Tabungan Sering Minus? Coba Deh, Cara Mengatur Keuangan Berikut!

Tabungan Sering Minus? Coba Deh, Cara Mengatur Keuangan Berikut!

Keuangan merupakan salah satu hal yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Tak dapat dipungkiri mengelola keuangan memang bukan merupakan hal yang mudah meskipun kamu berhadapan setiap hari dengannya. Namun meskipun sulit mengatur keuangan akan menjadi salah satu kunci utama kehidupan kamu bisa jadi lebih baik. Ada banyak cara untuk mengenali pengaturan keuangan baik melalui seminar ataupun melalui sharing dengan sesama teman. Kamu juga bisa simak tips-tips dan cara mengatur keuangan yang mudah untuk dilakukan dan dipahami berikut ini!

1. Buat Rancangan Anggaran

Buat Rancangan Anggaran

Kunci utama pengaturan keuangan pastinya bermula dari rancangan anggaran. Umumnya rancangan anggaran dibuat setiap bulan setelah gajian karena pastinya kamu sudah tahu ingin apa selama sebulan ke depan, kebutuhan apa saja yang kamu perlukan mulai dari kebutuhan harian, arisan, cicilan, utang, biaya transport dan sebagainya. Dengan membuat rancangan anggaran pastinya kamu akan tahu total pengeluaran yang wajib kamu keluarkan sehingga kamu juga akan tahu sisa uang yang bisa digunakan untuk hal-hal lain yang tidak direncanakan.

2. Hindari Utang

Buat Rancangan Anggaran

Banyak yang bilang kalau gaya hidup masa kini tak bisa dilepaskan dari utang. Tapi sebisa mungkin, hindari kemungkinan berutang apalagi untuk barang-barang yang sebenarnya bisa kamu beli cash dengan kesabaran menabung. Jika memang sudah terlanjur memiliki utang maka pastikan untuk memasukan cicilan yang harus dibayarkan per bulan dalam rancangan anggaran. Jangan sampai pinjaman semakin membengkak karena keterlambatan pembayaran atau kesalahan penghitungan dalam rancangan anggaran kamu.

3. Sisihkan Uang Untuk Tabungan

Buat Rancangan Anggaran

Menyisihkan uang saat gajian tapi kemudian mengambilnya di tengah bulan tentu tak bisa dikategorikan sebagai menabung, ya. Tabungan yang dimaksud di sini berkaitan dengan masa depan, misalnya tabungan untuk hari tua atau untuk membeli rumah. Untuk kamu yang sudah punya momongan, maka pastikan juga memiliki tabungan pendidikan untuk menjamin masa depannya kelak. Anggaran untuk tabungan bisa kamu sisihkan dari gaji bulanan namun pastikan kamu sudah memperhatikan total pengeluaran dalam anggaran bulanan kamu, ya. Sesuaikan jumlah tabungan dengan kemampuan dan target masa depan kamu.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud dengan Merdeka Secara Finansial?

4. Buat Rencana Investasi

Buat Rencana Investasi

Berbeda dengan tabungan, investasi umumnya akan menjadi aset yang kamu miliki. Jadi jika suatu saat kamu membutuhkan uang kamu masih memiliki aset yang bisa kamu gunakan. Umumnya di era modern ini investasi juga sudah berkembang menjadi berbagai jenis berbeda dengan berbagai risiko yang ada. Jika kamu ingin berinvestasi maka pastikan untuk mengenali jenis investasi seperti apa yang bisa kamu jalankan dan pilih jenis investasi yang paling minim risiko. Kamu juga bisa mengonsultasikan mengenai investasi pada mereka yang ahli.

5. Catat Laporan Pengeluaran Bulanan

Catat Laporan Pengeluaran Bulanan

Cara yang terakhir ini bertujuan untuk mengontrol apakah rancangan anggaran yang kamu siapkan sesuai dengan pengeluaran kamu, ataukah malah lebih? Kamu juga bisa menyesuaikan sektor mana yang bisa dihemat dan sektor mana yang berlebihan. Hal ini akan menjadi bagian dari evaluasi keuangan sehingga setiap bulannya kamu bisa memperbaiki pengaturan keuangan pribadi kamu dan keluarga.

Nah, sudah tau kan, cara mengatur keuangan yang baik? Sebenarnya cukup sederhana kok, asal kamu disiplin dalam melakukannya. Awalnya mungkin akan terasa sulit, namun yakinlah suatu saat nanti kamu akan merasakan sisi positif dari kedisiplinanmu dalam mengatur keuangan!