Mengontrol Self Reward Terbaik dengan Cara Ini

Mengontrol Self Reward Terbaik dengan Cara Ini

Mengontrol Self Reward Terbaik dengan Cara Ini

Apa itu Self Reward?

Self reward adalah istilah yang digunakan saat seseorang memberikan penghargaan kepada dirinya sendiri atas kerja keras yang dilakukan. Meski terdengar remeh, tapi ternyata self reward sangat penting untuk dilakukan untuk mengurangi rasa stres dan kegelisahan diri.

Bentuk dari self reward sendiri bisa bermacam-macam dan tidak selalu dalam bentuk barang. Semua tergantung dari pribadi masing-masing dalam membuat dirinya merasa senang dan dihargai.

Pentingnya Self Reward Dilakukan

Bagaimana cara melakukan self reward? pertama, kamu perlu memahami bagaimana cara mengenal diri sendiri (self awareness) dan cara mencintai diri sendiri (self love). Hingga munculah keinginan untuk mengapresiasi diri sendiri (self reward) atas hal yang telah dilalui dalam mencapai tujuan.

Pada dasarnya melakukan self reward bukanlah suatu hal yang salah. Selama dilakukan dalam batas-batas yang aman, self reward justru baik untuk menjaga kesehatan mental tetap baik, meningkatkan motivasi serta meningkatkan performa kerja dengan positif.

Akan tetapi, pastikan kamu dapat mengontrol self reward in. Jangan sampai self reward dijadikan sebagai alasan untuk melakukan hal-hal yang bersifat boros dalam keuangan.

Bagaimana Implementasi Self Reward yang Ideal?

  • Lakukan sesuai dengan standar pencapaian diri
  • Disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan diri
  • Tidak melakukannyanya terlalu sering agar tidak menjadi manja

Tips Mengontrol Self Reward dengan Cara yang Tepat

Dari segi finansial, kamu bisa melakukan self reward dengan cara yang tepat, yaitu:

Self Reward Jangka Pendek

Salah satu contohnya seperti beristirahat sejenak, mengambil cuti kerja dan berlibur. Lebih mudah lagi, kamu bisa sekadar memakan makanan enak, mengunjungi tempat bagus saat weekend atau menyempatkan melakukan hobi di waktu senggang.

Baca Juga :  Apa Itu Inflasi: Pengertian, Penyebab dan Dampaknya

Self Reward Jangka Panjang

Hal ini dapat berupa tabungan, dana darurat, investasi atau asuransi. Tujuannya untuk mencegah hal-hal tak terduga apabila terjadi risiko keuangan dalam hidup. Tabungan yang telah dikumpulkan begitu lama juga dapat digunakan untuk membeli keinginan yang sudah lama dinantikan.