Lebih Bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator? Ini Perbandingannya

Lebih Bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator? Ini Perbandingannya

Banyak orang bingung mana yang lebih bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. Keduanya digunakan untuk membuat desain. Simak perbandingannya.
Lebih Bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator? Ini Perbandingannya

Lebih bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator? Sebelum memilih software desain, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Bukan hanya keunggulan fitur saja, tapi juga kemudahan saat mengoperasikannya.

Photoshop dan Illustrator adalah dua software paling populer di dunia yang dikembangkan oleh Adobe. Keduanya memiliki fitur berbeda, tapi secara keseluruhan berfungsi untuk membuat desain, baik itu logo maupun thumbnail.

Sebenarnya Adobe Illustrator lebih cocok dibandingkan dengan Corel Draw. Karena keduanya memiliki fitur kelas atas. Sementara sajian fitur Photoshop hanya bisa untuk desain ringan.

Namun, banyak pemula yang masih bingung menentukan software desain terbaik. Oleh karena itu, di sini Phonesable.com akan mengulas perbandingan Adobe Photoshop vs Adobe Illustrator untuk mengetahui mana yang lebih bagus.

Sekilas Tentang Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software yang dikembangkan untuk kegiatan desain grafis. Sejak tahun 1990, software ini jadi andalan banyak orang. Kita bisa melakukan banyak hal, seperti pengeditan sederhana, membuat logo, hingga manipulasi foto.

Meskipun saat ini sudah menjamur aplikasi atau software serupa, Photoshop masih sering digunakan. Fotografer, web developer, hingga pebisnis online adalah contoh profesi yang mengandalkan Photoshop.

Untuk mengetahui lebih bagus Photoshop atau Illustrator, ada baiknya kita ulas keunggulan dan kekurangannya.

Keunggulan Adobe Photoshop

Tak bisa dibantah kalau Photoshop termasuk salah satu software desain terbaik. Berikut adalah beberapa kelebihan Adobe Photoshop yang mesti diketahui.

1. Ukurannya Ringan

Sebagian besar masyarakat yang ingin belajar mengedit, pasti memilih Adobe Photoshop daripada Illustrator. Hal ini tak lepas dari ukuran software yang ringan, sehingga dapat diinstal pada laptop atau PC dengan spek rendah.

2. Simpel dan Mudah Digunakan

Kemudahan termasuk salah satu keunggulan Photoshop yang menjadi alasan banyak pemula menggunakan software ini. Meskipun fitur serta tools kurang lengkap, namun Photoshop sangat simpel dan mudah dipelajari.

3. Multi-platform

Selain mudah digunakan, Adobe Photoshop juga tersedia di berbagai platform. Kalian bisa gunakan software ini di Windows, macOS, hingga perangkat mobile seperti iOS, Android, dan iPad OS.

Dengan kata lain, apapun OS yang Anda gunakan, Photoshop bisa di-install meskipun masing-masing platform memiliki tampilan berbeda. Tapi secara keseluruhan tak ada perbedaan pada fitur dan tools yang disajikan.

Kekurangan Adobe Photoshop

Meskipun ada banyak keunggulan, tak bisa dibantah kalau Photoshop juga kurang memuaskan bagi sebagian orang. Berikut beberapa kekurangan Adobe Photoshop untuk dipahami.

1. Keterbatasan Tools

Keterbatasan tools jadi salah satu kekurangan yang dimiliki Photoshop. Kalau dibandingkan Adobe Illustrator, tentu saja alat dan fiturnya kalah jauh. Pengguna hanya bisa melakukan pengeditan ringan maupun desain sederhana.

2. Biaya Langganan Mahal

Meskipun banyak bertebaran software bajakan, tapi kalau ingin membeli versi legal kita harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Adobe Photoshop resmi dibanderol dengan harga Rp289.000 per bulan atau Rp3 jutaan per tahun langganan.

3. Tidak Mendukung Format EPS

Kekurangan Photoshop satu ini mungkin tak berlaku bagi pemula yang baru belajar. Namun pekerja digital atau profesional sangat terpengaruh karena tidak ada dukungan format EPS. Terutama untuk yang menggeluti dunia logo.

Disamping itu, Photoshop juga kurang bagus dalam membuat desain vektor. Ada banyak hal yang harus dikembangkan dan pengguna pasti mengalami kesulitan saat mengolah vektor di software ini.

