Mengenal Investasi Jangka Pendek dan Jenis-Jenisnya untuk Pemula

Mengenal Investasi Jangka Pendek dan Jenis-Jenisnya untuk Pemula

Untuk menuju masa depan yang cerah Anda harus melakukan investasi sejak dini. Salah satunya adalah investasi jangka pendek. Investasi tersebut mudah digeluti oleh siapapun.

Anda yang tertarik untuk mengikuti investasi tersebut harus bisa memahaminya terlebih dahulu. Dengan begitu proses investasi akan berjalan dengan baik. Anda memiliki tabungan masa depan dengan cepat dan pastinya aman.

Mengenal Investasi Jangka Pendek

Pada dasarnya investasi tersebut merupakan produk investasi untuk menyetorkan dana. Nantinya akan ada pengelola yang menjamin keamanannya dalam jangka waktu singkat. Sehingga dana tersebut dan keuntungannya bisa cari dalam jangka waktu pendek.

Biasanya investasi ini berlangsung dalam kurun waktu satu tahun. Dengan kata lain investasi ini sifatnya hanya sementara. Memang tidak ada jangkauan waktu panjang untuk mendapatkan tabungan yang lebih.

Walaupun hanya bersifat sementara tetapi investasi ini menjadi pilihan banyak orang. Karena melakukan investasi ini bisa mengambil keuntungan dari suku bunga yang berubah dari waktu ke waktu.

Dana pada investasi jangka pendek biasanya mudah untuk diperjualbelikan. Bahkan memiliki risiko yang lebih rendah daripada investasi jangka panjang. Sehingga cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi namun tidak terpaut dengan waktu.

Jenis Investasi Jangka Pendek

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda lakukan dalam jangka waktu singkat, sebagai berikut:

Deposito

Jenis yang pertama adalah deposito yang merupakan produk tabungan di bank. caranya dengan menyetorkan atau mencairkan dana dalam waktu yang cukup singkat. Biasanya periode orang melakukan deposito hanya 1 bulan dan paling lama 2 tahun.

Memang waktu deposito hanya singkat. Tetapi dana hanya bisa Anda tarik ketika sudah jatuh tempo. Sehingga tidak bisa Anda tarik sewaktu-waktu. Mengingat bahwa tingkat keamanan dari deposito sangat terjamin.

Bahkan sudah mendapatkan pengawasan resmi dari Lembaga Penjamin SImpanan. Dalam hal ini sudah ada jaminan simpanan hingga RP 2 miliar. Suku bunga dari deposito juga kumayan tinggi sehingga sangat menguntungkan.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Saham Berdasarkan Kepemilikannya

Surat Utang Negara

Investasi jangka pendek juga bisa dengan Surat utang Negara atau SUN. Dengan kata lain SUN merupakan surat pernyataan hutang yang terbit dari negara untuk investor dana. Produk tersebut sangat menguntungkan dan sudah terjamin keamanannya.

Risiko untuk mengalami kerugian sangatlah kecil. Modal yang Anda setorkan tidak harus banyak. Bahkan dengan modal Rp 1.000.000 Anda sudah bisa berinvestasi. Cara kerja surat ini sangatlah mudah.

Pada dasarnya negara akan mengeluarkan surat untuk investor. Kemudian investor sebagai piutang yang menanamkan sejumlah dana ke negara. Supaya nantinya dana tersebut dikelola oleh negara untuk pembangunan dan kebutuhan negara.

Hasil dari keuntungan tersebut akan dibayarkan oleh negara kepada investor. Dalam hal ini juga termasuk sukuk serta obligasi.

Tips Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Menentukan Tujuan Investasi

Tips pertama untuk melakukan investasi adalah menentukan tujuan terlebih dahulu. Anda harus memiliki masa depan yang pasti jangan mengikuti tren masa kini. Tujuan investasi yang jelas akan membuat Anda bersemangat untuk menanamkan dana.

Mengetahui Kinerja Investasi

Setelah itu Anda juga harus mengetahui kinerja dari instrumen investasi. Padalnya sangat penting bagi Anda untuk masuk ke pengelolaan dana, risiko kerugian, legalitas, sistem profit, dan lain sebagainya. Sehingga kedepannya akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Memilih Investasi yang Tepat

Selanjutnya Anda harus memilih jenis investasi yang tepat. Jika hanya ingin berjangka pendek maka ketahuilah kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai investasi justru merugikan diri sendiri.

Segeralah melakukan investasi jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan masa depan. Pastinya Anda akan mendapatkan keuntungan untuk menambah tabungan.