Wajib Coba! 5 Ide Investasi yang Halal dan Menguntungkan

Wajib Coba! 5 Ide Investasi yang Halal dan Menguntungkan

investasi yang halal

Investasi yang Halal dan Mendatangkan Untung Besar

Saat ini di Indonesia tersedia banyak ragam pilihan instrumen investasi yang halal. Perkembangan dari sektor investasi ini memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin memiliki kebebasan finansial di masa depan.

Investasi yang halal dalam Islam adalah aktivitas penanaman modal yang mengikuti syariat Islam. Contohnya tidak ada unsur riba, gharar (tidak memiliki kepastian)dan maysir ( bersifat judi/taruhan).

Ide Investasi yang Halal yang Terjamin

Bagi umat Islam, saat ini tersedia banyak pilihan investasi yang terjamin kehalalannya. Berikut sudah kami rangkum 5 jenis instrumen yang paling populer saat ini.

1. Peer to Peer (P2P) Lending

P2P lending merupakan platform atau penyedia jasa yang menghubungkan pemodal dan penerima modal. Sistem investasi P2P lending ini bersifat crowd funding yang mendanai para pebisnis UMKM.

Salah satu contohnya yaitu P2P lending pada aplikasi Amartha. Di sini investor akan berperan sebagai pemodal yang mendanai bisnis para perempuan CEO UMKM di berbagai daerah.

Imbal hasil yang bisa didapatkan bisa mencapai 15% flat per tahun. Bahkan di sini investor bisa melihat profil para pebisnis dan memilih kategori bisnis sesuai keinginan.

2. Investasi Properti Syariah

Investasi yang halal dan berkah selanjutnya yaitu berbasis properti. Seperti yang kamu ketahui, bisnis properti termasuk ke dalam bisnis yang halal. Selain itu,  investasi properti juga menawarkan keuntungan yang lebih banyak.

Kenapa keuntungan instrumen investasi ini lebih banyak? Pasalnya ada beberapa skema yang bisa kamu pilih dalam berinvestasi properti. Contohnya seperti menyewakannya, menjualnya kembali saat harganya naik, dan lainnya.

Namun properti adalah instrumen investasi yang punya nilai beli yang tinggi. Artinya kamu harus mempersiapkan modal yang besar jika ingin terjun dalam investasi yang satu ini. Terutama jika kamu ingin berinvestasi properti di kawasan perkotaan.

Baca Juga :  Faktor Penyebab Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS

3. Investasi Deposito Bagi hasil

Deposito sangat cocok sekali sebagai instrumen investasi yang halal untuk pemula. Terutama jika kamu memilih deposito syariah dengan sistem bagi hasil. Instrumen ini biasanya sudah dijalankan sesuai dengan syariat Islam.

Produk investasi tersebut biasanya ditawarkan di berbagai bank. Sistemnya yaitu membuat kesepakatan antara investor dan bank terkait keuntungan yang akan didapatkan nasabah/investor. Kemudian imbal hasilnya melalui sistem bagi hasil dengan jangka waktu yang disepakati.

4. Emas atau Logam Mulia

Sampai saat ini, emas atau logam mulia masih menjadi investasi yang paling disukai. Selain itu, instrumen ini juga tergolong aman dan harganya pun cenderung selalu naik setiap tahunnya.

Emas juga merupakan instrumen yang tidak bisa diperjualbelikan dengan skema Ponzi. Akan tetapi, emas bisa diperjualbelikan secara kredit sesuai dengan ketentuan MUI. Selain itu, emas juga sangat cocok untuk investor yang tidak memiliki modal besar.

5. Reksadana Syariah

Sedang mencari investasi halal bagi pemula? Reksadana juga bisa menjadi pilihan yang paling ideal. Saat ini instrumen tersebut juga sudah ada yang sesuai dengan syariat agama Islam.

Saat ini bahkan reksadana syariah memiliki sistem cleansing. Proses tersebut bertujuan untuk membersihkan investasi reksadana dari hal-hal yang mengganggu kehalalannya. Dengan begitu, proses investasi tetap sesuai dengan syariat Islam.

Perlu kamu ketahui juga, reksadana syariah ini berbeda dengan reksadana konvensional. Untuk kategori syariah, proses investasi akan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dewan tersebut akan bertugas melakukan pengawasan.

Gimana, tertarik untuk menjalankan investasi yang halal?