Pengertian Asuransi Mobil Comprehensive

Pengertian Asuransi Mobil Comprehensive

Pengertian Asuransi Mobil Comprehensive

Mobil sekarang sudah menjadi transportasi yang dibutuhkan baik untuk pribadi, keluarga, atau lembaga bisnis sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Secara fungsional, mobil memberikan manfaat untuk penggunanya.

Dengan semua keunggulan dan fungsinya, mobil memang disukai oleh semua kalangan masyarakat, terutama masyarakat yang mempunyai ekonomi menengah ke atas. Walau pun harga mobil terbilang mahal, tapi faktanya setiap tahun kendaraan terutama mobil semakin banyak ditemukan dijalanan. Artinya, dari tahun ke tahun mobil mengalami peningkatan yang semakin tinggi.

Bagi kamu yang mempunyai mobil pasti tidak ingin jika mobil kamu mengalami resiko kerusakan. Untuk mengurangi risiko kerusakan pada kendaraan, kamu bisa mengatasinya dengan membeli asuransi khusus untuk mobil kamu. Asuransi kendaraan mempunyai prinsip dasar yaitu dibutuhkan supaya kamu tidak mengalami kesulitan saat mobil kamu mengalami kerusakan. Khusus untuk mobil, terdapat 2 jenis asuransi yaitu Total Lost Only (TLO) dan comprehensive.

Dari 2 jenis asuransi kendaraan tersebut, comprehensive lebih banyak diminati para pemilik mobil. Alasannya, karena asuransi ini meng-cover semua kerusakan baik ringan atau berat. alasan itulah yang menyebabkan asuransi ini sering disebut juga dengan istilah asuransi All Risk.

Apa itu asuransi Comprehensive?

Asuransi comprehensive adalah asuransi mobil yang mempunyai mencakup kerusakan pada kendaraan yang dikarenakan berbagai hal, selain tabrakan. Dalam pengertian lain, asuransi comprehensive juga bisa dipahami sebagai asuransi yang meng-cover semua kerusakan kendaraan yang tercantum pada polis yang berisikan ketentuan, kondisi, dan persyaratan pertanggungan.

Sebagai produk perlindungan, asuransi comprehensive memberikan jamin keamanan kendaraan dari kerusakaan yang disebabkan karena berbagai faktor seperti bencana alam, tertabrak binatang, vandalisme, upaya pencurian, kebakaran, dan sampai kehilangan. Intinya kerusakan yang dijamin asuransi comprehensive adalah semua kerusakan yang diakibatkan faktor faktor di luar kendali pengguna.

Asuransi comprehensive juga mempunyai cakupan pertanggungan yang luas bukan berarti tidak memiliki batas. Terdapat beberapa jenis kerusakan yang tidak ditanggung oleh asuransi ini, yaitu kerusakan yang disebabkan karena tabrakan. Alasan ini juga yang membuag asuransi comprehensive mendapat sebutan sebagai asuransi non-tabrakan.

Terdapat sebagian orng yang menyebut asuransi comprehensive ini sebagai asuransi All Risk karena cakupannya hampir kesemua kerusakan. Tapi istilah ini kurang tepat karena asuransi comprehensive jelas jelas tidak bisa meng-cover kerusakan karena tabrakan baik tunggal atau sesama kendaraan. Meski seperti itu, pada kasus tabrakan dengan hewan seperti tertabrak sapi atau kuda, kerusakannya masih bisa dicover oleh asuransi comprehensive.

Cakupan asuransi comprehensive

Pada dasarnya asuransi adalah pelindung bagi objek yang diasuransikan. Tapi, bukan berarti semua risiko kerusakan dari objek yang diasuransikan akan mendapatkan pertanggung dan diganti kerugiannya. Tanggungan pada asuransi mempunyai cakupan yang sudah tercantum pada polis atau surat perjanjian asuransi.

Jika dibandingkan dengan asuransi mobil yang lain yaitu Total Lost Only, jenis asuransi comprehensive memang lebih disukai para pemilik kendaraan. Ini dikarena cakupan pertanggungannya yang lebih luas. Harga premi pada asuransi comprehensive memang lebih mahal daripada asuranasi Total Lost Only.

Cakupan asuransi comprehensive meliputi risiko seperti berikut.