Sekilas Tentang Adobe Illustrator

Meskipun sama-sama untuk desain grafis, Adobe Illustrator lebih mengarah ke desain logo, pembuatan vector, typesetting, dan desain promosi. Sehingga, software ini digunakan oleh seniman digital karena fungsinya sangat komplit.

Baca Juga :  10 Aplikasi Karaoke Terbaik dan Gratis di Android

Illustrator pertama kali dirilis pada 1986 dan hingga sekarang sudah banyak mengalami peningkatan. Fitur dan tools-nya mendukung semua aktivitas yang berhubungan dengan desain grafis.

Nah, untuk memutuskan lebih bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, berikut ulasan tentang keunggulan dan kekurangan.

Keunggulan Adobe Illustrator

Bicara soal perbandingan Adobe Illustrator vs Photoshop, secara umum nama pertama lebih bagus dari segi fitur dan alat. Namun, Photoshop unggul pada proses pembelajaran dan cara menggunakannya, terutama bagi pemula.

Berikut beberapa kelebihan Adobe Illustrator yang harus diketahui:

1. Mendukung Semua Jenis Desain

Adobe Illustrator dirancang khusus untuk pengeditan kompleks. Software ini juga mendukung semua jenis desain, termasuk ilustrasi, animasi, logo, hingga vektor. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin serius menggeluti dunia desain grafis.

2. Tools dan Fitur Lengkap

Untuk mengetahui lebih bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, kita bisa lihat dari fitur dan tools-nya. Illustrator dibekali tools yang sangat lengkap dan mudah apabila kita ingin membuat desain rumit dengan cakupan luas.

3. Hasil Editan Berkualitas

Agar bisa mahir Illustrator butuh waktu yang lama, tapi kalau kita rajin dan giat, hasilnya jauh lebih berkualitas. Terlebih lagi, Illustrator dibekali ragam tools pendukung untuk membuat desain vektor dan animasi.

Kekurangan Adobe Illustrator

Tak bisa dibantah kalau Adobe Illustrator termasuk software desain paling komplit. Meskipun demikian, bukan berarti software ini tidak punya kekurangan.

Berikut beberapa kekurangan Adobe Illustrator untuk Anda pahami:

1. Ukuran Terlalu Besar

Meskipun lebih baik dari Photoshop, namun ukuran software Adobe Illustrator sangat besar. Minimal spesifikasi perangkat Windows 10 64-bit dan RAM 8GB. Bahkan, saat instalasi harus ada ruang penyimpanan yang kosong sebesar 2GB.

2. Harus Banyak Belajar

Meskipun tools-nya sangat lengkap, untuk mempelajari Illustrator butuh waktu yang cukup lama. Selain harus memahami dasar-dasar desain, Anda juga wajib memahami fungsi dari masing-masing tools agar tidak sulit ketika membuat ilustrasi.

Lebih Bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator?

Berdasarkan ulasan di atas, sudah jelas kalau Adobe Illustrator lebih bagus dari Photoshop. Tapi, untuk Anda yang baru mulai belajar desain, disarankan menggunakan Photoshop karena fitur dan tools-nya sangat simpel.

Illustrator menyajikan fitur khusus profesional yang menggeluti dunia desain sejak lama. Namun bukan berarti software ini tidak cocok bagi pemula, hanya saja kita butuh waktu untuk belajar dan memahami semua tools.

Saat ini pertanyaan lebih bagus Adobe Photoshop vs Illustrator jadi perdebatan. Meskipun begitu, dua software desain ini masih banyak digunakan di seluruh dunia.

Perlu diketahui, keduanya memiliki perbandingan harga yang sangat jauh. Illustrator sangat mahal karena memiliki fitur-fitur unggulan. Sementara Photoshop jauh lebih murah.

Software versi asli dan legal bisa dibeli di situs Adobe dengan metode pembayaran PayPal atau credit card. Tapi biasanya ketika beli laptop atau PC baru, paket pembelian sudah termasuk software atau aplikasi.

Akhir Kata

Seperti penjelasan di awal, Photoshop dan Illustrator punya fungsi yang berbeda. Namun, tak ada salahnya mempelajari keduanya agar dapat dimanfaatkan untuk melamar di perusahaan atau membuka jasa desain grafis.

Bagaimanapun, dari ulasan tentang lebih bagus Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator di atas, mungkin Anda sudah dapat gambaran software mana yang ingin dikuasai lebih dulu. Selamat berkreasi!