Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Kepemilikannya

Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Kepemilikannya

 Jenis-jenis saham terbagi menjadi beberapa bagian. Bagi Anda yang sudah lama terjun dalam bidang ini pasti sudah tidak asing. Bahkan sudah sering menggunakannya dalam kurun waktu yang lama.

Sebagai seorang investor yang masih tergolong baru dalam dunia saham. Tentu saja perlu mempelajari lebih jauh mengenai saham. Mulai dari istilah yang biasa digunakan dalam berbisnis saham. Bahkan tak terkecuali jenisnya.

Setelah Anda mengetahui jenisnya maka akan jauh lebih mudah untuk memulai bisnis ini. Anda bisa mengatur dan menentukan sendiri manakah saham yang akan Anda pilih.

Oleh sebab itu simak ulasan dibawah ini agar menambah wawasan Anda mengenai saham.

Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Kepemilikannya

Menurut kepemilikannya atau klaimnya saham dapat terbagi menjadi dua yaitu :

Saham Biasa Atau Common Stock

Diantara banyaknya jenis-jenis saham yang ada. Saham biasa merupakan salah satu jenis yang mudah ditemui. Salah satu ciri khas yang ada pada saham biasa yaitu pemilik sahamnya akan memperoleh bagian dividen di posisi paling akhir.

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki saham biasa ini. Seperti memiliki potensi yang cukup besar untuk menghasilkan keuntungan. Jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Selain itu juga kemungkinan kerugian relatif kecil dengan batas nominal tertentu dalam berinvestasi. Kemudian relatif mudah untuk berpindah tangan atau diperjual belikan.

Untuk yang terakhir perusahaan yang memiliki saham biasa juga akan lebih transparan. Ketika melakukan proses transaksi dengan investor.

Saham Preferen Atau Preferen Stock

Jika Anda menyukai saham yang lebih flexibel dan dapat memberikan beberapa kebebasan. Maka saham preferen dapat menjadi salah satu referensi Anda. Pasalnya saham preferen sedikit berbeda dengan jenis-jenis saham lainnya.

Baca Juga :  Uang Crypto Dengan Berbagai Kelebihan dan Kekurangannya

Anda bisa mendapatkan berbagai kebebasan dan prioritas dalam beberapa hal. Meliputi waktu pembayaran deviden yang lebih awal, mengajukan penukaran saham, serta mendapatkan refund pembayaran apabila modal mengalami likuiditas.

Pada negara barat khususnya Amerika Serikat pengoperasian saham preferen ini menggabungkan dua hal. Pergabungan ini hanya mencakup sifat dan cirinya saja. Di negara tersebut mereka menggabungkan antara obligasi dengan saham biasa.

Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Tata Cara Peralihannya

Saham Atas Unjuk

Secara bukti fisik saham atas unjuk tidak memiliki nama pemilik yang pasti. Sehingga dalam proses jual beli sahamnya cenderung lebih mudah.

Meskipun demikian jika Anda gunakan saham atas unjuk ini juga masih diakui, serta laku di dalam proses jual beli di pasar uang. Pasalnya siapapun pemilik saham atas unjuk ini akan memperoleh sebuah sertifikat khusus.

Sertifikat tersebut sudah dibuat oleh perusahaan dengan kualitas yang bagus. Sehingga tidak dapat dipalsukan oleh orang lain. Selama Anda masih memiliki sertifikat tersebut maka Anda masih bisa melakukan proses transaksi dengan aman.

Akan tetapi salah satu kekurangannya jika sertifikat tersebut hilang. Maka Anda juga tidak bisa mengakui saham tersebut atas nama milik Anda.

Saham Atas Nama

Tentu saja untuk saham yang satu ini nama Anda harus benar-benar tertera dalam kertas saham. Selain itu apabila Anda menghendaki untuk menjual saham tersebut. Anda harus melalui beberapa tahapan yang cukup rumit dan sulit.

Oleh sebab itu banyak orang yang kurang menyukai saham ini. Jika dibandingkan dengan jenis-jenis saham lainnya. Namun terdapat keuntungan lainnya jika kertas saham ini hilang Anda bisa meminta kepada perusahaan. Nantinya perusahaan akan memberikan kertas saham yang baru sebagai pegangan Anda.