  • Vandalisme, kebakaran, kerusuhan, dan ledakan
  • Pencurian
  • Kerusakan kaca
  • Kerusakan karena tertimpa dahan pohon yang patah atau bahkan pohon tumbang
  • Kerusakan karena lemparan batu atau tendangan bola
  • Kerusakan karena bencana alam seperti badai, banjir, angin kencang, hujan es, kilat, dan gempa bumi
  • Kerusakan yang terjadi karena bertabrakan dengan hewan

Di Indonesia, perlindungan yang diberikan asuransi mobil comprehensive berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia yang mempunyai cakup beberapa risiko kerusakan sebagai berikut.

  1. Kerusakan yang akibatkan tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok, dan perbuatan jahat seperti pencurian, pencurian yang disertai dengan kekerasan atau ancaman kekerasan seperti yang dimaksud pada Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5), dan 365 KUHP.
  2. Kerusakan karena kebakaran, termasuk yang disebabkan karena benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan kendaraan bermotor, sambaran petir, dan dimusnahkan sebagian atau seluruh kendaraan atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya mencegah penjalaran kebakaran yang semakin luas.
  3. Kerugian atau kerusakan yang yang disebabkan ekspedisi atau penyeberangan memakai armada kapal yang di awasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kerugian atau kerusakan karena kapal mengalami kecelakaan.

Cakupan risiko yang luas menjadi alasan kenapa asuransi comprehensive diminati, karena pemilik polis mempunyai kebebasan untuk mengajukan klaim asuransi. Dan juga perlindungan mencakup kerusakan sebagian (partial lost) dan kerusakan total (total lost). Yang artinya, jika mobil kamu mengalami kerusakan sedikit seperti tergores, kamu bisa mengajukan klaim. Begitu juga ketika mobil kamu mengalami kerusakan total karena kebakaran atau hilang karena dicuri, maka kerugian tersebut bisa diganti oleh perusahaan asuransi.

Cara kerja asuransi comprehensive

Di sebagian negara, asuransi kendaraan sudah diwajibkan dan ditetapkan di dalam hukum negaranya. Tetapi, di Indonesia sendiri asuransi kendaraan masih bersifat opsional. Tapi bagi pembelian kendaraan yang menggunakan sistem kredit, asuransi bersifat wajib. Pada tahun pertama atau kedua tahun pertama, pihak leasing sudah menyematkan asuransi comprehensive, tetapi setelah itu akan dialihkan menjadi asuransi jenis Total Lost Only. Alasannya, karena pada mobil baru lebih rawan mengalami kerusakan ringan pada 2 tahun pertamanya.

Baca Juga :  5 Alasan Anda Harus Punya Asuransi Kesehatan Pribadi

Lalu, bagaimana asuransi comprehensive ini bekerja? Cara kerja dari asuransi comprehensive tidak rumit, dan terbilang cukup sederhana. Yang artinya, pemegang polis asuransi comprehensive bisa melakukan klaim saat kendaraan objek asuransi mengalami kerusakan karena faktor faktor penyebab yang sudah tercantum pada polis.

1.     Kejadian kerusakan

Untuk suatu alasan kamu memarkir mobil kamu di tempat parkir yang kebetulan terdapat pohon rindang. Disaat yang bersamaan terjadi hujan lebat dan disertai dengan angin kencang. Dan tidak disangka mobil kamu tertimpa dahan pohon yang patah sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian atap mobil kamu. Dan jika ditaksir biaya untuk perbaikan karena kerusakan tersebut mencapai Rp 25 juta.

2.     Pengajuan klaim asuransi

Kerusakan yang disebabkan karena tertimpa dahan pohon yang patah atau pohon tumbang ternyata tercakup pada polis asuransi kendaraan kamu. Karena itu kamu bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk mendapatkan ganti rugi atas kerugian yang kamu derita karena kerusakan tersebut.

Dalam pengajuan klaim asuransi dapat dilakukan secara online melalui website resmi perusahaan asuransi tersebut, aplikasi pada smarphone, sambungan telepon, atau dengan mendatangi langsung kantor asuransi. Pilihan dalam pengajuan klaim asuransi pada setiap perusahaan asuransi tentu juga tergantung dengan layanan pada masing-masing perusahaan asuransi dalam memberikan kemudahan kepada nasabahnya.

Laporan dan pengajuan klaim asuransi mempunyai batasan waktu maksimal 5 hari setelah terjadinya kerugian. Pengajuan klaim juga disertai dengan dokumen asuransi sesuai dengan produk, formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap, dan foto-foto bukti kerusakan pada mobil setelah kejadian terjadi.

