Ini Dia Indikator Yang Menunjukkan Kalau Finansialmu Sehat!

Ini Dia Indikator Yang Menunjukkan Kalau Finansialmu Sehat!

Permasalahan finansial memang selalu berkaitan dengan berbagai hal. Namun, ada beberapa indikator yang menunjukkan kalau finansialmu sehat loh! Ingin tahu ciri-cirinya? Yuk simak apa saja!

Tidak Memiliki Hutang

Hutang memang bisa menjadi benalu untuk kamu, apalagi kalau tujuannya bukan untuk bisnis atau usaha malah untuk keinginan yang sifatnya konsumtif. Jelas kamu akan menanggung beban yang begitu banyak. Apalagi sekarang ini sudah banyak fitur paylater yang bisa-bisa membuat kamu tergiur untuk belanja diskonan.

Utang ini sebaiknya harus dihindari, selain nanti terlilit hutang, bisa-bisa kamu malah harus membayar bunga yang tinggi. Kondisi tersebut akan memperburuk finansial kamu, bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Bergayalah sesuai dengan kemampuan kamu.

Sebenarnya hutang sah-sah saja, tapi sifatnya menghasilkan uang kembali atau di putar untuk usaha. Beruntunglah kamu yang tidak memiliki banyak hutang, hal itu menunjukkan finansial kamu cukup sehat.

Mulai mengenal Investasi

Pastinya seseorang yang ingin memiliki kehidupan yang mapan pastinya memiliki rencana atau plan yang ingin diwujudkan sesegera mungkin. Untuk mewujudkannya kita harus mempersiapkan sejumlah uang yang cukup besar. Misalnya kita ingin membeli rumah, tentunya kita harus memiliki rencana untuk menginvestasikan uang tersebut agar nilainya bertambah. Kamu bisa memulai untuk mengenal investasi. Saat ini investasi sudah berbagai macam jenisnya, kamu tinggal memilih mana yang ingin kamu investasikan. Investasi bisa berupa emas, saham, properti dan masih banyak lainnya. Dengan investasi kamu bisa memiliki passive income dan tentunya akan mempercepat target kamu.

Jumlah Kekayaan Meningkat Setiap Tahunnya

Indikator Yang Menunjukan Kalau Finansialmu Sehat

Memiliki jumlah kekayaan yang terus meningkat setiap tahunnya itu menandakan bahwa finansial kamu juga cukup baik. Jika kekayaan kamu masih mengalami fase naik turun, hal yang bisa kamu lakukan yaitu terus berusaha dan mengevaluasi apa yang jadi penyebab finansial kamu bisa turun. Jika sudah tahu apa penyebabnya, kamu perlu merencanakan dan juga membuat strategi dalam mengelola keuangan kamu dan terus berusaha menambah aset.

Baca Juga :  4 Tips Mudah Meraih Financial Freedom untuk Generasi Z

Rajin Menabung Pangkal Kaya

Indikator Yang Menunjukan Kalau Finansialmu Sehat

Sudah sering mendengar rajin menabung pangkal kaya? Nah, mungkin ini juga salah satu faktor bahwa finansial cukup baik jika setiap bulannya kamu rutin menyisihkan uang untuk ditabung. Untuk bisa menabung, kita harus pandai berhemat dan mementingkan kebutuhan daripada gaya hidup.

Mulailah menabung dengan disiplin misalnya 1 bulan 2 kali atau 1 bulan 1 kali. Walaupun sedikit tidak masalah, yang penting rajin dan disiplin. Pastinya kamu akan memperoleh apa yang kamu tanam dari sekarang.

Memiliki Dana Darurat 

Indikator Yang Menunjukan Kalau Finansialmu Sehat

 indikator yang menunjukkan kalau finansialmu sehat berikutnya adalah memiliki dana darurat adalah salah satu hal yang menunjukkan finansial kamu cukup sehat. Karena apa? Karena pada situasi tertentu kerap kali terdapat kejadian yang tidak terduga.

Seperti ada bencana alam atau anggota keluarga mengalami musibah, tentu saja hal itu tidak kita inginkan. Namun, dengan adanya dana darurat berguna untuk berjaga-jaga dari kemungkinan buruk yang akan terjadi. Kamu bisa mengalokasikan dana darurat lewat tabungan yang kamu sisihkan khusus untuk dana darurat tersebut.

Nah, jika dari 5 hal di atas sudah kamu miliki, berarti kamu merupakan salah satu orang yang memiliki finansial yang sehat. Selamat ya! Dan jika dari 5 hal di atas belum tercapai, kamu harus tetap semangat untuk mengejar target agar kondisi finansial kamu semakin membaik, tetap semangat!