Simak cara kirim pesan video Telegram berikut ini.

Cara Mengirim Pesan Video Di Telegram

Apa itu pesan video di Telegram? Pesan video merupakan gabungan pesan suara dan tangkapan kamera yang dibuat secara langsung menggunakan tombol pesan suara yang mirip dengan logo Instagram. Mengirim pesan video berbeda dengan mengirim file video yang diambil dari galeri HP atau penyimpanan HP.

Cara mengirim pesan video di Telegram adalah sebagai berikut :

1. Buka Obrolan Di Telegram

Langkah pertama, silakan jalankan Telegram, lalu buka ruang obrolan dengan kontak Telegram untuk memulai mengirim pesan video.

2. Ketuk Tombol Mic

Langkah kedua yaitu ketuk tombol Mikrofon satu kali untuk mengubah menjadi tombol mirip logo Instagram.

Baca Juga :  6 Cara Mengganti Bahasa Di Telegram : Indonesia, Jawa & Bahasa Gaul

3. Proses Membuat Pesan Video

Selanjutnya silahkan lalukan membuat pesan video seperti membuat pesan suara. Yaitu dapat dengan tekan dan tahan tombol logo Instagram, serta bisa juga dengan ketuk dan tarik ke atas sampai tombol buat pesan video terkunci. Setelah itu silahkan masukkan suara dan tangkapan layar kamera untuk di kirim di ruang Chat tersebut.

4. Selesai Mengirim Pesan Video

Nah sekarang anda sudah berhasil mencoba cara mengirim pesan video di Telegram.

Setelah mengetahui cara-cara kirim pesan suara di Telegram, sekarang bagaimana jika anda ingin menyimpan pesan suara dari Telegram ke galeri atau penyimpanan Telepon? Simak cara menyimpan pesan suara ke penyimpanan Telepon berikut ini.

Cara Menyimpan Pesan Suara Dari Telegram

Voice note yang sudah terkirim sebenarnya sudah secara otomatis tersimpan di folder Telegram di File Manager. Namun format file dalam folder tersebut yaitu berupa ekstensi OGG. Dimana pada beberapa Smartphone ada yang tidak bisa membaca ekstensi OGG. Untuk itu silahkan lalukan konversi ke ekstensi lainnya seperti MP3 atau MP4.

Cara menyimpan pesan suara dari Telegram ke galeri adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi Situs Online Audio Converter

Langkah pertama silahkan buka web browser, kemudian kunjungi situs online audio converter. Yaitu dengan cara ketik online audio converter di kolom pencarian Google.

2. Tap Buka File

Langkah kedua setelah masuk di situs converter audio, silahkan masukkan file OGG pesan suara untuk di konversi menjadi MP3. Yaitu dengan cara tap Buka File > Pilih File Manager > lalu pilih dan buka folder Telegram > buka Telegram audio.

3. Cari File Voice Note Telegram

Langkah ketiga yaitu cari file OGG pesan suara pada folder Telegram audio.

4. Ketuk Konversikan

Selanjutnya silahkan ketuk Konversikan untuk mengubah ekstensi OGG menjadi MP3.

5. Tap Download

Kemudian silahkan tap download setelah pesan suara ekstensi OGG diubah menjadi MP3.

6. Selesai Menyimpan Pesan Suara Dari Telegram

Nah sekarang anda sudah berhasil mencoba cara menyimpan pesan suara dari Telegram ke galeri dengan format MP3. Jika pesan suara sudah berupa MP3, anda bisa membagikannya ke aplikasi lain seperti Whatsapp atau aplikasi Chatting lainnya.

Mungkin pada saat membuat pesan suara, anda mengalami kesalahan atau salah dalam mengatakan sesuatu. Apakah pesan suara Telegram bisa dibatalkan? Serta bagaimana cara membatalkan pesan suara di Telegram? Simak cara membatalkan pesan suara di Telegram berikut ini.

Cara Membatalkan Pesan Suara Di Telegram

Cara Membatalkan Pesan Suara di Telegram

Cara membatalkan pesan suara, bisa dilakukan sebelum dikirim dan sesudah di kirim. Ada 2 cara untuk membatalkan voice note di Telegram. Pertama yaitu dengan menggeser tombol Mic kearah kiri pada saat membuat pesan suara dengan cara ketuk dan tahan tombol Mic. Kedua yaitu dengan cara ketuk Batal pada saat membuat pesan suara dengan cara ketuk dan tarik keatas tombol Mic.

Namun jika pesan suara sudah terkirim, anda bisa membatalkannya dengan cara mengetuk dan tahan pesan suara yang terkirim lalu tap Hapus. Dengan begitu nantinya pesan suara terkirim akan terhapus di ruang obrolan tersebut.

FAQ

Berapa limit durasi mengirim voice note di Telegram?

Durasi pesan suara di Telegram bisa dibuat lebih dari 1 jam panjangnya.

Kenapa voice note di Telegram jadi video?

Tombol pesan suara sudah diubah menjadi tombol pesan video.

Kenapa voice note di Telegram jadi cepat?

Fitur putar pesan suara 2x kecepatan aktif.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan ulasan di atas, bahwa cara menggunakan pesan suara di Telegram dapat dicoba dengan cara mengaktifkan suara dulu di Telegram, yaitu dengan mengaktifkan perizinan Mikrofon di menu Pengaturan Aplikasi. Selain dapat mengirim pesan suara, pengguna bisa bisa mengirim pesan video dengan cara mengetuk tombol Mic menjadi tombol seperti logo Instagram.