Inilah 5 Manfaat Inklusi Keuangan yang Perlu Diketahui

Inilah 5 Manfaat Inklusi Keuangan yang Perlu Diketahui

Inilah 5 Manfaat Inklusi Keuangan yang Perlu Diketahui

Manfaat inklusi keuangan yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam hal transaksi, pembayaran, tabungan dan kredit. Istilah inklusi keuangan ini secara garis besar diartikan sebagai akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan.

Secara singkat, inklusi keuangan merupakan akses atas ketersediaan produk dan layanan jasa keuangan dan sebagainya. Tujuan adanya inklusi keuangan ini agar dapat mengurangi jumlah masyarakat yang belum memiliki rekening bank.

Agar lebih mengerti tentang manfaat dan tujuan dari inklusi keuangan, kamu wajib untuk menyimak artikel di bawah ini. Inklusi keuangan dalam dunia perekonomian sangat amat penting dan memiliki tujuan yang dapat mempengaruhi tingkat ekonomi negara.

5 Manfaat Inklusi Keuangan Bagi Negara

Tujuan inklusi keuangan yang mana agar masyarakat dapat mengakses keuangan dengan mudah dan mendapatkan pelayanan terbaik dari industri keuangan. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui berbagai manfaat inklusi keuangan. Berikut ini 5 manfaat untuk negara yang perlu kamu ketahui:

1. Mendukung Stabilitas Sistem Keuangan

Manfaat inklusi keuangan yang pertama adalah mendukung stabilitas sistem keuangan negara. Karena inklusi keuangan ini berpengaruh besar pada perputaran uang yang terjadi di sebuah negara, maka jika proses inklusi ini baik maka sistem keuangan suatu negara dan di masyarakat juga akan stabil dan baik.

2. Inklusi Keuangan Mmembuat Adanya Potensi Pasar Baru

Adanya potensi pasar baru pada industri perbankan menjadi manfaat inklusi keuangan yang kedua. Jika proses inklusi keuangan ini lancar dan baik, maka bank-bank baru akan muncul dan semakin membuat sehat industri bank yang ada pada suatu negara.

Sudah dijelaskan tadi bahwa salah satu tujuan adanya inklusi keuangan adalah agar masyarakat dapat mengakses uang dengan adanya jasa keuangan yang baik. Inklusi keuangan ini akan mendorong masyarakat untuk dapat menabung dan berinvestasi secara mudah dan lancar.

Baca Juga :  Persiapkan Diri untuk Biaya Rumah Sakit yang Semakin Tinggi

3. Kontribusi Positif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Kedua hal sebelumnya berkaitan dengan manfaat inklusi keuangan yang ketiga, yaitu memberikan kontribusi yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini akan berpengaruh pada kelancaran distribusi barang dan jasa di masyarakat.

Keadaan ekonomi negara yang baik dan stabil karena perputaran uang di masyarakat yang lancar dapat meningkatkan cadangan kas negara. Perputaran uang yang stabil akan membuat sebuah negara juga stabil perekonomiannya.

4. Inklusi Keuangan Mengurangi Shadow Banking

Salah satu manfaat yang vital dari adanya inklusi keuangan yaitu mengurangi shadow banking atau irresponsible finance. Sebut saja salah satu contohnya adalah investasi bodong ataupun penipuan yang mengatasnamakan meminjamkan uang.

Shadow banking ini berbahaya, bukan hanya untuk masyarakat tetapi juga bagi negara. Saat ini, contoh yang dapat kamu temukan adalah berbagai pinjaman online yang tidak memiliki izin dari OJK. 

5. Meningkatkan Minat Menabung

Manfaat inklusi keuangan yang terakhir adalah meningkatkan semangat dan minat menabung dari masyarakat. Terutama pada bulan inklusi keuangan yang mana jatuh pada bulan Oktober setiap tahunnya. Masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk membuka rekening baru dan menabung di bank-bank kepercayaannya.

Kesimpulannya, manfaat inklusi keuangan sangatlah massif dan berpengaruh pada skala nasional. Masyarakat wajib untuk dibimbing agar dapat “melek” terhadap inklusi keuangan pada skala individu. Misal, mulai diajak menabung dan berinvestasi untuk masa depan.Agar lebih mudah, kamu dapat mencoba untuk investasi di Amartha yang merupakan platform investasi paling terpercaya. Modalin mulai Rp 100.000 aja, kamu akan mendapatkan imbal hasil sebanyak 15% flat per tahun. Hal ini tidak hanya menguntungkan kamu sebagai individu, tetapi juga dapat berkontribusi kepada perekonomian negara, lho!