Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Cryptocurrency Untuk Investasi

Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Cryptocurrency Untuk Investasi

Dalam setiap instrumen investasi, mesti ada kelebihan dan kekurangan yang akan diberikan. Salah satunya adalah kekurangan dan kelebihan cryptocurrency atau biasa dikenal dengan mata uang crypto. Dalam beberapa waktu terakhir, mata uang ini banyak dijadikan aset digital ataupun investasi.

Perkembangan teknologi, saat ini cukup memudahkan seseorang untuk berinvestasi, khususnya dengan mata uang crypto. Namun dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang menggiurkan tersebut, tetap ada beberapa kekurangan dan resiko yang mengintai Anda. Sehingga hal ini mewajibkan Anda mengenal crypto dengan mempelajari, sejarah fungsi, kekurangan dan kelebihannya.

Mengenal Kekurangan dan Kelebihan Cryptocurrency Untuk Investasi

Mengenal dan Analisa Berbagai Kekurangan dan Kelebihan Cryptocurrency

Sejak pandemi melanda dunia setahun yang lalu, memunculkan banyak instrumen investasi yang semula hanya saham saja. Salah satu alat atau instrumen terbaru tersebut adalah mata uang virtual cryptocurrency atau biasa disingkat crypto.

Crypto merupakan salah satu alat tukar digital yang biasa digunakan dalam transaksi online di berbagai negara. Namun akhir akhir ini, mata uang ini banyak dijadikan oleh orang sebagai alat atau instrumen untuk investasi. Hal ini dikarenakan mata uang ini akan tetap bernilai dan terhindar dari bahaya inflasi.

Bitcoin merupakan salah satu bentuk dari crypto yang paling populer untuk dijadikan investasi dan alat tukar. Salah satu penyebabnya adalah, produk mobil Tesla dari Elon Musk hanya bisa dibeli dengan menggunakan mata uang bitcoin.

Hal inilah yang menjadikan mata uang ini populer dan dikenal masyarakat luas, meskipun jenis mata uang crypto ada ribuan jenis selain bitcoin. Kemudian terlepas dari beberapa pro dan kontra, kini mata uang crypto cukup banyak dicari untuk dijadikan investasi. Berikut adalah sejarah perkembangan crypto secara singkat.

Sejarah Cryptocurrency

Diawali sejak tahun 1983 oleh ahli kriptography dari Amerika yang menggunakan uang elektronik typography yang dinamakan e-cash. Berkembang pada tahun 1995 menjadi digicash sebagai bentuk awal transaksi digita ini. Kemudian perkembangan selanjutnya pada 2009 terciptalah mata uang bitcoin oleh salah satu pengembang Satoshi Nakamoto dari Jepang yang berguna sebagai alat pembayaran.

Baca Juga :  Agar Bisa Sukses, Maka Ikuti Cara Investasi Reksadana Seperti Berikut!

Kelebihan Cryptocurrency

  • Berpotensi Menghasilkan Untuk Investasi. Tujuan dari berinvestasi salah satunya adalah untuk meraup keuntungan. Berbagai jenis mata uang crypto sejak saat ini masih berpeluan untuk terus berkembang. Sehingga hal ini akan bermanfaat dan cocok untuk berinvestasi.
  • Kemudahan Sistem Transaksi. Dalam sebuah jangkauan internasional, transaksi pada mata uang ini boleh dibilang paling cepat diantara yang lain. Hanya dalam hitungan menit saja, Anda akan bisa bertransaksi mata uang ini antar negara.
  • Transparansi. Kelebihan selanjutnya dari mata uang ini adalah, bisa dilihat dengan transparan aktivitasnya. Sehingga hal ini akan memudahkan penggunanya untuk berinvestasi secara aman

Kekurangan Cryptocurrency

  • Tidak ada Lembaga Resmi/Ilegal. Hingga saat ini, belum ada instansi atau lembaga resmi dari bank yang terlegalitas dengan crypto. Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri, bagi Anda yang ingin berinvestasi menggunakan mata uang ini.
  • Rawan Merugi dan Kehilangan kas. Sistem otomatis dan kemudahan pada mata uang digital ini menjadikan rawan pula kehilangan aset Anda. Sebagai contoh sederhananya adalah, ketik user kehilangan password maka seluruh isi akun akan hilang. Selain itu kemajuan digital menjadikan hal ini rawan akan kejahatan
  • Fluktuasi tinggi. Fluktuasi merupakan tingkat kenaikan dan penurunan nilai mata uang tertentu. Hal ini tentu sangat rawan, Anda akan kehilangan harga saham terbaik.

Dalam melakukan investasi, seseorang mesti memahami dan menguasai instrumennya. Hal ini dikarenakan masalah keuangan ini sangat rawan terjadi fluktuasi. Selain berbagai penjahat online juga perlu Anda waspadai.

Sehingga, Anda akan benar benar mendapatkan keuntungan yang nyata, jauh dari kata tertipu dan kerugian. Karena dalam setiap instrumen akan ada resiko, salah satunya adanya kekurangan dan kelebihan cryptocurrency.