Tips Menghadapi Masa Persiapan Pensiun secara Finansial

Tips Menghadapi Masa Persiapan Pensiun secara Finansial

Tips-Menghadapi-Masa-Persiapan-Pensiun-secara-Finansial

Menghabiskan masa purnabakti atau pensiun dengan sejahtera adalah impian bagi banyak orang. Untuk meraihnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, terutama menjelang masa persiapan pensiun Anda.

Di sini kami akan menjelaskan beberapa masa persiapan pensiun PNS maupun swasta, khususnya dalam hal finansial. Berikut sudah rangkumannya.

1. Mengubah Pola Pikir tentang Finansial

Pada masa purnabakti, pemasukan Anda akan berkurang dibandingkan pada saat aktif bekerja. Meski begitu, ada beberapa pos-pos pengeluaran yang juga akan mengalami peningkatan yang perlu Anda ketahui.

Satu contoh pengeluaran yang berkurang seperti biaya transportasi yang dulu digunakan untuk berangkat kerja. Sedangkan yang berpotensi mengalami peningkatan salah satunya yaitu biaya kesehatan.

Maka dari itu, mulailah untuk mengubah pola pikir terkait finansial. Pastikan pengeluaran bisa diseimbangkan kembali sesuai dengan dana purnabakti yang Anda terima.

2. Melunasi Utang secara Bertahap

Jauh-jauh hari sebelum masa persiapan pensiun swasta maupun PNS, pastikan semua utang-utang sudah Anda lunasi. Tujuannya agar Anda bisa meraih kebebasan finansial di masa tua tanpa adanya beban cicilan.

Adapun jenis-jenis utangnya mulai dari cicilan kendaraan, cicilan rumah, hingga pinjaman-pinjaman lainnya. Persiapkan jauh-jauh hari sebelum mengajukan masa persiapan pensiun BUMN maupun swasta.

Ketahui juga aturan masa persiapan pensiun yang berlaku saat ini. Tujuannya agar proses pengajuan bisa lebih mudah dan teratur. Selain itu, untuk mempermudah Anda saat mulai merencanakan masa purnabakti yang lebih baik.

3. Berinvestasi

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang tersedia. Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Silakan pertimbangan instrumen yang sesuai dengan tingkat  risiko yang rendah.

Baca Juga :  6 Langkah Siapkan Tabungan Hari Tua untuk Pensiun Sejahtera

Salah satu contoh instrumen yang paling cocok adalah reksa dana. Ada beberapa reksa dana yang bisa Anda tentukan mulai dari pasar uang, pendapatan campuran, dan lainnya.

Dengan investasi, maka Anda berpotensi mendapatkan imbal hasil lebih besar sebagai penghasilan tambahan. Di sisi lain, pastikan Anda tidak tergiur dengan jenis instrumen yang menawarkan imbal hasil besar.

Tiga poin di atas bisa membantu Anda untuk masa persiapan pensiun yang lebih baik secara finansial. Anda juga bisa mengikuti program ESQMPP agar persiapan menjadi lebih optimal.