Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

Mengenal Jenis Asuransi Mobil, Lengkap Beserta Manfaatnya

Menurut pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang perasuransian, asuransi adalah perjanjian antara dua orang, yang dimana pihak penanggung akan mengikatkan diri pada tertanggung, dengan menerima premi asuransi untuk memberikan ganti rugi kepada tergantung karena mengalami kerugian karena kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung, yang muncul dari sebuah peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan pembayaran berdasarkan atas hidup dan matinya seseorang yang dipertanggungkan.

Asuransi jika diartika secara umum merupakan gati rugi finansial oleh pihak asuransi kepada nasabah asuransi dari semua resiko yang munkin terjadi di masa mendatang. Asuransi terdapat beberapa jenis salah satunya asuransi untuk kendaraan mobil.

Asuransi kendaraan memiliki fungsi sebagai pelindung resiko kejadian yang menimpa pada diri atau kendaraan yang diasuransikan. Jenis asuransi ini mencakup kehilangan dan kerusakan total pada kendaraan tersebut.

Jenis Asuransi Mobil dan Penjelasannya

Istilah asuransi berasal dari Bahasa Inggris yaitu Insurance yang artinya pertanggungan. Asuransi secara definisi adalah perjanjian kedua belah pihak yang dimana salah satu pihak diwajibkan untuk membayar iuran atau premi. Sedangkan pikan satunya mempunyai kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran.

Di Indonesia asuransi terdapat beberapa jeis yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis asuransi tersebut meliputi asuransi jiwa, kesehatan, dan kendaraan. Sedangkan asuransi untuk mobil dibagi menjadi dua yaitu All Risk dan TLO, untuk lebih jelasnya simak informasi berikut.

All Risk

All Risk merupakan jenis asuransi yang membayar semua jenis klaim kerusakan. Yang artinya asuransi mobil ini akan membayar semua jenis kerusakan kendaraan baik ringan atau berat sampai kehilangan. Tidak heran jika asuransi All Risk pembiayaan preminya lebih mahal daripada TLO.

Sebelum mengurus asuransi mobil jenis All Risk, pastikan Anda bandingkan dengan asuransi All Risk dan asuransi mobil TLO. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan mobil terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka di seluruh Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi mobil All Risk, pastikan terlebih dahulu dengan membandingkan asuransi All Risk dan TLO. Dan juga kamu bisa membandingkan asuransi mobil terbaik dari berbagai asuransi terkenal di Indonesia.

Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only (TLO) merupakan jenis asuransi mobil yang hanya bisa mengajukan klaim ketika mengalami kehingan secara total. Sederhananya asuransi ini hanya bisa diklaim ketika pemilik kendaraan kehilangan kendaraan pribadi. Ada juga yang dimaksud dengan kehilangan secara total yaitu ketika mobil mengalami kerusakan diatas 75% atau hilang karena pencurian atau juga perampasan.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Asuransi Jiwa dan Manfaatnya

Tetapi jika mobil kamu mengalami keruskan dibawah 75% kamu tidak bisa mengajukan klaim ganti rugi atas kerusakan. Meski begitu pembayaran premi pada asuransi TLO lebih rendah dibandingkan All Risk

Manfaat Asuransi Mobil

Asuransi mempunyai manfaat untuk memberikan perlindungan dari kemungkinan terjadinya kecelakaan dan memberi rasa aman kepada pemegangnya. Karena itu setiap orang dianjurkan untuk ikut serta pada program asuransi.

Ini dikarenakan asuransi mempunyai berbagai macam manfaat baik untuk kelangsungan hidup pada masa mendatang. Beberapa menfaat asuransi mobil sebagai berikut :

Memberikan Rasa Tenang dan Aman

Semua orang pasti tidak tahu apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Karena itu, dengan adanya asuransi bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dengan segala risiko yang mungkin terjadi. Selain itu asuransi juga dipercaya sebagai alternatif dalam mengantisipasi kerugian.

Membantu Mengelola Keuangan

Dengan adanya pembayaran iuran secara rutin pasti akan membuat pengguna menjadi lebih cermat dan hemat dalam penggunaan uang. Dan juga dengan adanya asuransi bisa membantu dalam mengurangi pengeluaran yang tidak terduga, yang biasanya melebihi pengeluaran harian atau bulanan.

Memberi Jaminan Risiko Kerugian

Selain sebagai media untuk berinvestasi, asuransi mobil juga bisa memberi jaminan risiko kerugian karena kerusakan atau kehilangan. Ini bisa dilihat ketika pengguna asuransi mengalami peristiwa kecelakaan. Biaya kerugian karena kecelakaan tersebut akan ditanggung dan dibantu perusahaan asuransi. Sehingga hal ini bisa meringankan beban para pengguna asuransi.

Sebagai Sarana Investasi

Sebagai sarana investasi atau menabung. Seseorang yang memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang asuransi, nasabah akan mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Selain itu asuransi yang bertujuan untuk investasi juga akan mendapatkan kelinggaran untuk memilih masa pertanggungan.

Ada juga masa pertanggungan nasabah asuransi dipilih sesuai kebutuhan. Sehingga asuransi juga bisa difungsikan sebagai media untuk berinvestasi atau menabung.

Itulah ulasan tentang Jenis Asuransi Mobil dan Manfaatnya. Semoga membantu kamu sekian dan terimakasih.