Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan aset yang mempunyai nilai tinggi. Melihat kenyataan tersebut wajar jika pemilik kendaraan bermotor menginginkan perlindungan untuk kendaraan kesayanganya.

Salah satu perlindungan untuk kendaraan adalah asuransi, asuransi dapat memberikan perlindungan atas resiko terjadinya kerusakan atau kehilangan.

Sama seperi produk asuransi lainnya, pada asuransi kendaraan kamu juga bisa menemukan benyak pilihan dipasaran. Perusahaan asuransi kendaraan juga menawarkan berbagai kelebihan pada produknya sehingga kamu bisa leluasa dalam memilih.

Nah berikut tips ketika memilih asuransi kendaraan bermotor jika kamu merasa bingung:

1. Tentukan jenis pertanggungan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan jenis pertanggungan polis yang dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Apakah pertanggungan comprehensive yang menjamin kerugian atas kerusakan sebagian, seperti lecet dan penyok atau kerugian atas kerusakan total yang disebabkan oleh risiko dijamin dalam polis atau total loss only (TLO) yang hanya menjamin kerugian atas kerusakan total seperti mengalami kerusakan yang dimana estimasi biaya perbaikan harus mencapai atau lebih dari 75% harga kendaraan sebelum mengalami kerugian tersebut.

2. Ketahui risiko yang dijaminkan

Periksalah polis dengan teliti. Di dalam polis terdapat poin-poin apa saja yang dijamin pihak asuransi dan kamu bisa aktif bertanya kepada pihak asuransi jika terdapat poin yang menurut kamu kurang jelas. Hal ini juga tertuang dalam ketentuan PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) pasal 1.

Meski pada polis asuransi terdapat beberapa risiko yang menjadi pengecualian, kamu tidak perlu khawatir, jika kamu menginginkan perlindungan yang lebih, kamu bisa berkonsultasi dan mengajukan perluasan jaminan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

3. Cari tahu layanan yang diberikan

Pada dasarnya orang yang memilih untuk berasuransi menginginkan keringan beban risiko yang mungkin akan terjadi. Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui apa saja layanan yang diberikan oleh pihak asuransi supaya kita dapat berkendara dengan rasa tenang dan khawatir. Layanan yang biasanya dijadikan sebagai pertimbangan yaitu ketersediaan layanan contact center, dan kemudahan pemanggilan layanan darurat 24 jam penuh, jaminan penggantian suku cadang resmi, sampai proses kemudahan dalam mengajukan klaim.

Baca Juga :  Bertemu Agen Asuransi? Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu

4. Kenali dan cari tahu reputasi perusahaan asuransi yang hendak dipilih

Asuransi adalah lembaga keuangan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, sangat penting untuk memastikan apahah perusahaan asuransi yang kamu pilih sudah terdaftar di OJK.

Selain itu, kamu juga bisa melihat track record perusahaan tersebut dengan mengetahui sudah berapa lama perusahaan asuransi kendaraan tersebut dibangun, review yang bisa dilihat pada media sosial atau situs terkait, dan tanyakan secara langsung tentang pendapat orang yang pernah menggunakan asuransi tersebut.

Nah tips tersebut bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sekian dan terimakasih