Keuntungan Investasi Reksadana yang Perlu Diketahui Pemula

Keuntungan Investasi Reksadana yang Perlu Diketahui Pemula

Reksadana merupakan alternatif investasi yang sesuai untuk investor mempunyai waktu serta keahlian dalam menghitung risiko. Secara umum keuntungan investasi reksadana sangat banyak. Untuk mengetahui keuntungan tersebut artikel berikut.

Sudah cukup banyak masyarakat yang berinvestasi di reksadana. Karena kemudahan potensi imbal hasil yang diperoleh lebih tinggi daripada produk perbankan. Reksadana merupakan wadah himpunan dana dari para investor. Dana tersebut akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam instrumen investasi.

Inilah Keuntungan Investasi Reksadana

Investasi di Reksadana Lebih Terjangkau

Di reksadana, Anda bisa memulai investasi dengan modal Rp 10 ribu sekali top up. Anda tidak perlu membeli satu lot (100 lembar saham) yang menjadi minimal pembelian saham.

Potensi Return Menarik

Setiap orang yang berinvestasi pasti mengharapkan imbalan hasil (return) yang tinggi. Misalnya beberapa produk reksadana mempunyai kinerja tinggi dalam 5 tahun terakhir.

Mengurangi Risiko Untuk Pemula

Anda hanya perlu membeli paket investasi di reksadana yang telah dirancang oleh Fund Manajer yang berpengalaman. Daripada memilih sendiri dari ratusan emiten yang terdapat di bursa efek Indonesia. Paket ini disebut dengan unit penyertaan, di dalam paket tersebut berisi berbagai saham serta obligasi pilihan.

Jenis Beragam

Investasi reksadana mempunyai jenis yang beragam. Anda bisa memilih yang sesuai dengan tingkat toleransi Anda terhadap risiko. Hal ini bisa menjadi alternatif untuk Anda memilih jenis reksadana yang cocok serta sesuai dengan tujuan investasi.

Bebas Pajak

Di reksadana, investor tidak akan terkena pajak, karena pajak sudah ditanggung oleh manajer investasi. Sementara saham akan dikenai pajak sekitar 0,1% dari penjualan. Jika Anda memperoleh dividen maka akan dikenai pajak final sebesar 10%.

Baca Juga :  Mencari Jenis Investasi Saham Yang Cocok Bagi Mahasiswa

Kemudahan Mengelola Investasi

Anda tidak perlu khawatir karena di reksadana semua kegiatan telah dikelola secara langsung oleh manajer investasi yang profesional dalam bidangnya. Jadi Anda tidak harus susah payah untuk melakukan analisis situasi pasar yang sedang terjadi.

Hal ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai keterbatasan waktu dan minim pengetahuan tentang dunia investasi. Anda hanya perlu menyisihkan uang secara rutin serta biarkan uang tumbuh dalam jangka panjang.

Bagi yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki waktu luang serta minim pengetahuan bisa menggunakan reksadana. Karena keuntungan investasi reksadana sangat membantu Anda sebagai pemula.