Investasi Saham VS Emas, Manakah Yang Lebih Menguntungkan?

Investasi Saham VS Emas, Manakah Yang Lebih Menguntungkan?

Pastinya saat ini Anda masih bertanya-tanya mengenai potensi investasi saham vs emas. Sebetulnya, kedua investasi ini memang memiliki keuntungan, juga risikonya sendiri-sendiri. Namun siapa sangka, bahwa saat Anda melakukan investasi saham, Anda akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih tinggi dengan risiko yang lebih tinggi pula. Berikut ini perbedaan investasi emas dan saham untuk memudahkan Anda saat memilihnya.

Wujud Aset Investasi Saham VS Emas

Saham merupakan sebuah jenis investasi dengan wujud sertifikat yang menjelaskan mengenai pernyataan bahwa Anda memiliki sebagian saham pada perusahaan yang bersangkutan. Sementara untuk investasi emas sendiri, merupakan jenis investasi yang menggunakan aset berwujud emas itu sendiri.

Masa Berlaku Investasi Saham Serta Investasi Emas

Umumnya, para investor yang memiliki saham di suatu perusahaan tidak akan berlaku lagi apabila perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan. Namun, dengan berinvestasi emas, Anda akan mendapatkan nilainya sampai ke masa depan. Terlebih lagi, harga emas akan terus meningkat setiap tahunnya, menyesuaikan perkembangan ekonomi.

Sebagai Arus Kas

Saat memutuskan untuk berinvestasi dengan saham, arus kas yang dihasilkan berupa bentuk dividen, yang umumnya dibagikan oleh suatu perusahaan. Dengan dividen ini, Anda akan memperoleh keuntungan ketika terjadi kenaikan harga saham, entah saat membelinya, maupun melalui capital gain.

Namun begitu, jika terdapat arus kas investasi saham yang berupa dividen, itu berarti investasi emas tidak akan menguntungkan, sampai dengan saat Anda memutuskan untuk menjual emas tersebut. Hal ini mengharuskan Anda untuk mencari celah waktu terbaik, saat menentukan waktu yang pas, kapan harus melakukan jual beli emas untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Saham Adalah Bisnis yang Aktif

Baca Juga :  Apa Saja Indikator Swing Trading Saham? Simak di Sini!

Mengapa begitu? Hal ini karena para pelaku usaha akan selalu mengupayakan pembangunan perusahaan supaya dapat memberikan nilai terbaik bagi banyak orang. Lain halnya dengan melakukan investasi emas, Anda tidak memerlukan usaha demi meningkatkan nilainya agar dapat merubah nilai jual. Hal ini menjadikan emas sebagai kategori investasi relatif.

Dengan beberapa perbedaan konkrit mengenai investasi saham vs emas, sebaiknya Anda memutuskan untuk melakukan riset terlebih dahulu sehingga keputusan berinvestasi mana yang dipilih memang telah dipikirkan secara matang berikut dengan konsekuensi yang harus diterima.