Takut Rugi, Apakah Asuransi Crypto Solusinya?

Takut Rugi, Apakah Asuransi Crypto Solusinya?

Takut Rugi, Apakah Asuransi Crypto Solusinya?

Crypto menjadi salah satu aset yang suka dikoleksi oleh generasi muda sekarang. Beberapa bahkan berpikir investasi crypto lebih keren dibandingkan saham. Investasi di crypto termasuk high risk investment, beberapa investor berpikir cara untuk mereduksi risikonya. Namun, apakah asuransi crypto menjadi jawaban yang tepat?

Mengapa Asuransi Penting?

Asuransi crypto memberikan perlindungan terhadap hilangnya token. Asuransi crypto berbeda dengan asuransi pada umumnya seperti kesehatan dan jiwa. Skemanya juga unik karena crypto sendiri bukan alat pembayaran yang sah dan faktor yang mempengaruhinya juga berbeda dengan aset investasi lainnya. Faktor yang mempengaruhinya crypto adalah volatilitas, peretasan, dan penipuan.

Volatilitas

Volatilitas crypto sangat tidak masuk akal. Dalam sehari, crypto bisa naik lebih dari 100% sedangkan saham dibatasi sampai 24%. Volatilitas ini bisa juga dipengaruhi oleh banyak sentimen termasuk cuitan twitter Elon Musk. Meskipun banyak orang dilema terhadap volatilitas ini, kenaikan harga secara drastis membuat orang tertarik masuk ke crypto.

Peretasan

Banyak kasus pertasan crypto yang terjadi. Salah satu yang terjadi pada Maret 2022, dimana crypto senilai USD540 juta dicuri dari proyek ronin. Sulit untuk mengatasi peretasan crypto karena tidak dapat memblokir akun pribadi. Dengan kata lain, membutuhkan kunci pribadi dari peretasnya. Sekalipun mengetahui siapa peretasnya, tidak banyak yang dapat dilakukan.

Penipuan

Menurut laporan FTC Juni 2022, lebih dari 460.000 orang melaporkan kehilangan uang lebih dari 1 USD miliar dari 2021 – 2022. Kasus penipuan di crypto cukup serius.  Banyaknya faktor kehilangan aset memberikan peluang untuk perusahaan asuransi tumbuh.

Bagaimana Perusahaan Asuransi Crypto Membantu?

Kebanyakan perusahaan asuransi crypto menargetkan bisnis yang berhubungan dengan crypto. Beberapa bursa yang mengasuransikan aset adalah Coinbase dan Gemini. Salah satu perusahaan asuransi crypto terkemuka adalah Lloyd melalui brokernya Superscript memberikan perlindungan terhadap crypto.

Baca Juga :  Jangan Lagi Menunda, Inilah Mengapa Anda Perlu Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Superscript mengatakan bahwa layer perlindungan pertama akan melindungi bisnis dari berbagai risiko, termasuk serangan ransomware, gangguan bisnis dunia maya, dan kelalaian profesional. Layer untuk direktur dan pejabat, perwalian dan penambang akan diluncurkan kemudian.

Asuransi crypto tidak ada yang memberikan perlindungan asuransi langsung kepada konsumen. Tidak semua dompet dapat diasuransikan. Perlindungan berupa pembayaran uang sesuai tingkat perlindungan yang dibeli di dompet. Perlu dicatat perlindungan asuransi hanya berlaku di 20 jenis koin dan hanya di Amerika.