Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK

Tau engga sih? Belakangan ini Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor atau yang kita kenal dengan sebutan (TBSM)  menjadi trending dan sangat Populer sekali dikalangan SMK. Dilihat dari jumlah peminat yang ingin masuk ke jurusan ini selalu berbondong-bondong karena iklim industri otomotif sedang naik daun sehingga sangat terbuka luasnya lapangan pekerjaan untuk jurusan ini.

Jurusan TBSM Ini memiliki perbedaan tersendiri dengan jurusan TKR Lho, Walaupun keduanya memang sama-sama di bidang Otomotif. Yuk Mari simak penjelasan nya dibawah ini ya.

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, ipa dan manajemen.

Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan pada jenjang SMK antara lain adalah:

  1. Teknisi mekanik otomotif dalam bidang perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin
  2. Perawatan dan perbaikan chasis dan system pemindahan tenaga.
  3. Perawatan dan perbaikan system kelistrikan
  4. Mampu mengelola usaha mandiri di bidang perbengkelan kendaraan sepeda motor.

Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Atau (TBSM) Merupakan Jurusan yang mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan  Mengenai Sepeda Motor. Dimulai dari merancang, membuat, dan menggunakan alat-alat mesin.

Jurusan ini memiliki perbedaan yang signifikan yaitu lebih memfokuskan pada ketrampilan dalam penguasaan dalam melakukan perawatan dan perbaikan mesin Sepeda Motor. Diantaranya seperti Sistem kelistrikan sepeda motor, Chasis, Dan Kreatif dalam Modifikasi.

Peluang kerja untuk Jurusan ini sangatlah menjamin diantaranya :

  1. Dibidang Industri Otomotif ( Tidak hanya di dealer saja, tetapi bisa menjadi seorang perancang body, transmisi, sasis, hingga engine )
  2. Menjadi Periset
  3. Bekerja di perusahaan Multinasional
  4. Teknisi
  5. Modifikator
  6. Dan mampu berwirausaha (Membuka bengkel)
Baca Juga :  Tips Investasi Emas Aman dan Mendapatkan Banyak Keuntungan

Tujuan

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor secara umum mengacu padaisi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenaiTujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwapendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkanpeserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah membekali pesertadidik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal berikut:

  • Perawatan dan perbaikan engine sepeda motor
  • Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga sepeda motor
  • Perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi sepeda motor
  • Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan sepeda motor

Tujuan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar memiliki kompetensi yang bersaing.

KOMPETENSI TAMATAN

Kemampuan tamatan Program Keahlian Teknik Otomotif kompetensi Teknik Sepeda Motor adalah :

  • Mampu memberikan jasa pelayanan pemeliharaan dan perbaikan di bidang perbengkelan sepeda Motor.
  • Mampu mengidentifikasi jenis kerusakan dari seluru sistem otomotif sepeda motor beserta komponen-komponennya.
  • Mampu membongkar, memperbaiki dan mengganti seluruh sistem otomotif sepeda motor berikut komponennya .

LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor antara lain :

  • Teknisi atau Mekanik pada Bengkel Sepeda Motor
  • Teknisi perakitan atau teknisi produksi pada industri Sepeda Motor.
  • Wirausahawan dalam bidang Otomotif (Bengkel Sepeda Motor).