Cobain Cara Menabung Unik Ini Biar Lebih Hemat!

Cobain Cara Menabung Unik Ini Biar Lebih Hemat!

Cobain Cara Menabung Unik Ini Biar Lebih Hemat!

Salah satu cara menabung unik yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan tabel harian. Menggunakan tabel harian dapat dijadikan sebagai cara efektif agar bisa mencapai target keuangan yang kamu inginkan.

Menabung memang tidak harus selalu dengan menyisihkan penghasilan bulanan. Kamu juga bisa melakukannya setiap hari, sedikit demi sedikit. Tidak hanya sekedar mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu, tabel harian ini juga dapat membentuk kebiasaan menabung jangka panjang.

Hasilnya, kamu bisa mengatur keuangan yang jauh lebih baik. Lantas, bagaimana cara menabung ini?

Cara Menabung Unik Menggunakan Tabel Tabungan Harian

Mulai menanamkan kebiasaan menabung setiap hari adalah hal yang baik serta bisa memberikan dampak positif untuk hidup. Aktivitas rutin ini akhirnya akan mendorongmu agar jauh lebih hemat serta tidak merasa berat saat menyisihkan pendapatan. Berikut cara menabung yang bikin semangat, antara lain:

1. Mulai Buat Tabel Tabungan

Mungkin kamu bingung bagaimana cara membuat tabel menabung harian. Sebenarnya setiap orang dapat menggunakan jenis tabel sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing-masing.

Contohnya, kamu mempunyai target menabung Rp600 ribu sebulan. Berarti nominal yang bisa kamu sisihkan sebesar Rp20 ribu perhari. Kamu bisa membuat tabel dengan angka Rp20.000.

Nominal ini bisa kamu ubah sesuai dengan kondisi keuangan. Bila kamu mempunyai target Rp2 juta dalam kurun waktu 1 bulan, kamu bisa mengubahnya.

2. Siapkan Celengan

Cara unik menabung untuk pelajar berikutnya adalah menyiapkan celengan. Bila kamu sudah selesai membuat tabel, kamu harus menyiapkan celengan khusus sehingga nantinya program tabungan bisa berjalan sesuai dengan target.

Kamu tidak perlu menggunakan celengan yang mahal. Kamu bisa menggunakan tempat yang bisa menyimpan uang dengan aman, contohnya kamu bisa menggunakan toples yang sudah tidak terpakai.

Baca Juga :  Macam-macam Target Keuangan Pribadi yang Harus Dimiliki

3. Tempelkan Tabel

Bila celengan sudah siap, kamu bisa menempelkan tabel ke permukaannya. Cara ini dilakukan sebagai pengingat dan sebagai panduan jika kamu harus menabung rutin setiap hari.

4. Mulai Menabung

Kamu sekarang dapat memulai program tabungan yang sudah dibuat. Contohnya hari ini kamu menyisihkan Rp20 ribu, kamu dapat mencoretnya di salah satu kolom. Lakukan hal tersebut hingga seluruh kolom susah tuntas berurutan.

Tips Menabung Harian

Meskipun mencoba cara menabung unik, tetapi jika tidak dilakukan dengan disiplin, tentu akan pencuma saja. berikut tips agar kamu bisa menabung dengan tertib, yaitu:

1. Selalu Catat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran bisa menjadi sebuah tips yang ampuh. Dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa mengenal apa saja pos keuangan yang membuatmu menghabiskan banyak uang. Dari catatan ini, kamu juga bisa memikirkan cara meminimalisir pengeluaran.

2. Kurangi Layanan Streaming

Ketika ingin mendengarkan lagu, menonton film, atau menonton live memang bisa dilakukan dari layanan streaming. Semua dapat kamu nikmati dengan mengeluarkan sejumlah biaya langganan.

Biaya langganan ini tentu tidak murah, oleh sebab itu tidak ada salahnya kamu hanya menggunakan beberapa platform agar lebih hemat, dan memiliki banyak porsi untuk menabung.

3. Meminimalisir Biaya Parkir

Tanpa disadari, biaya parkir yang harus dikeluarkan setiap hari sebenarnya cukup banyak. Saat kamu nongkrong atau pergi ke 5 tempat yang berbeda, kamu sudah menghabiskan Rp10 ribu hingga Rp20 ribu untuk parkir. Dalam sebulan? Bisa dibayangkan, berapa besar dana yang harus kamu keluarkan.