Keuntungan Investasi Saham yang Penting untuk Diketahui

Keuntungan Investasi Saham yang Penting untuk Diketahui

Keuntungan investasi saham dapat Anda peroleh meskipun investasi jenis ini mempunyai faktor risiko, Dari setiap jenis investasi atau bisnis tentunya akan berhadapan dengan keuntungan serta kerugian.

Seperti yang kita ketahui, investasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah uang atau aset. Terdapat beragam jenis dari investasi, salah satunya adalah investasi saham. Jenis investasi satu ini terkenal paling banyak memberikan keuntungan dibandingkan jenis investasi lainnya.

Mengetahui Keuntungan Investasi Saham

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi saham, maka Anda perlu mempelajari terlebih dahulu keuntungan serta risiko yang akan Anda hadapi kedepannya. Berikut ini beberapa keuntungan dari investasi saham antara lain:

Capital Gain

Arti dari capital gain adalah selisih dari harga beli dengan harga jual. Selisih ini terbentuk dengan adanya aktivitas jual beli saham di pasar modal.

Dengan kata lain, capital gain merupakan kenaikan harga saham, hal ini berupa keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemilik saham dari selisih hari beli dengan harga jual. Oleh karena itu, harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli.

Memiliki Kesempatan untuk Berinvestasi di Pasar Saham Dunia

Melakukan investasi saham dapat membuka kesempatan Anda untuk dapat berinvestasi di pasar saham dunia yang telah terdaftar di bursa efek.

Dalam hal ini, Anda dapat berinvestasi pada perusahaan luar yang sedang merencanakan adanya ekspansi bisnis. Hal ini bertujuan supaya saingannya tidak banyak serta harga stok yang tidak terlalu tinggi.

Dividen

Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan, Hal ini pada umumnya berasal dari keuntungan perusahaan. Dividen akan diberikan setelah adanya kesepakatan antara pemilik saham yang dibahas dalam RUPS.

Baca Juga :  Inilah Daftar Broker Online Stock Trading Saham, yang Direkomendasikan Untuk Anda

Apabila ingin memperoleh dividen, maka penanam modal harus memegang saham yang relatif lama, yaitu kepemilikan saham tersebut ada pada periode dimana diakui sebagai pemegang saham yang berhak memperoleh dividen.

Selanjutnya dividen akan dibagi perusahaan yang berupa dividen tunai. Hal ini berarti setiap pemegang saham dari dividen dalam bentuk uang dengan jumlah rupiah tertentu untuk masing-masing saham.

Pembagian ini juga bisa dikatakan sebagai dividen saham. Hal ini berarti pemegang saham diberi dividen sejumlah saham. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memenuhi kriteria tertentu.

Anda bisa melakukan berbagai investasi saham baik untuk perusahaan lokal maupun bertaraf internasional. Namun, sebaiknya untuk melakukan investasi pada perusahaan yang berkembang.

Keuntungan investasi saham selanjutnya adalah adanya transparansi. Untuk memenuhi segala kebutuhan baik para investor atau bukan, dalam hal penilaian serta penetapan harga, pasar saham mempunyai sistem kerja yang sangat transparan.

Manfaat dari adanya transparansi ini adalah sangat berguna bagi para investor sebagai bentuk dalam memastikan bahwa dana yang mereka investasikan tidak akan berisiko.

Hal ini karena semua aktivitas dari jual beli saham hanya terselenggara dalam satu ruang lingkup saja yakni bursa efek. Sehingga investasi saham cukup aman untuk Anda jalankan.

Keuntungan investasi saham yang dapat Anda peroleh lainnya adalah pajak relatif kecil. Sehingga tidak akan membebani Anda dalam berinvestasi. Selain itu, investasi saham cukup fleksibel untuk Anda jalankan.

Tidak sedikit orang yang sudah banyak melakukan hal ini di jaman serba modern seperti saat ini. Dalam hal ini Anda tidak harus mengorbankan tenaga serta pekerjaan utama. Itulah keuntungan investasi saham  sebagai sarana pemenuhan kebutuhan di masa mendatang.