Menabung di Bank Rugi atau Untung? Simak Fakta Berikut

Menabung di Bank Rugi atau Untung? Simak Fakta Berikut

Menabung di Bank Rugi atau Untung? Simak Fakta Berikut

Pertanyaan menabung di bank rugi atau untung menjadi hal yang jamak diutarakan. Lebih-lebih jika sudah menabung secara rutin di bank namun uang yang berada di rekening hanya segitu-segitu saja?

Atau malah kamu heran karena uang yang berada di tabungan malah berkurang karena adanya potongan admin serta biaya yang lain.

Salah satu hal yang harus kamu sadari ialah, menabung di bank memang memberi dampak positif untuk keuangan.

Namun, kamu juga harus tahu, cara untuk menyimpan atau menabung uang yang tepat agar uang yang kamu tabung tidak semakin berkurang. Rugi atau tidaknya menabung tentu saja bergantung dari sisi mana kamu memandang tabungan bank.

Keuntungan Menabung di Bank dan Kerugiannya

Terdapat beberapa keuntungan serta kerugian yang bisa kamu dapatkan dari menabung di bank, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Adanya keuntungan imbal hasil serta bagi hasil

Untuk menjawab pertanyaan apakah menabung di bank rugi atau untung, saat kamu menabung akan ada imbal hasil serta bagi hasil. Ini adalah keuntungan pertama yang akan didapat saat menabung.

Pada dasarnya imbal hasil memang bukan menjadi pertimbangan yang pertama untuk nasabah, namun tetap saja imbal hasil akan memberi dampak pada dana yang sedang kamu tabungkan.

Keuntungan yang diperoleh dari bunga, jumlahnya memang tidak seberapa, namun jika kamu menabung dengan waktu yang lama serta dana yang ditabung semakin besar, tentu saja imbal hasil bisa memberi keuntungan signifikan.

Sedangkan, jika kamu ingin bersyariah, kamu bisa memilih bank syariah serta mendapatkan keuntungan dengan sistem bagi hasil. Sistem tersebut sesuai dengan aturan syariah.

Baca Juga :  Dampak PPN 11% Dan Cara Atur Keuangan Saat Ini

2. Keamanan Yang Terjamin

Keamanan menjadi sebuah faktor penting yang harus diperhatikan ketika menabung di bank. bank mempunyai sistem keamanan yang berlapis, baik dari segi fisik atau nonfisik. Bila dari segi non fisik, bank telah bekerjasama dengan LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

3. Bebas Dalam Transaksi

Semua bank memberikan berbagai macam fitur yang lengkap untuk nasabah. Bukan hanya menyimpan uang, kamu juga dapat melakukan sejumlah transaksi finansial. Transaksi ini mencakup berbagai macam, hal seperti penarikan uang, transfer dan lainnya menggunakan ATM serta internet banking.

4. Tidak Gratis

Ketika menabung di bank, sama saja kamu menitipkan uang ke bank sebagai sebuah lembaga yang dipercaya. Sudah pasti tidak gratis. Kamu harus membayar sejumlah biaya administrasi. Memang terdapat produk yang memungkinkanmu menabung di bank tanpa potongan bulanan, namun umumnya fasilitas penunjangnya akan sangat dibatasi.

Cara Menabung di Bank agar Tidak Mengalami Kerugian

Setelah melihat penjelasan di atas, menabung di bank rugi atau untung? Bila masih merasa rugi, salah satu cara yang dapat kamu lakukan ketika menabung di bank adalah memilih produk tabungan bank yang tidak memiliki biaya bulanan.

Sekarang ini, tidak sedikit bank digital yang memberikan fasilitas tabungan tanpa biaya admin, gratis transaksi transfer ke semua bank, hingga memberikan fasilitas mobile banking. 

Selain itu, cara menabung di bank agar tidak rugi yang lainnya adalah mencatat berbagai biaya yang harus kamu keluarkan ketika menggunakan fasilitas yang diberikan bank. Contohnya biaya tarik tunai melalui ATM bank lain sebesar Rp6.500, kamu berarti dapat membatasi aktivitas tarik tunai di ATM bank lain untuk memperkecil biaya.