Memahami Saham Blue Chip untuk para Pemula

Memahami Saham Blue Chip untuk para Pemula

Memahami Saham Blue Chip untuk para Pemula

Bagi calon investor yang masih awam mungkin belum pernah mendengar istilah saham blue chip. Istilah seperti ini sering dipakai untuk menunjukkan saham memiliki potensi dan keamanan bagus bagi investor.

Tentu sebagai pemula memilih instrumen seperti ini sangat menguntungkan karena dapat memitigasi risiko. Semakin rendah risiko maka investor tidak perlu terlalu kalkulatif dalam menentukan respon pasar.

Bagi pemula tentu hal seperti ini sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Apabila tidak terlalu rumit, maka investor awam bisa mempelajarinya secara perlahan. Ingat saham jenis ini masih memiliki profil risiko sedang.

Jadi instrumen dengan profil risiko minimal seperti deposit tidak termasuk blue chip. Anda harus bisa membedakannya agar tidak salah memilih. Jadi meskipun menggunakan saham, prospek jangka panjangnya tetap bagus.

Para penanam modal profesional juga masih sering menggunakan instrumen seperti ini untuk diversifikasi aset. Karena semakin beragam aset maka seseorang bisa mengurangi potensi risikonya.

Seperti Apa Bentuk Nyata Saham Blue Chip

Investasi blue chip tetap memiliki bentuk berupa surat saham. Jadi Anda harus membeli aset dari perusahaan dengan prospek jangka panjang bagus. Bagi investor awam di Indonesia sudah banyak pilihan blue chip.

Perusahaan BUMN maupun non BUMN yang memiliki nama besar masuk dalam kategori blue chip. Misalnya BCA, BRI, Unilever, dan Telkom Indonesia. Keempat perusahaan tersebut memiliki pertumbuhan keuntungan bagus.

Memilih saham blue chip untuk investor pendatang baru adalah pilihan terbaik untuk mencari keuntungan masa depan paling aman dan menguntungkan.

Untuk melakukan pembelian calon investor bisa langsung datang ke kantor masing-masing korporasi terkait. Ajukan pembelian aset dalam jumlah yang sudah Anda rencanakan sesuai tujuan investasi.

Baca Juga :  Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Investasi?

Apabila tidak memiliki modal besar maka Anda bisa menggunakan jasa broker. Ada juga aplikasi yang dapat membantu untuk melakukan pembelian saham secara online melalui perangkat android.

Namun jika Anda ingin melakukan transaksi menggunakannya, pastikan aplikasi tersebut memiliki lisensi resmi dari OJK. Hal ini dilakukan agar investor bisa lebih terjamin keamanan investasinya.

Jadi untuk memperoleh aset blue chip sebenarnya sangat mudah dilakukan. Bahkan oleh investor pendatang baru karena akses terhadap saham tersebut sudah dibuka secara umum.

Karena mudah, aman, dan murah maka instrumen seperti ini sangat pantas untuk dicoba. Jangan sampai kesempatan bagus untuk membeli saham blue chip Anda lewatkan demi keuntungan masa depan.