Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga

Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga

Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga – Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, kamu dan pasangan harus melakukan perencanaan keuangan untuk keluarga sebaiknya sebelum kamu menikah.

Mengatur keuangan dalam rumah tangga jelas berbeda jika kamu masih lajang dan tentunya akan semakin sulit. Hal itu sangat penting untuk diketahui semua pasangan, khususnya para pasangan muda.

Walaupun penghasilan kedua pasangan tergolong tinggi, belum tentu kesehatan finansial keluarga akan terjamin karena kamu akan mengeluarkan banyak uang untuk berbagai kebutuhan.

Maka dari itu, diperlukan adanya manajemen keuangan yang baik untuk mempertahankan atau meningkatkan finansial dalam keluarga.

Pentingnya Perencanaan Keuangan Keluarga

Perencanaan Keuangan Keluarga

Menurut Investbro.id, ada beberapa alasan pentingnya merencanakan keuangan keluarga dan tips yang bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Apa saja sih? Yuk disimak!

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya merencanakan keuangan keluarga:

1. Membantu Pemenuhan Kebutuhan

Perencanaan keuangan tidak hanya membantu memenuhi segala kebutuhan yang bersifat harian dan bersifat rutin, seperti cicilan rumah hingga belanja bulanan, tetapi juga dapat membantu kebutuhan keluarga kamu dalam jangka panjang.

Jika manajemen keuangan keluarga baik dan terorganisir, maka alokasi pendapatan akan mengarah pada kebutuhan di kemudian hari, misalnya dengan menabung untuk uang sekolah anak.

Apabila kamu dan pasangan tidak mengatur dari awal, kamu akan kesulitan untuk mengatasi hal tersebut di kemudian hari.

2. Meningkatkan Cash Flow 

Jika sebuah keluarga dapat mengelola keuangan dengan bijak dan mampu memperhatikan detail akun rekening yang dimiliki maka keluarga dapat mengidentifikasikan sumber pemasukan tambahan dan pengeluaran.

Selain lebih terkendali, kebiasaan ini bisa membuat keluarga lebih produktif misalnya dengan membuat sebuah usaha sampingan untuk menambahkan pemasukan, sehingga cash flow keluarga akan terus meningkat.

3. Membantu Membuat Keputusan Finansial

Dengan merencanakan keuangan dengan baik maka keluarga akan terbantu jika menghadapi beberapa keputusan finansial yang cukup besar dan membutuhkan kesiapan yang matang, seperti membeli rumah atau menyekolahkan anak keluar negeri.

Jika manajemen keuangan yang keluarga kamu miliki kurang efektif, maka akan sulit untuk menghadapi segala resikonya di masa yang akan datang.

4. Menciptakan Prilaku Hidup Hemat

Mempunyai kebiasaan yang boros karena membeli sesuatu yang tidak terlalu penting merupakan salah satu kesalahan dalam mengelola keuangan.

Oleh sebab itu, diperlukan adanya perencanaan keuangan supaya menimbulkan kebiasaan hemat dalam keluarga. Perilaku hemat ini akan membuat kita lebih menghargai uang yang dimiliki dan mempengaruhi keluarga untuk mulai menabung.

5. Memberi Rasa Aman Keluarga

Kehidupan keluarga kamu akan aman dan kamu juga akan siap menghadapi masa-masa sulit jika kamu telah menerapkan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik.

Apalagi ketika keadaan ekonomi setiap keluarga kadang tidak stabil dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti PHK yang dialami salah satu anggota keluarga.


Tips Merencanakan Keuangan Keluarga

Perencanaan Keuangan Keluarga 1

Berdiskusi dengan Pasangan

Sebagai sebuah keluarga, diperlukan diskusi mengenai penghasilan, utang, dan aset agar segala yang ada tetap sehat dan terencana. Kebutuhan yang diperlukan sebuah keluarga jadi semakin banyak, begitupun dengan pengeluarannya.

Baca Juga :  Penting! Kenali 5 Ciri Financial Abuse dalam Suatu Hubungan

Oleh karena itu, tentukanlah kebutuhan-kebutuhan yang paling penting bagi keluargamu. Dalam keluarga ada tiga hal penting yang dijadikan prioritas diantaranya pendidikan anak, tempat tinggal, hingga gaya hidup yang lain.

Menentukan Tujuan Finansial

Dengan menentukan berbagai tujuan finansial yang ingin dicapai, bisa memotivasi keluargamu untuk mengatur keuangan.

Misalnya jika di kemudian hari keluargamu ingin membuat rumah yang besar, mengganti mobil, atau memasukkan anak ke sekolah, tentunya akan memicu keluargamu untuk lebih bijak dalam mengeluarkan uang dan menabungnya untuk tujuan finansial tersebut.

Menambah Sumber Penghasilan

Apabila kamu punya penghasilan lebih, investasikan uangmu pada saham, logam mulia, reksa dana, dan sebagainya minimal 10% dari penghasilan. Dengan begitu, penghasilan kamu akan bertambah dan uang tersebut bisa ditabung untuk keperluan di masa mendatang.

Perlu diketahui bahwa investasi bukan sekadar menyimpan uang, melainkan cara kita mengalokasikan dan menghitung dana. Jadinya, dana tersebut akan menguntungkanmu di kemudian hari. Investasi anda akan optimal, jika kamu memilih investasi untuk jangka panjang.

Mengendalikan Pengeluaran dengan Bijak

Kamu harus bijak dalam mengendalikan pengeluaran keuanganmu. Ketahuilah kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Sisihkanlah sebagian gaji kamu untuk ditabung dan untuk diinvestasi. Jika masih ada sisa, gunakan sisa gaji tersebut untuk menutup kebutuhan lainnya. Usahakan uang bulanan yang keluar kurang dari 50%.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat ini bisa digunakan dalam waktu yang mendesak, misalnya ada anggota keluarga yang sakit atau tertimpa musibah. Dengan adanya dana darurat ini, tabungan yang kamu siapkan tetap aman karena bisa menutupi kebutuhan darurat yang tidak terduga tersebut.

Dana darurat di setiap keluarga jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan jumlah anggota keluarga. Apabila dalam sebuah keluarga belum memiliki anak, maka dana daruratnya sebanyak 6 kali pengeluaran bulanan.

Namun, jika sudah memiliki anak, dana daruratnya menjadi lebih besar, bisa sampai 9 hingga 12 kali lipat pengeluaran bulanan. Kamu bisa menyimpan dana darurat ini di rekening bank yang bisa anda ambil melalui ATM, atau bisa juga dengan emas yang bisa dijual di masa mendatang.

Memiliki Kebutuhan Proteksi

Asuransi merupakan salah satu bentuk proteksi yang bisa keluarga kamu gunakan. Asuransi ini sangat penting untuk perencanaan keuangan keluargamu.

Dengan menggunakan asuransi maka kamu tidak perlu lagi membongkar tabungan, karena sudah dijamin aman dan sudah dialokasikan oleh pihak asuransi.

Penutup

Ketika berkeluarga memang tantangan untuk menjalani hidup disiplin dalam keuangan akan semakin besar. Belum lagi ketika kamu sudah memiliki anak dan salah satu pasangan tidak bekerja demi mengurus anak maka tantangan dan displin akan semakin dibutuhkan.

Oleh karena itu, perencanaan keuangan keluarga sangat vital untuk dibicarakan dan dipersiapkan bahkan sebelum kamu mulai berumah tangga.

Demikianlah informasi mengenai alasan mengapa perlu adanya perencanaan keuangan untuk keluargamu. Semoga tips di atas bermanfaat dan dapat kamu terapkan dalam kehidupan harianmu.