Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Apa itu Teknik Instalasi Tenaga Listrik?

Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Perencanaan dan Pemasangan Instalasi Penerangan dan Tenaga; Pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali Elektromekanik, Elektronik dan PLC (Programable Logic Controller); Merawat dan memperbaiki Alat Rumah Tangga Listrik dan Teknik Pendingin, serta menggulung ulang motor listrik; agar lulusannya dapat bekerja, baik secara mandiri maupun di dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang Professional.

Teknik Instalasi Tenaga Listrik merupakan salah satu kompetensi keahlian tertua di SMK Jurusan ini masuk dalam Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan.

Dilihat dari program keahliannya, TITL – singkatan dari kompetensi keahlian ini – masih satu rumpun dengan TOI. Hanya saja Kompetensi keahlian ini ditempuh dalam tiga tahun masa belajar sedangkan Teknik Otomasi Industri ditempuh dalam empat tahun masa belajar.

Di kompetensi keahlian ini, selain diberi bekal mata pelajaran umum, siswa juga dibekali keilmuan yang berkaitan dengan jurusan yang ditekuninya antara lain: Gambar Teknik Listrik, Dasar Listrik dan Elektronika, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, Instalasi Penerangan Listrik, Instalasi Tenaga Listrik, Instalasi Motor Listrik, dan Perbaikan Peralatan Listrik. Mata diklat tersebut didukung mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Simulasi dan Komunikasi Digital, Kimia dan Fisika. Dan Mulok Sistim Pendingin dan Tata udara

Siswa yang menekuni bidang ini mempunyai prospek kerja di berbagai bidang misalnya teknisi, ahli instalasi kelistrikan, operator produksi, dan lain sebagainya. Lulusan teknik instalasi tenaga listrik juga bisa memasang instalasi rumah, membuat program plc untuk menjalankan motor listrik.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan dasar umat manusia. Bayangkan hidup tanpa listrik di abad 21 ini, kamu pasti nggak akan bisa. Nyaris seluruh sarana dan prasarana yang memudahkanhidup kita kini bergantung pada listrik untuk pengoperasiannya. Nah, nggak heran kalau SDM yang ahli dalam bidang kelistrikan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Kalau kamu tertarik untuk mempelajari seluk-beluk tenaga listrik khususnya aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, jurusan SMK ini sangat cocok untukmu. Apalagi kalau kamu memang berminat untuk berkarir di bidang kelistrikan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan memilih jurusan listrik.

  1. Listrik digunakan semua orang Listrik digunakan oleh hampir semua orang, hal ini akan membuat tingkat kebutuhan teknisi listrik menjadi tinggi. Sebagai contoh jika ada listrik yang mati di suatu rumah maka hal pertama yang akan dilakukan pemilik rumah adalah mencari teknisi listrik.
  2. Listrik = elektronika Jika anda mengambil jurusan listrik maka anda juga akan diajari mengenai dioda, resistor, kapasitor, transistor dan sebagainya. Anda juga akan diajari cara membuat lampu otomatis menggunakan sensor layaknya jurusan elektronika.
  3. Dibutuhkan banyak pabrik Apakah anda pernah melihat pabrik yang tak menggunakan listrik? Saya rasa anda tak akan melihatnya, ini merupakan nilai khusus tersendiri bagi jurusan listrik mengingat pabrik apapun itu entah pabrik otomotif, tekstil, pakaian, makanan, pokoknya semuanya menggunakan listrik dan membutuhkan teknisi listrik
Baca Juga :  Intip Daftar Saham Koleksi Orang-Orang Terkaya di Indonesia

Berikut ini peluang kerja untuk lulusan SMK JURUSAN LISTRIK :

  1. Teknisi Listrik Menjadi seorang teknisi listrik bisa disebut sebagai salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk lulusan SMK jurusan listrik. Dengan kemampuan menggambar dan merangkai listrik serta memecahkan masalah-masalah terkait dengan listrik, kamu bisa menjadi teknisi listrik yang handal di berbagai perusahaan. Menariknya, pilihan perusahaan yang ada pun tidak terbatas pada satu atau dua bidang saja.
  2. Petugas Pemasangan dan Pemeliharaan Kabel Listrik Salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan listrik adalah menjadi seorang petugas pemasangan serta pemeliharaan kabel listrik. Pekerjaan ini menawarkan gaji yang cukup menjanjikan yaitu kisaran Rp 5 jutaan per bulan. Jadi, selain sesuai dengan jurusan, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan yang lumayan dengan profesi ini.
  3. Operator Produksi Saat ini banyak perusahaan industri yang membutuhkan operator produksi dengan kualifikasi lulusan SMK terutama jurusan listrik. Jika kamu ingin bekerja di dunia industri dengan pendapatan yang juga tak kalah menjanjikan, menjadi operator produksi menjadi sebuah pilihan yang tepat. Umumnya pekerjaan operator produksi meliputi kegiatan produksi setiap harinya.
  4. Teknisi Service Jika kamu mengetahui pengetahun umum terkait listrik dan berasal dari jurusan tekni listrik atau elektro, menjadi seorang teknisi service bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam hal ini, kamu bisa menjadi teknisi service AC atau service barang elektronik lainnya. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara full time atau sebagai sampingan.
  5. Mechanical Engineer Ini adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan listrik atau mesin. Pekerjaan ini juga tidak ditawarkan sebatas perusahaan mesin saja. Berbagai bidang industri saat ini atau bahkan perkantoran milik pemerintah juga membutuhkan lulusan SMK dengan jurusan listrik untuk mengisi lowongan pekerjaan ini.
  6. Teknisi Fire Alarm dan Hydrant Pekerjaan yang satu ini juga umumnya membutuhkan lulusan SMK dengan jurusan listrik. Selain itu, biasanya pengalaman dalam hal perawatan dan perbaikan sistem fire alarm dan hydrant juga menjadi nilai plus. Umumnya tugas yang dilakukan dalam pekerjaan ini meliputi penanganan trouble shooting pada fire alarm dan hydrant.
  7. Pengusaha di Bidang Listrik Dan yang kalah menarik adalah menjadi seorang pengusaha. Dalam hal ini kamu bisa membuka usaha yang berhubungan dengan teknik listrik. Kamu bisa membuka jasa instalasi listrik atau jasa perbaikan peralatan elektronik sendiri di rumah. Selain itu, ada banyak jenis usaha lain yang bisa kamu pertimbangkan