Tips Sebelum Memilih Asuransi Mobil Syariah

Tips Sebelum Memilih Asuransi Mobil Syariah

Tips Sebelum Memilih Asuransi Mobil Syariah

Bagaimana cara untuk memilih perusahaan dan jenis asuransi yang sesuai untuk kebutuhan kamu butuhkan?

Kesadaran kamu untuk melindungi kendaraan dan diri kamu sendiri dengan asuransi baik syariah atau konvensional tidak terlepas dari kekawatiran terjadinya resiko kecelakaan yang mengancam nyawa dan kendaraan kamu. Tetapi kamu bingung dalam meilih asuransi kendaraan yang terbaik bagi mobil kamu.

Lima hal berikut perlu kamu pahami sebelum memilih asuransi kendaraan mobil syariah.

Jenis Perlindungan yang Dibutuhkan

Terdapat dua jenis asuransi mobil syariah yang disediakan yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Asuransi TLO memberikan perlindungan terhadap mobil jika mobil mengalami kerusakan sebesar atau melebihi 75% karena kecelakaan, pencurian, atau perampasan. Sementara All Risk memberikan perlindungan menyeluruh baik kerusakan ringan atau berat, hingga kehilangan.

Kedua asuransi tersebut mempunyai perluasan perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya jika rumah kamu sering mengalami banjir, maka tenting untuk menambah perluasan perlindungan untuk resiko tersebut. Jenis jenis perluasan tersebut perlu menjadi faktor penentu dalam melakukan pilihan perusahaan asuransi. Dan pastikan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Penghitungan Premi Asuransi Mobil

terdapat 3 faktor yang mempengaruhi seberapa besaran premi yang perlu dibayarkan nasabah, yaitu jenis perlindungan, tipe serta usia kendaraan yang akan diasuransikan, dan kategori wilayah lokasi beroperasi kendaraan sesuai dengan ketetapan Otoritas Jasa Keuangan. Kendaraan yang mempunyai umur lebih dari 5 tahun biasanya mempunyai premi yang lebih tinggi, disebabkan karena adanya loading fee. Semakin tinggi premi asuransi atas mobil, berarti Semakin tua usia mobil tersebut.

Begitu juga dengan wilayah lokasi kendaraan beroperasi. OJK sudah membagi wilayah menjadi 3 bagian yaitu Wilayah 1 yang meliputi Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya, Wilayah 2 yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, dan Wilayah 3 yaitu Wilayah selain yang sudah disebutkan pada wilayah 1 dan 2. Pembagian wilayah ini juga memengaruhi besaran premi asuransi mobil yang haus kamu bayar.

Reputasi Perusahaan Asuransi

Hadirnya bermacam produk asuransi syariah untuk kendaraan bermotor yang menawarkan pelayanan dan premi yang berbeda-beda, reputasi perusahaan asuransi juga penting kamu ketahui dan menjadi pertimbangan. Reputasi tersebut bisa dilihat pada Risk Based Capital, rasio likuiditas, dana jaminan, dan faktor lain yang terhubung dengan kemampuan keuangan perusahaan dan kualitas layanan yang diberikan oleh perushaan asuransi. Dan tidak kalah penting juga, perusahaan asuransi tersebut dipastikan sudah terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca Juga :  Manfaat Asuransi untuk Jangka Panjang yang Harus Diketahui

Berdiri pada tahun 2010, perusahaan asuransi umum syariah Chubb di Indonesia (PT Asuransi Chubb Syariah Indonesia) menaarkan beragam solusi dan layanan asuransi yang komprehensif yang berdasarkan pada prinsip syariah Islam. Penawaran produk Chubb Syariah termasuk juga pada asuransi kendaraan bermotor, properti, pengangkutan, perjalanan, rekayasa dan asuransi aneka. Jaringan yang dimiliki terdapat di delapan lokasi, produk dan layanan Chubb Syariah yang dipasarkan melalui berbagai saluran distribusi, termasuk juga Institusi Keuangan seperti Perusahaan Perbankan Syariah, Perusahaan Pembiayaan Syariah (Leasing Companies), dan saluran distribusi lainnya seperti Perusahaan Pialang Asuransi, Agen, dan melalui Penjualan Langsung.

Bengkel Rekanan Perusahaan Asuransi

Ketika memilih perusahaan asuransi mobil syariah, daftar rekanan bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut juga penting untuk di ketahui. Bengkel inilah yang nantinya akan melakukan pemeliharaan dan perbaikan ketika terjadi kerusakan kepada mobil kamu. Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, antara lain seperti rekanan bengkel yang mempunyai lokasi dekat dengan rumah kamu? Bagaimana kinerja dan pelayanan yang terdapat pada bengkel rekanan tersebut? Apakah suku cadang yang dijual oleh rekanan bengkel tersebut terjamin keasliannya?

Mengetahui Hak dan Kewajiban

Faktor yang lain yang tidak kalah penting yaitu mengetahui hak dan kewajiban kamu sebagai nasabah. Ketahuilah secara jelas mengenai klaim atau syarat dan ketentuan resiko yang menjadi jaminan, karena pada setiap perusahaan asuransi mobil syariah mempunyai ketentuan yang berbeda-beda.

Demikian 5 Tips Sebelum Memilih Asuransi Mobil Syariah yang sudah kami rangkumkan, semoga bisa membantu dalam memilih asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sekian dan terimakasih.