3.     Kunjungi dan cek bengkel rekanan

Kau bisa langsung membawa kendaraan yang mengalami kerusakan tersebut ke bengkel rekanan perusahaan asuransi yang kamu beli. Di sana, kamu akan diminta untuk mengisi formulir klain yang sudah disediakan pihak bengkel. Isilah formulir klaim dengan lengkap dan disertai tanda tangan dengan materai.

4.     Perbaikan mobil atau penggantian kerugian

Kemudian pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi yang kamu beli. Jika pengajuan klaim disetujui, pihak bengkel akan langsung memperbaiki mobil kamu yang rusak.

Perlu diketahui tidak semua klaim asuransi comprehensive bisa disetujui, ada juga yang ditolak walau pun kerusakan tersebut tercakup pada polis asuransi. Penolakan klaim asuransi biasanya karena hal-hal sebagai berikut:

  • Pengajuan klaim sudah melebihi batas waktu yang sudah ditentukan di dalam polis. Biasanya klaim asuransi harus langsung diajukan dalam jangka waktu 3 x 24 jam atau maksimal 5 hari. Penetapan waktu ini juga tergantung aturan dan kebijakan pada masing-masing perusahaan asuransi.
  • Berkas atau dokumen yang tidak lengkap. Pengajuan klaim asuransi memberisyarat harus disertai dengan dokumen yang lengkap mulai dari formulir pengajuan klaim, fotocopy polis asuransi, fotocopy SIM dan STNK, surat keterangan polisi, dan foto-foto bukti kejadian.
  • Kerusakan kendaraan diakibatkan karena kecerobohan si pengemudi itu sendiri dan melakukan pelanggaran hukum seperti melanggar lalu lintas, tidak mempunyai SIM, dan lain lain.
  • Kerusakan kendaraan terjadi di luar wilayah yang sudah ditentukan si dalam kesepakatan.
  • Kendaraan atau mobil sudah mengalami modifikasi dan tidak dilaporkan ke perusahaan asuransi sehingga tidak tercakup pada nilai pertanggungan atas modifikasi tersebut.
  • Kejadian kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada mobil terjadi ketika masih dalam masa tunggu, yaitu periode setelah polis asuransi diterbitkan yang biasanya selama 1 bulan, sehingga biaya klaim kendaraan tidak dijamin oleh polis asuransi.
  • Kerusakan mobil terjadi karena disengaja, seperti menabrakkan mobil ke kendaraan lain, memukul kendaraan supaya penyok atau kaca pecah, dll.
  • Polis asuransi sudah tidak aktif.

Keunggulan dan kelemahan asuransi comprehensive

Asuransi mobil comprehensive menawarkan keunggulan dibandingkan jenis asuransi lainnya. Beberapa keunggulan dari jenis asuransi ini adalah.

  • Jaminan diberikan secara menyeluruh baik untuk kerusakan minor atau mayor. Yang artinya, berapapun biaya kerusakan akan ditanggung asuransi.
  • Cakupan perlindungan atas risiko kerusakan lebih luas seperti benturan, kebakaran, tergelincir, kehilangan, terperosok, dll.

Setiap asuransi pasti mempunyai keunggulan dan kelemahan. Demikian juga dengan asuransi comprehensive. Walau pun memberikan perlindungan dengan cakupan yang luas, tetapi asuransi ini kuga mempunyai kekurangan atau kelemahan. Kelemahannya sebagai berikut.

  • Nilai premi (premium rate) yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis asuransi mobil lainnya. Ini sesuai dengan besarnya jaminan dan manfaat yang diperoleh pemegang polis.
  • Perlindungan yang diberikan tidak meng-cover risiko kerusakan karena kerusuhan dan banjir secara otomatis. Pertanggungan pada cakupan risiko ini bersifat opsional sehingga dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan pemegang polis.
  • Jenis asuransi ini biasanya ditawarkan kepada mobil yang mempunyai usia diatas 5 tahun dengan biaya tambahan dalam jumlah tertentu, sehingga kurang ekonomis.
  • Asuransi ini juga tidak bisa dipakai untuk semua jenis mobil, tetapi hanya diberikan pada kendaraan yang memiliki kapasitas mesin besar dengan syarat dan ketentuan yang ketat.