Jenis-Jenis Obligasi yang Wajib Anda Ketahui

Jenis-Jenis Obligasi yang Wajib Anda Ketahui

Investasi obligasi yaitu, surat utang jangka panjang yang diterbitkan oleh pemerintah atau suatu perusahaan dengan waktu jatuh tempo dan nominal tertentu. Adapun beberapa jenis-jenis obligasi yang harus Anda pelajari agar bisa berinvestasi.

Jenis-Jenis Obligasi yang Wajib Anda Ketahui

Berikut Jenis-Jenis Obligasi

Obligasi dibagi menjadi beberapa jenis antara lain:

1. Jenis Obligasi Berdasarkan Kupon

Obligasi secara kupon dibedakan menjadi 3 jenis. Pertama zero coupon bonds, kedua ada fixed coupon bonds dan yang ketiga variable coupon bonds.

Zero Coupon Bonds

Zero coupon bonds atau obligasi tanpa kupon merupakan salah satu jenis obligasi berdasarkan kupon. Obligasi ini tidak memberikan kupon secara bertahap sebagai bukti keuntungan investor. Dalam pembagian keuntungan investor, pihak yang menerbitkan obligasi akan membayar pokok keuntungan dan juga bunga secara penuh saat tiba jatuh tempo sesuai dengan waktu yang ditentukan pada surat.

Fixed Coupon Bonds

Sering juga disebut obligasi kupon tetap. Sistem pembagian ini melalui kupon tetap, sama seperti penjelasan mengenai keuntungan pada umumnya. Namun, pembayaran bunga dilakukan secara berkala pada angka yang sudah ditetapkan sebelum masa penawaran saat obligasi diterbitkan.

Variable Coupon Bonds

Dikenal juga dengan obligasi kupon variabel yang mempunyai skema hampir sama dengan fixed coupon bonds. Perbedaannya terdapat pada bunga yang ditetapkan dapat berubah kapan saja dan disetujui di waktu tertentu.

2. Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit

Jika dari sisi penerbit, obligasi dibagi menjadi tiga. Pertama corporate bond, kedua government bond, dan yang terakhir obligasi ritel.

Corporate Bond

Sering disebut juga obligasi korporasi. Sesuai namanya, obligasi jenis ini diterbitkan oleh perusahaan. Perusahaan penerbit obligasi ini bisa hadir dalam bentuk BUMN atau juga BUMS. Obligasi korporasi dibagi menjadi tiga yaitu, kupon tetap, variabel, dan berprinsip syariah.

Baca Juga :  Mengenal Investasi Jangka Pendek dan Jenis-Jenisnya untuk Pemula

Government Bond

Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah. Salah satu contohnya adalah ORI. Untuk pembagian keuntungannya sama seperti obligasi korporasi.

Obligasi Ritel

Sama seperti jenis penerbit lainnya, obligasi ini juga diterbitkan oleh pemerintah. Dijual kepada individu melalui agen yang ditunjuk langsung oleh pemerintah.

Ada juga jenis obligasi berdasarkan syariah, yang dikelompokan menjadi 2 yaitu sukuk mudharabah dan sukuk ijarah.

Jika sudah mengetahui jenis-jenis obligasi, Anda bisa memilih jenis mana yang cocok untuk digunakan.