Hidup bersama dalam sebuah pernikahan, hal finansial adalah hal yang mendasar yang serius. Berbicara terbuka dengan pasangan tentang rekening bank, tabungan, strategi investasi dan hari tua itu akan terdengar sedikit berat. Menggabungkan aset kalian berdua dan membaginya dalam suatu aset bersama dalam tujuan yang positif sah-sah saja dilakukan.

Komunikasi dan keterbukaan adalah kuncinya. Studi dari Kansas State University menyatakan bahwa pembicaraan tentang finansial disampaikan secara baik dan komunikatif dapat meminimalisir perdebatan yang paling sering di dalam hubungan saat mereka sudah bersama. Inilah beberapa strategi tentang finansial yang bisa kamu terapkan oleh pasangan setelah bersama.

1. Tetapkan milikmu, miliknya dan milik kalian berdua

Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Mungkin hal yang nggak disadari setelah bersama yaitu pembagian kepemilikan antara milikmu, miliknya dan milik kalian bersama. Emily Sanders, direktur pelaksana United Capital Financial Advisers di Atlanta mengatakan memiliki akun rekening bersama untuk mendanai hal-hal yang untuk pengeluaran bersama bisa dilakukan, transparansi dan rasa percaya sangat dibutuhkan untuk menunjukkan komitmen dan tujuan bersama.

2. Berbagi tugas

Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Ada beberapa pengeluaran yang banyak saat kamu dan pasangan bersama, hal ini juga tentang pembagian tugas untuk membayar tagihan. Kamu dapat membaginya bersama pasangan. Pembagian tugas ini dilakukan agar nggak salah satu pihak saja yang mempunyai peran dan kerepotan dalam menanganinya. Jangan lupa juga untuk membahasnya setelah tugas itu dilakukan ya, Bela.

3. Bagaimana jika salah satu pihak berpenghasilan lebih banyak?

Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Kemungkinan kamu dan pasangan akan mendapat pendapatan berbeda yang jumlahnya beragam. Kelley Long, anggota Komisi Literasi Keuangan CPA Nasional menyarankan untuk melakukan perhitungan, adil bukan berarti dalam kuantitas yang sama. Setelah mendapatkan pendapatan, kamu dan pasanganmu dapat menyetor beberapa jumlah nominal di akun bersama yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

Baca Juga :  5 Cara Lakukan Financial Check Up Demi Kesehatan Keuanganmu

4. Menyepakati untuk siapa yang membayar tagihan

Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Hal ini sangatlah penting untuk menentukan diskusi dalam hal anggaran. Ini berlangsung dalam tagihan apartemen, listrik, kartu kredit, ataupun kebutuhan pokok. Tagihan lain-lain seperti angsuran rumah dan mobil juga harus kamu diskusikan bersama jauh sebelum bersama ya Bela, hal ini bertujuan untuk menghindari miss-communication antara kalian berdua.

5. Menabung untuk masa depan

Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Menabung bersama bertujuan untuk jangka panjang dan jangka pendek kamu dan pasanganmu. Jangka pendek kamu dapat menyisihkan untuk berlibur di akhir tahun bersama dan jangka panjang untuk rencana membeli rumah yang lebih strategis yang kalian inginkan bersama. Saat kalian berdua menabung untuk tujuan yang sama, kamu akan lebih cepat untuk mencapainya.

6. Cara investasi

Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Investasi juga hal yang mendasar. Cari tahulah investasi apa yang selalu meningkat value-nya dan nggak akan menurun pada masa depan. Pastikan strategi masa depan kamu diskusikan matang-matang bersama pasangan. Hal ini akan memudahkanmu untuk menikmati hari tua bersama yang lebih berkualitas tanpa harus memikirkan finansial lagi nantinya.