Untung Rugi Atur Keuangan Keluarga dalam Satu Rekening, Pasutri Wajib Tahu!

Untung Rugi Atur Keuangan Keluarga dalam Satu Rekening, Pasutri Wajib Tahu!

Untung Rugi Atur Keuangan Keluarga dalam Satu Rekening, Pasutri Wajib Tahu!

Manajemen finansial sangatlah penting dalam sebuah keluarga. Tak sedikit pasangan yang memilih atur keuangan keluarga mereka dalam satu akun rekening. Ternyata pilihan ini mendatangkan banyak keuntungan.

Untungnya Atur Keuangan Keluarga di Satu Rekening

Berikut adalah beberapa keuntungan pengelolaan keuangan keluarga di rekening yang sama:

1. Lebih Transparan

Kelebihan yang pertama, jika uang keluarga disimpan salam satu akun rekening maka akan terasa jauh lebih transparan. Baik suami maupun istri sama-sama bisa mengecek dana yang masuk maupun keluar. Selain itu keduanya juga sama-sama punya akses ke rekening dan dana tersebut.

Menyimpan keuangan keluarga dalam satu rekening secara otomatis akan mengurangi risiko munculnya konflik. Hal ini disebabkan oleh adanya transparansi antara suami dan istri. Tak ada yang bisa ditutupi karena keduanya sama-sama bisa melakukan akses dan pengecekan.

2. Pengelolaan Dana Lebih Praktis

Proses manajemen finansial keluarga bisa jadi lebih praktis jika memakai akun rekening bersama-sama. Setiap keluarga pasti perlu melakukan pengaturan dana bulanan. Mulai dari anggaran belanja pokok, dana darurat, dan biaya lain-lain. Pengaturan ini bisa lebih mudah jika dana disimpan dalam satu rekening.

3. Mempermudah Penggunaan Dana

Manfaat satu rekening berikutnya adalah bisa mempermudah pemakaian dana. Jika uang disimpan dalam satu rekening maka proses transfer uang masuk maupun keluar jadi lebih mudah. Tak perlu bingung menggunakan uang dari akun rekening yang mana.

Saat ini berbagai jenis transaksi dilakukan secara digital. Bahkan untuk belanja di merchant atau toko offline pun, sekarang lebih disarankan memakai metode transaksi digital.  Jika uang disimpan di satu rekening maka transaksi tersebut bisa jauh lebih mudah untuk dilakukan. Monitor transaksinya juga bisa lebih praktis.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Sistem Informasi Keuangan dan Perannya bagi Fintech

Kerugian Mengatur Finansial Keluarga di Satu Rekening

Meskipun memberi manfaat dan keuntungan, pengelolaan dana keluarga lewat satu rekening tetap ada sisi negatifnya. Berikut adalah beberapa kerugian atur keuangan keluarga dalam rekening yang sama:

1. Memicu Konflik

Penggunaan satu akun rekening untuk mengelola uang keluarga bisa memicu konflik. Masalah uang ini memang cukup sensitif bagi pasangan suami istri. Jika tidak dibuat aturan yang jelas maka rentan muncul konflik antara keduanya.

Misalnya saat keuangan diatur lewat satu akun rekening. Jika tidak ada transparansi dana maka kepercayaan satu sama lain akan menurun.

2. Tidak Ada Kebebasan

Kerugian satu rekening berikutnya adalah tidak bisa ada kebebasan dalam masalah uang. Baik suami maupun istri sama-sama merasa memiliki uang tersebut. Setiap jenis transaksi juga harus persetujuan bersama. Penggunaan dana tidak bisa bebas karena suami dan istri sama-sama memiliki hak.

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan baik jika ada komunikasi antara suami istri. Jika suami istri sama-sama menghargai dan mempersilahkan penggunaan akun kapan saja maka tak masalah. Hanya saja kondisi seperti ini jarang terjadi dan lebih besar peluang munculnya konflik.

3. Tidak Ada Batasan yang Jelas

Pemakaian satu akun rekening dalam manajemen keuangan keluarga juga akan memicu tidak adanya batasan. Sulit untuk membatasi antara uang milik istri dan uang milik suami. Apalagi jika keduanya sama-sama menghasilkan uang dan masih memiliki kebutuhan pribadi diluar kebutuhan pengeluaran keluarga inti. Meskipun sepele, hal seperti ini wajib untuk dibicarakan sejak awal agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akan menjadi masalah nantinya.